Pengertian Seni Tari Beserta Definisi, Unsur-Unsur, dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Seni Tari Beserta Definisi, Unsur-Unsur, dan Jenis-Jenisnya

Pengertian seni tari – Seni tari merupakan sebuah seni yang mempelajari tentang gerak tubuh berirama. Seni menjadi wujud ekspresi diri dari manusia, yang sering dijadikan sarana hiburan dan pertunjukan. Definisi seni tari pun umumnya diiringi oleh irama dan musik pengiring serta dilakukan dengan unsur-unsur tertentu.

Seni tari memiliki fungsi sebagai media hiburan, sebagai sarana ekspresi diri, sebagai sarana pertunjukan, atau sebagai sarana upacara dan ritual keagamaan. Adapun unsur-unsur seni tari antara lain adalah gerakan, irama, rasa, kostum, rias, pola panggung, properti, dan pola lantai.

Tarian kerap diiringi oleh irama dan musik pengiring. Sering juga tarian dipentaskan dalam sebuah pertunjukan. Orang yang melakukan gerakan tarian disebut sebagai penari. Sementara orang yang membuat gerakan tarian disebut sebagai koreografer.

Jenis-jenis tari dapat dibedakan berdasarkan jumlah penarinya, bisa tari tunggal (solo), tari berpasangan (duet), atau tari berkelompok (grup). Sementara berdasarkan genre dan alirannya, tarian bisa dibedakan menjadi tari tradisional, tari kreasi baru, dan tari kontemporer.

(baca juga tarian tradisional di Indonesia)

pengertian seni tari

Pengertian Seni Tari

Lantas apa itu seni tari? Di bawah ini akan dijelaskan pengertian seni tari, baik artinya menurut KBBI, menurut para ahli serta definisi seni tari secara umum.

Arti Seni Tari Menurut KBBI

Pengertian seni tari menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah aliran seni mengenai gerakan badan (tangan dan sebagainya) yang berirama, biasanya diiringi bunyi-bunyian (musik, gamelan, dan sebagainya).

Definisi Seni Rupa Secara Umum

Pengertian seni rupa secara umum adalah suatu cabang seni yang menggunakan gerakan tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan mengungkapkan perasaan, maksud dan pikiran. Seni tari mengkombinasikan unsur raga, rasa, dan irama.

Umumnya, seni tari dilakukan dengan diiringi oleh irama musik tertentu. Tari juga berarti ungkapan jiwa manusia melalui gerak ritmis, sehingga dapat menimbulkan daya pesona tertentu. Orang yang melakukan tarian disebut sebagai penari.

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa definisi dan pengertian seni tari menurut para ahli beserta penjelasannya lengkap.

Menurut Aristoteles

Pengertian seni tari menurut Aristoteles adalah gerakan ritmis yang menghadirkan suatu karakter manusia saat mereka bertindak.

Menurut Dr. Soedarsono

Pengertian seni tari menurut Dr. Soedarsono adalah ekspresi jiwa manusia melalui gerak-gerak ritmis yang indah.

Menurut Corrie Hartong

Pengertian tari menurut Corrie Hartong adalah perasaan yang mendesak dari dalam diri manusia, yang mendorong untuk mencari ungkapan yang berbentuk gerakan yang ritmis.

Menurut John Weaver

Definisi seni tari adalah gerak-gerak teratur yang elegan, dibentuk secara harmonis dari sikap yang elok, dan melawan postur tubuh yang anggun.

Menurut Yulianti Parani

Definisi seni tari adalah gerakan ritmis yang keluar dari sebagian tubuh atau seluruhnya yang dilakukan seseorang ataupun kelompok yang disertai dengan ekspresi tertentu.

Menurut Curt Sachs

Arti seni tari menurut Sachs merupakan suatu ungkapan jiwa manusia melalui suatu gerak berirama yang mempunyai nilai tertentu.

Menurut Pangeran Suryadiningrat

Pengertian tari adalah gerakan yang dihadirkan oleh seluruh anggota tubuh seseorang yang dilakukan selaras dengan irama musik dengan maksud tertentu.

Menurut Enoch Atmadibrata

Definisi tari merupakan gerakan tubuh yang tersusun di dalam suatu ruang dan berlandaskan irama dan gerak.

Menurut Atik Soepandi

Pengertian seni tari menurut Atik Soepandi adalah ekspresi jiwa manusia melalui gerak-gerak ritmis dan melodi yang indah.

Menurut Bagong Sudito

Arti tari menurut Bagong Sudito merupakan suatu seni berupa sebuah gerakan ritmis yang menjadi alat ekspresi manusia.

Menurut Suadarsa Pringgo Broto

Pengertian seni tari didefinisikan sebagai suatu ketentuan bentuk-bentuk gerakan tubuh dan ruang.

Menurut I Gede Ardika

Menurut I Gede Ardika, definisi seni tari adalah suatu hal yang mampu untuk melaraskan gerak tubuhnya dengan irama tertentu.

Menurut Walter Sorells

Seni tari adalah setiap mengoleng-olengkan tubuh dan anggotanya asalkan hal ini dilakukan dengan irama tertentu, ada yang diiringi musik dan ada yang tidak.

Menurut Suryo

Pengertian seni tari menurut Suryo didefinisikan sebagai sebuah ekspresi subyektif yang diwujudkan dalam bentuk obyektif.

Menurut Judith Mackrell

Arti seni tari merupakan gerakan tubuh yang ritmis, yang beriringan dengan musik dan dilaksanakan di dalam sebuah ruang, yang mana memiliki tujuan agar dapat mengekspresikan emosi atau ide, melepaskan energi, atau hanya untuk bersenang-senang saja.

Menurut Hawkins

Pengertian tari menurut Hawkins adalah suatu ungkapan jiwa yang dijadikan bentuk suatu gerakan oleh imajinasi penciptanya sendiri.

Menurut Irmgrad Bartenieff dan Forrestine Paulay

Seni tari merupakan suatu bentuk seni ekspresionostis yang menggambarkan sikap jiwa manusia terhadap sebuah konflik dan masalah di dunia modern.

Menurut Andre Levinson

Definisi seni tari adalah gerak tubuh yang berkesinambungan melewati ruang yang telah ditentukan sesuai dengan ritme tertentu serta mekanisme yang radar.

Menurut Kamaladevi Chattopadhaya

Arti tari adalah suatu desakan dari diri seseorang yang mengharuskan untuk diluapkan dan berbentuk gerakan yang ritmis.

Menurut R. M Wisnoe Wardhana

Definisi tari menurut R. M Wisnoe Wardhana merupakan sebuah ekspresi gerak dengan media tubuh manusia.

Menurut Judith Lynne Hanna

Pengertian seni tari menurut Judith Lynne Hanna adalah seni plastis dari gerak visual yang terlihat sepintas.

Menurut Franz Boas

Definisi tari menurut Franz Boas adalah gerak-gerak ritmis setiap bagian tubuh, lambaian lengan, gerak dari torso atau kepala, atau gerak-gerak dari tungkai serta kaki.

Menurut La Meri

Seni tari menurut La Meri adalah ekspresi simbolis dalam wujud lebih tinggi yang harus diinternalisasikan untuk menjadi bentuk yang nyata.

Menurut M. Jazuli

Menurut Jazuli, pengertian seni tari adalah gerak-gerak tubuh yang selaras dan seirama dengan bunyi musik yang dapat digunakan untuk mengungkapkan maksud dan tujuan tertentu.

Menurut Susanne Langer

Definisi tari menurut Susanne Langer merupakan gerak-gerak tubuh yang dibentuk secara ekspresif yang diciptakan manusia untuk dapat dinikmati.

Menurut Dr. J. Verkuyl

Pengertian tari merupakan gerak-gerak tubuh dan anggotanya yang disusun sedemikian rupa, hingga berirama.

Menurut John Martin

Seni tari menurut John Martin adalah gerak sebagai pengalaman yang paling awal dari kehidupan manusia.

Menurut S. Humardani

Arti seni tari menurut S. Humardani didefinisikan sebagai ungkapan ekspresif dalam bentuk gerak yang ritmis dan indah.

Menurut Margaret H’Doubler

Seni tari merupakan sebuah ekspresi dari gerak secara ritmis dari sebuah keadaan perasaan yang dinilai secara estetis.

Menurut M.A. Theodora Retno Maruh

Seni tari merupakan suatu karya seni gerak yang tak akan pernah bersifat kontemporer.

Menurut Waterman

Definisi tari menurut Waterman merupakan seni yang terdiri dari gerak-gerak tubuh secara artistik yang secara kultural dipola serta distilasi.

Menurut Kealiinomohoku

Seni tari adalah seni sesaat dari ekspresi yang dipertunjukkan dengan bentuk serta gaya tertentu lewat tubuh manusia yang bergerak di dalam ruang.

Unsur-Unsur Seni Tari

Seni tari memiliki karakteristik dan unsur-unsur tertentu yang ada di dalamnya. Terdapat 8 unsur-unsur seni tari, termasuk 3 unsur utama yakni wiraga, wirama, dan wirasa.

  • Gerak (wiraga)
  • Irama (wirama)
  • Rasa (wirasa)
  • Kostum
  • Rias
  • Pola panggung
  • Properti
  • Pola lantai

Jenis-Jenis Seni Tari

Terdapat beberapa macam-macam tarian dilihat dari faktor tertentu. Berdasarkan jumlah penarinya, jenis-jenis tari dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:

  • Tari tunggal (solo), yakni tarian yang hanya dibawakan oleh 1 orang penari.
  • Tari berpasangan (duet), yakni tarian yang dibawakan oleh 2 orang penari secara berpasangan.
  • Tari berkelompok (grup), yakni tarian yang dibawakan banyak orang dalam grup tertentu.

Sedangkan berdasarkan genre dan alirannya, jenis-jenis tari dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:

  • Tari tradisional, yakni jenis tarian yang diwariskan secara turun temurun, terdiri dari tarian klasik dan tarian kerakyatan.
  • Tari kreasi baru, yakni jenis tarian yang dikembangkan oleh koreografer tertentu.
  • Tari kontemporer, yakni jenis tarian yang menggunakan gerakan simbolik, unik dan mengandung sebuah pesan tertentu.

Nah itulah referensi pengertian seni tari beserta penjelasannya, baik definisi secara umum, menurut KBBI serta menurut pendapat para ahli. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan.

Tinggalkan komentar