Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian metode pembelajaran – Tiap proses belajar mengajar tentu memiliki cara dan metode tertentu. Secara umum definisi metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Hal tersebut tentu akan mendorong seorang guru untuk mencari metode yang tepat dalam penyampaian materinya agar dapat diserap dengan baik oleh siswa. Mengajar secara efektif sangat bergantung pada pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran.

Dengan menggunakan metode pembelajaran, proses belajar mengajar nampak menyenangkan dan tidak membuat para siswa tersebut suntuk. Selain itu, para siswa juga akan dapat menangkap ilmu dari tenaga pendidik tersebut dengan mudah.

Untuk itulah ketika memilih sebuah metode pembelajaran haruslah memperhatikan karakteristik peserta didik. Pendidik dapat menggunakan metode yang berbeda untuk tiap kelasnya disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik peserta didik dalam kelas.

Beberapa contoh metode pembelajaran diantaranya adalah dengan metode ceramah, demonstrasi, role play, diskusi, problem solving, sosio-drama, karya wisata, tanya jawab, latihan, proyek, eksperimen, resitasi, debat, simposium, dan lain sebagainya.

(baca juga pengertian media pembelajaran)

Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian Metode Pembelajaran

Di bawah ini akan dibahas apa saja definisi dan pengertian metode pembelajaran secara umum dan menurut para ahli.

Definisi Metode Pembelajaran Secara Umum

Pengertian metode pembelajaran secara umum adalah suatu cara yang dipilih oleh guru dan pendidik untuk dapat mengoptimalkan proses belajar mengajar yang kemudian bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Metode pembelajaran juga bisa diartikan lebih singkat lagi sebagai cara atau jalan yang ditempuh oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai.

Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli

Berikut merupakan pembahasan mengenai pengertian metode pembelajaran menurut para ahli selengkapnya.

Menurut Abdurrahman Ginting

Metode pembelajaran dapat diartikan cara atau pola yang khas dalam memanfaatkan berbagai prinsip dasar pendidikan serta berbagai teknik dan sumberdaya terkait lainnya agar terjadi proses pemblajaran pada diri pembelajar.

Menurut Ahmadi (1997)

Pengertian metode pembelajaran menurut Ahmadi adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara untuk mengajar yang dipergunakan oleh guru atau instruktur.

Menurut M. Hasby Ashydiqih

Arti metode pembelajaran adalah seperangkat cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu dalam proses pembelajaran.

Menurut Geriach Ely

Metode pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan pelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu, yang meliputi sifat, lingkup dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa.

Menurut Nana Sudjana (2005)

Definisi metode pembelajaran adalah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran.

Menurut M. Sobri Sutikno (2009)

Metode pembelajaran adalah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan.

Menurut Gerlach dan Elly (1980)

Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai rencana yang sistematis untuk menyampaikan informasi.

Menurut Salamun (2009)

Arti metode pembelajaran menurut Salamun adalah sebuah cara-cara yang berbeda untuk mencapai hasil pembelajaran yang berbeda dibawah kondisi yang berbeda.

Ciri-Ciri Metode Pembelajaran

Berikut merupakan beberapa ciri-ciri dan karakteristik metode pembelajaran secara umum dan lengkap.

  • Bersifat luwes, fleksibel dan memiliki daya yang sesuai dengan watak murid dan materi
  • Bersifat fungsional dalam menyatukan teori dengan praktik dan mengantarkan murid pada kemampuan praktis.
  • Tidak mereduksi materi, bahkan sebaliknya mengembangkan materi.
  • Memberikan keleluasaan pada murid untuk menyatakan pendapat.
  • Mampu menempatkan guru dalam posisi yang tepat, terhormat dalam keseluruhan proses pembelajaran.

Demikianlah artikel tentang pengertian metode pembelajaran menurut para ahli dan secara umum beserta ciri-ciri dan karakteristiknya lengkap. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan.

2 pemikiran pada “Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum”

Tinggalkan komentar