Fungsi Jantung pada Manusia Beserta Bagian-Bagiannya [Terlengkap]

Fungsi Jantung pada Manusia Beserta Bagian-Bagiannya [Terlengkap]

Fungsi jantung – Jantung adalah salah satu organ tubuh penting bagi makhluk hidup, termasuk manusia. Fungsi jantung bagi manusia penting dalam sistem peredaran darah dan pernapasan. Bagian-bagian jantung juga memiliki fungsi masing-masing sesuai perannya.

Pengertian jantung adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Sementara menurut KBBI, arti jantung adalah bagian tubuh yang menjadi pusat peredaran darah (letaknya di dalam rongga dada sebelah atas).

Fungsi jantung bagi manusia sangat penting baik bagi peredaran darah, sistem pernapasan dan lain-lain. Jika jantung terganggu, bisa menimbulkan penyakit jantung yang berbahaya bagi kesehatan. Jantung tidak hanya dimiliki manusia, tapi juga makhluk hidup lainnya seperti mamalia, burung, ikan dan reptil.

Pada manusia, mamalia dan burung, organ jantung dibagi menjadi 4 ruas yakni atrium atas bagian kanan dan kiri serta ventrikel bawah bagian kanan dan kiri. Sementara pada ikan hanya memiliki 2 ruas (atrium dan ventrikel) dan pada reptil memiliki 3 ruas.

Pada jantung yang sehat darah mengalir satu arah melalui pembuluh darah. Terdapat sebuah kantung pembungkus yang melindungi jantung, disebut perikardium yang juga mengandung sedikit cairan. Dinding jantung tersusun atas tiga lapisan yakni epikardium, miokardium, dan endokardium.

(baca juga fungsi otak manusia)

fungsi jantung

Fungsi Jantung Bagi Manusia

Jantung merupakan organ tubuh yang penting bagi manusia. Berikut merupakan fungsi-fungsi jantung bagi manusia secara umum.

  • Memompa darah melalui pembuluh darah.
  • Memompa darah ke paru-paru untuk mengambil oksigen.
  • Menerima darah dari seluruh tubuh.
  • Menerima darah beroksigen dari paru-paru.
  • Mencegah bercampurnya darah miskin oksigen dengan darah kaya oksigen.
  • Membantu membuang limbah sisa metabolisme.
  • Membantu mengukur jumlah darah yang dipompa dengan menghitung jumlah denyut jantung per menit.

Jika dijabarkan lagi, tiap bagian-bagian jantung memiliki peran dan fungsi masing-masing. Berikut akan dijelaskan fungsi-fungsi jantung di tiap bagian-bagian dan anatominya.

Serambi Kanan

Fungsi jantung pada anatomi serambi kanan adalah menerima darah kotor dari tubuh yang dibawah oleh pembuluh darah. Seperti diketahui bahwa darah kotor adalah darah dengan sedikit kandungan oksigen yang memasuki serambi kanan melalui vena cava superior dan inferior.

Bagian serambi kanan pada jantung ini berperan untuk menerima darah kotor tersebut untuk kemudian dipompa menuju bilik kanan jantung.

Bilik Kanan

Fungsi jantung pada anatomi bilik kanan adalah memompa darah kotor menuju paru-paru agar karbon dioksida dapat ditukar dengan oksigen melalui proses respirasi atau pernapasan.

Darah kotor mengalir melalui serambi kanan menuju bilik kanan, kemudian dipompa lagi agar menuju paru-paru. Saluran yang dilalui adalah katup pulmonalis dan juga melalui arteri pulmonalis.

Serambi Kiri

Adapun fungsi jantung pada bagian serambi kiri adalah menerima darah bersih dari paru-paru. Berbeda dengan darah kotor, darah bersih adalah darah yang mengandung oksigen yang penting bagi tubuh.

Darah bersih ini masuk ke serambi kiri melalui pembuluh balik atau vena pulmonalis. Nantinya darah bersih akan kembali dipompa menuju ke bilik kiri.

Bilik Kiri

Fungsi jantung pada anatomi bilik kiri berfungsi memompa darah bersih ke seluruh tubuh. Bagian bilik kiri sendiri merupakan bagian jantung yang paling tebal dan terletak di bawah serambi kiri, dipisahkan oleh katup mitral.

Bilik kiri berperan untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika tekanan darah tinggi akan menyebabkan otot bilik kiri mengeras dan fungsi bilik kiri bisa terganggu.

(baca juga fungsi darah)

Nah itulah fungsi-fungsi jantung manusia meliputi bagian-bagiannya yakni serambi kanan, bilik kanan, serambi kiri dan bilik kiri. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan pengetahuan.

Tinggalkan komentar