Pengertian Artikel Beserta Penjelasan dan Ciri-Ciri Artikel [Lengkap]

Pengertian Artikel Beserta Penjelasan dan Ciri-Ciri Artikel [Lengkap]

Pengertian artikel dan ciri-cirinya – Apa itu artikel? Kita mungkin sering mendengar istilah artikel, bahkan mungkin sering membaca artikel sehari-hari baik di koran atau media online. Namun apa yang dimaksud dengan artikel? Secara umum arti artikel adalah sebuah karya tulis berdasarkan fakta yang terjadi.

Artikel bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari, saat kita membaca koran, majalah atau lewat portal berita online yang sedang marak belakangan ini. Ciri-ciri artikel yang utama adalah isinya yang berdasarkan fakta serta bersifat faktual. Artinya isi artikel harus benar-benar terjadi dan tidak hanya sekedar mitos belaka.

Gaya bahasa yang digunakan dalam sebuah artikel bersifat resmi dan menggunakan kata-kata baku. Hal ini agar isi artikel dimengerti oleh semua kalangan. Tujuan artikel sendiri adalah memberikan informasi yang mengedukasi, menambah wawasan dan kadang juga menghibur.

Ada banyak macam-macam artikel yang ada. Dilihat dari media tulisannya, jenis-jenis artikel di antaranya adalah artikel koran, artikel majalah, artikel buletin, artikel ilmiah, artikel sponsor dan lain-lain. Sementara dilihat dari isinya, jenis artikel dibagi menjadi lima yaitu narasi, deskripsi, argumentasi, persuasi dan eksposisi.

Lantas apa yang dimaksud dengan artikel secara umum? Nah di bawah ini akan dibahas mengenai arti dan definisi artikel secara umum dan menurut para ahli beserta penjelasan ciri-ciri artikel.

(baca juga pengertian bahasa)

pengertian artikel

Pengertian Artikel

Pengertian artikel secara umum adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat mendidik atau menghibur. Definisi artikel juga mencakup karangan yang dipublikasikan melalui berbagai media seperti koran, majalah, buletin atau media online.

Arti Artikel Menurut KBBI

Pengertian artikel menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar dan sebagainya.

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Apa saja arti dan definisi artikel menurut para ahli? Berikut adalah penjelasan pengertian artikel menurut para ahli bahasa selengkapnya.

Menurut The America Heritage Desk Dictionary

Pengertian artikel adalah sebuah bagian tulisan non fiksi yang berbentuk bebas bagian dari penerbitan misalnya seperti laporan esai.

Menurut Rillan E. Wolseley

Definisi artikel adalah karangan tertulis yang panjangnya tak tentu. Bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik dan menghibur.

Menurut Andi Baso Mappatoto

Pengertian artikel menurut pendapat Andi Baso Mappatoto merupakan karya tulis lengkap, tulisan nonfiksi dan karangan tertulis yang panjangnya tak tentu.

Menurut Webster’s Collegiate Thesaurus

Pengertian artikel dalam Webster’s Collegiate Thesaurus didefinisikan sebagai karangan, catatan, kritik, manifes, reportase, putusan, pelajaran atau survey.

Menurut Longman Pitman Office Dictionary

Dalam Longman Pitman Office Dictionary, arti artikel adalah sebuah tulisan prosa nonfiksi, berbentuk biasa, dan bagian bebas dari sebuah majalah, koran dan lain-lain.

Essential English Dictionary

Dalam Essential English Dictionary, sebuah artikel didefinisikan sebagai tulisan lengkap dalam surat kabar, majalah, dan sebagainya.

Menurut Ensiklopedia Pers Indonesia

Menurut Enskiklopedia Indonesia, pengertian artikel adalah karangan prosa dalam media massa yang membahas pokok masalah secara lugas.

Menurut Al-‘Aqli

Artikel merupakan sebuah tulisan yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu. Setiap pembahasan dikaji dan diselesaikan dengan cara tuntas, lugas dan jelas sehingga pembaca dapat mengambil intisari dari sebuah karangan yang ditulis penulis.

Menurut Sumandiria

Artikel merupakan tulisan lepas yang berisikan opini atau pendapat seseorang yang mengupas tuntas tentang sebuah masalah yang sifatnya aktual dan biasanya kontroversial dengan tujuan untuk mempengaruhi, memberitahu, meyakinkan dan menghibur para pembaca.

Pengertian Artikel dalam Bahasa Jawa

Artikel yaiku karangan nyata sing jangkep kanthi dawa tinamtu sing digawé kanggo disebaraké lumantar ariwarti (koran), kalawarti (majalah), buletin, lan sapanunggalane.

Ciri-Ciri Artikel

Ada beberapa unsur-unsur artikel yang harus ada seperti kata, kalimat, gaya bahasa dan isinya. Unsur-unsur yang ada akan membentuk karakteristik artikel yang harus digunakan. Berikut merupakan unsur dan ciri-ciri artikel secara umum.

  • Isi artikel harus berdasarkan pada fakta yang benar-benar terjadi dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Menggunakan metode penulisan yang tepat dan sistematis agar informasi mudah diterima oleh pembaca.
  • Memiliki sifat faktual dan informatif berdasarkan riset dan hasil penelitian yang telah dilakukan.
  • Bahasa dan kata yang digunakan bersifat resmi dan baku.
  • Dapat mengandung opini dan analisa pemikiran, namun tetap harus dilandasi data dan teori yang valid.
  • Menggunakan ragam kalimat yang lugas, logis, denotatif dan efektif.

Jenis-Jenis Artikel

Dilihat dari isinya, ada 5 macam-macam artikel. Jenis-jenis artikel bisa berupa narasi, deskripsi, persuasi, argumentasi atau eksposisi sesuai dengan jenis-jenis paragraf berdasarkan isinya. Berikut adalah pengertian jenis-jenis artikel selengkapnya.

  1. Narasi, berisi runtutan dan cerita dari suatu kejadian atau peristiwa yang telah terjadi dengan jelas dan informatif, bisa juga berupa karya narasi fiksi.
  2. Deskripsi, berisi gambaran mengenai objek atau keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakannya.
  3. Argumentasi, bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan data dan fakta ilmiah sebagai alasan atau buktinya.
  4. Persuasi, bertujuan mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu baik berupa ajakan atau himbauan terhadap sebuah teori.
  5. Eksposisi, berisi uraian atau penjelasan tentang suatu topik dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan bagi pembaca.

Demikian referensi pengertian artikel menurut para ahli, KBBI dan secara umum selengkapnya. Selain itu juga dibahas mengenai unsur-unsur dan ciri-ciri artikel. Semoga bisa menambah wawasan mengenai arti artikel yang mungkin sering kita baca dalam kehidupan sehari-hari, termasuk saat anda membaca tulisan ini.

Tinggalkan komentar