Struktur Teks Biografi Beserta Ciri-Ciri dan Penjelasannya

Struktur Teks Biografi Beserta Ciri-Ciri dan Penjelasannya

Struktur teks biografi – Secara umum, pengertian biografi adalah karya tulisan yang menjelaskan tentang kisah dan keterangan mengenai kehidupan seseorang atau kisah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Jika karya tersebut ditulis oleh orang itu sendiri, maka disebut sebagai otobiografi.

Terdapat beberapa jenis-jenis teks biografi, misalnya biografi perjalanan hidup atau biografi perjalanan karir. Selain itu biografi juga menceritakan tokoh dari berbagai unsur dan bidang, seperti bidang politik, sosial, budaya, ekonomi, olahraga, hiburan, dan sebagainya.

Biografi memuat fakta dan kenyataan yang dialami langsung oleh tokoh yang diceritakan. Dalam membuat teks biografi, penulis bisa melakukan wawancara dengan tokoh-tokoh terkait atau berdasarkan riset dan penelitian serta pernyataan saksi mata lain.

Penulisan teks biografi pun memiliki pola dan kaidah penulisan yang baku. Terdapat struktur biografi yang harus ada pada tiap bentuk karya tulis ini. Artinya penulis harus mematuhi struktur-struktur teks biografi ini dan tidak boleh asal menulis tanpa aturan.

(baca juga struktur artikel)

struktur teks biografi

Struktur Teks Biografi

Di bawah ini akan dijelaskan apa saja struktur teks biografi beserta pengertian, ciri-ciri, dan penjelasannya meliputi struktur orientasi, peristiwa atau masalah, serta reorientasi.

1. Orientasi

Struktur teks biografi yang pertama adalah orientasi. Orientasi merupakan bagian dimana menjelaskan tentang pengenalan tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.

Dalam orientasi, akan dijelaskan gambaran singkat tentang tokoh dalam biografi secara sekilas. Dengan membaca bagian orientasi, pembaca akan mengetahui gambaran umum mengenai isi teks biografi.

2. Peristiwa / Masalah

Selanjutnya ada bagian peristiwa atau masalah. Bagian ini menjelaskan peristiwa-peristiwa yang dihadapi oleh tokoh dalam biografi, termasuk masalah-masalah yang menghadang lengkap beserta pemecahan solusi untuk masalah tersebut.

Dalam bagian ini, dijelaskan kejadian yang dialami tokoh berupa cerita proses berkarir, peristiwa menyenangkan, menegangkan, menyedihkan, hingga mengesankan yang pernah dialami oleh tokoh hingga mampu meraih mimpi, cita-cita dan kesuksesan yang jadi inti teks biografi.

3. Reorientasi

Struktur biografi yang terakhir adalah reorientasi. Reorientasi merupakan bagian penutup yang ada di bagian akhir teks biografi. Bagian ini berisikan tentang pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan dalam teks biografi tersebut.

Reorientasi bersifat opsional, yang artinya pada bagian ini boleh ada atau tidak. Umumnya penulis menuliskan kesan baik dan mengajak pembaca untuk meneladani kisah-kisah inspirasi dari tokoh yang ditulisnya pada teks biografi.

Ciri-Ciri Teks Biografi

Terdapat beberapa karakteristik teks biografi yang kerap dijumpai dalam bentuk karya tulis ini. Berikut merupakan beberapa ciri-ciri biografi beserta penjelasannya lengkap.

Berdasarkan Fakta

Ciri utama teks biografi adalah isinya harus berdasarkan fakta yang benar-benar terjadi. Fakta tersebut sesuai dengan pengalaman yang dialami oleh tokoh yang ditulis dalam teks biografi tersebut.

Menggunakan Narasi atau Cerita

Penggunaan gaya bahasa pada teks biografi menggunakan narasi atau cerita. Artinya kisah-kisah yang ada pada teks biografi diceritakan atau dinarasikan agar lebih menarik bagi pembacanya.

Menceritakan Tokoh Berpengaruh

Umumnya teks biografi hanya menceritakan tokoh-tokoh penting yang terkenal. Tokoh tersebut memiliki dampak dan pengaruh bagi orang banyak sehingga ceritanya menarik untuk dijadikan teks biografi.

Menginspirasi Pembaca

Kisah pada teks biografi biasanya mampu memberikan motivasi dan inspirasi bagi pembacanya. Tokoh pada teks biografi pun memiliki sifat tauladan yang layak ditiru oleh pembacanya.

Nah itulah referensi struktur teks biografi beserta pengertian, karakteristik, dan penjelasannya. Dijelaskan pula apa itu pengertian biografi dan ciri-ciri teks biografi yang menjadi salah satu bentuk karya tulis.

Tinggalkan komentar