Pengertian Teks Eksposisi Beserta Ciri-Ciri, Struktur dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Teks Eksposisi Beserta Ciri-Ciri, Struktur dan Jenis-Jenisnya

Pengertian teks eksposisi – Teks eksposisi merupakan salah satu jenis paragraf dan teks artikel. Definisi teks eksposisi adalah karangan yang memaparkan informasi dan penjelasan tertentu. Kali ini akan dibahas mengenai arti, jenis-jenis, struktur dan ciri-ciri teks eksposisi.

Teks eksposisi menjadi salah satu jenis-jenis paragraf dilihat dari isinya. Paragraf eksposisi bersifat fakta, nyata dan Ilmiah atau dapat dikatakan teks non fiksi. Teks eksposisi menggunakan bahasa baku yang mudah dipahami dengan gaya bahasa yang lugas dan jelas.

Tujuan teks eksposisi adalah untuk memaparkan atau menjelaskan informasi tertentu pada pembaca. Dengan membaca teks eksposisi, pembaca akan mendapat pengetahuan dan wawasan dengan detail, rinci dan jelas akan suatu hal atau kejadian.

(baca juga pengertian artikel)

arti dan pengertian teks eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Apa itu teks eksposisi? Pengertian eksposisi secara umum adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat dan padat.

Arti Teks Eksposisi Menurut KBBI

Pengertian karangan eksposisi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah uraian atau paparan yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan, misalnya suatu karangan.

Definisi Teks Eksposisi Menurut Para Ahli

Di bawah ini merupakan beberapa arti eksposisi menurut para ahli bahasa dan sastra beserta penjelasan lengkapnya berikut ini.

Menurut Gorys Keraf

Pengertian eksposisi menurut Keraf adalah bentuk wacana yang berusaha menguraikan objek sehingga memperluas pandangan atau pengetahuan pembaca. Tujuan utamanya adalah memberitahuakan dan memberi informasi mengenai suatu objek tertentu.

Menurut Alwasilah

Definisi eksposisi adalah menyatakan bahwa eksposisi adalah tulisan yang tujuan utamanya mengklarifikasi, menjelaskan, mendidik atau mengevaluasi sebuah persoalan. Tujuannya memberi informasi atau memberi kepada pembaca.

Menurut Nasucha

Arti eksposisi menurut Nasucha bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan sesuatu tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima atau mengikutinya. Paragraf eksposisi biasanya digunakan untuk menyajikan pengetahuan dan proses terjadinya sesuatu.

Menurut Merriam-Webster Dictionary

Definisi teks eksposisi menurut kamus Merriam-Webster adalah susunan kata yang berperan dalam menerangkan sesuatu (explaining something).

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Terdapat unsur-unsur teks eksposisi yang khas, meliputi ciri dan karakteristik teks eksposisi seperti gaya bahasa dan isinya. Berikut merupakan unsur dan ciri-ciri teks eksposisi selengkapnya.

  • Menggunakan gaya bahasa yang persuasif atau mengajak
  • Menggunakan teks yang jelas dan lugas
  • Menggunakan bahasa yang baku
  • Menjabarkan informasi-informasi pengetahuan
  • Bersifat netral dan objektif
  • Bersifat tidak memihak dan tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembaca
  • Menyertakan data-data yang valid dan akurat
  • Menyajikan fakta yang sebagai alat konkritasi dan kontribusi
  • Isinya menjawab pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Terdapat beberapa macam-macam teks eksposisi jika dilihat dari isi teksnya. Berikut adalah jenis-jenis teks eksposisi dan pengertiannya lengkap.

1. Teks Eksposisi Definisi

Pengertian teks eksposisi definisi adalah paragraf eksposisi yang memaparkan mengenai definisi atau pengertian suatu topik tertentu

2. Teks Eksposisi Proses

Pengertian teks eksposisi proses adalah paragraf yang berisi tahapan-tahapan atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir.

3. Teks Eksposisi Ilustrasi

Pengertian teks eksposisi ilustrasi adalah paragraf yang menyajikan informasi atau penjelasan dengan memberi gambaran yang sederhana mengenai suatu topik dengan topik lainnya yang mempunyai kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal-hal tertentu.

4. Teks Eksposisi Laporan

Pengertian teks eksposisi laporan adalah paragraf eksposisi yang mengemukakan laporan dari sebuah peristiwa atau penelitian tertentu.

5. Teks Eksposisi Perbandingan

Pengertian teks eksposisi perbandingan adalah paragraf eksposisi yang ide atau gagasan utamanya dipaparkan dengan cara membandingkan dengan yang lain.

6. Teks Eksposisi Pertentangan

Pengertian teks eksposisi pertentangan adalah paragraf eksposisi yang berisi mengenai hal pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.

7. Teks Eksposisi Berita

Pengertian teks eksposisi berita adalah paragraf eksposisi yang memberikan informasi dari suatu kejadian, sering dijumpai dalam berita atau surat kabar.

8. Teks Eksposisi Analisis

Pengertian teks eksposisi analisis adalah paragraf eksposisi yang memisahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub-bagian, kemudian melakukan pengembangan secara berurutan.

Struktur Teks Eksposisi

Secara umum terdapat 3 struktur teks eksposisi yang meliputi pernyataan pendapat atau tesis, argumentasi serta penegasan ulang pendapat. Berikut adalah 3 struktur teks eksposisi dan pengertiannya.

1. Pernyataan Pendapat (Tesis)

Pernyataan pendapat atau tesis merupakan bagian teks yang berisikan pernyataan pendapat (tesis) penulis. disebut juga bagian pembuka.

2. Argumentasi

Pengertian argumentasi merupakan bagian yang memuat alasan yang bisa memperkuat argumen penulis dalam memperkuat ataupun menolak suatu gagasan.

3. Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration)

Penegasan ulang pendapat atau disebut juga sebagai reiteration adalah bagian dari teks eksposisi yang berisi penegasan ulang pendapat penulis.

Nah demikian referensi mengenai pengertian eksposisi, ciri-ciri teks eksposisi, jenis-jenis teks eksposisi serta struktur teks eksposisi. Semoga bisa menambah wawasan.

Satu pemikiran pada “Pengertian Teks Eksposisi Beserta Ciri-Ciri, Struktur dan Jenis-Jenisnya

Tinggalkan komentar