8+ Fungsi Seni Secara Umum Beserta Tujuan dan Penjelasannya

8+ Fungsi Seni Secara Umum Beserta Tujuan dan Penjelasannya

Fungsi seni – Seni merupakan sebuah karya manusia yang merupakan ungkapan ekspresi dalam diri, dalam bentuk audio, visual, sastra, dan sebagainya. Seni memiliki tujuan dan fungsi tertentu, bisa diterapkan dalam bidang pendidikan, agama, hiburan, kesehatan, informasi, komunikasi, artistik, dan lain-lain.

Menurut KBBI, pengertian seni adalah sebuah karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa, seperti tari, lukisan, ukiran, dan sebagainya. Sedangkan definisi seni secara umum adalah kegiatan manusia dalam menciptakan karya visual, audio, atau pertunjukan yang mengungkapkan imajinasi, gagasan, atau teknik pembuatnya, untuk dihargai keindahannya atau kekuatan emosinya.

Orang yang membuat karya seni disebut sebagai seniman. Terdapat beberapa macam-macam seni yang banyak dikenal, misalnya seperti seni rupa, seni musik, seni tari, seni teater, seni sastra, dan lain-lain. Berdasarkan dimensinya, seni juga bisa dibedakan menjadi 2 jenis, yakni seni 2 dimensi dan seni 3 dimensi.

Seni memiliki banyak fungsi dan tujuan dibuat. Fungsi utama seni adalah untuk media artistik dan keindahan, serta sebagai wujud ekspresi dari senimannya menjadi sebuah karya seni. Selain itu juga ada manfaat dan fungsi seni lainnya, baik fungsi seni bagi individu perorangan atau fungsi seni bagi masyarakat secara sosial.

(baca jua aliran seni rupa dan contohnya)

fungsi seni

Fungsi Seni Secara Umum

Berikut ini akan dijelaskan apa saja fungsi seni secara umum beserta pembahasannya, baik fungsi bagi individu maupun sosial.

Sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan Fisik

Seni bisa berfungsi sebagai alat pemenuhan kebutuhan fisik bagi individu tertentu. Manusia merupakan mahluk yang mempunyai kecakapan dalam memberi apresiasi pada keindahan dan penggunaan berbagai benda. Untuk itulah, seniman memiliki peran guna menciptakan benda-benda bernilai seni yang artistik dan estetika.

Sebagai Ungkapan Ekspresi Seniman

Fungsi seni juga penting sebagai ungkapan ekspresi dari seniman secara emosional. Karya seni merupakan buah pikiran dan ekspresi dari penciptanya yang didasarkan pada keadaan emosional seniman, bisa saat senang, sedih, marah, benci, dan sebagainya.

Sebagai Media Artistik dan Nilai Estetika

Seni bisa berfungsi sebagai media artistik yang memberi keindahan dan nilai estetika. Tiap ruangan atau lokasi yang dipajang karya seni tentu akan menambah nilai estetika. Fungsi artistik ini bisa jadi merupakan fungsi seni murni yang utama.

Sebagai Media Pendidikan dan Pembelajaran

Seni juga bisa berperan sebagai media pendidikan dan pembelajaran. Seni membuat proses pembelajaran menjadi lebih terhibur dan menyenangkan. Selain itu nilai-nilai yang terkandung dalam seni bisa diajarkan dan menjadi pelajaran penting dalam bidang pendidikan.

Sebagai Media Kepercayaan dan Keagamaan

Fungsi seni juga penting sebagai media keagamaan dan kepercayaan. Hal ini diwujudkan oleh hal-hal yang berkaitan dengan religi dan kepercayaan, misalnya seperti ritual keagamaan, upacara pernikahan, busana dan pakaian, lagu-lagu religi, dan sebagainya.

Sebagai Media Hiburan

Seni memiliki fungsi sebagai media hiburan berupa tontontan audio atau visual. Berbagai karya seni seperti seni musik, seni tari atau seni teater tentu menghadirkan unsur hiburan yang memberi rasa kepuasan dan kesenangan bagi penontonnya.

Sebagai Media Kesehatan dan Pengobatan

Seni ternyata juga memiliki fungsi di bidang medis dan kesehatan. Pengobatan bisa dilakukan lewat stimulasi karya seni, misalnya lewat seni musik atau dari karya visual. Tentu media pengobatan lewat karya seni masih terus dikaji sampai sekarang.

Sebagai Media Informasi dan Berita

Fungsi seni yang terakhir adalah sebagai media informasi dan berita. Melalui seni, kita bisa menjelaskan sesuatu kepada orang lain dengan lebih mudah, misalnya lewat karya poster atau infografis, bisa juga lewat media lagu atau pertunjukan drama yang mengandung pesan-pesan tertentu.

Nah itulah referensi 8 fungsi seni secara umum beserta contoh dan penjelasannya lengkap. Seni memiliki banyak fungsi yang penting, baik bagi individu perorangan atau bagi masyarakat secara sosial. Semoga bisa menjadi tambahan referensi dan wawasan pengetahuan.

Tinggalkan komentar