pengertian nilai

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Terlengkap]

Pengertian nilai – Kata nilai dalam bahasa Inggris disebut value, sedangkan dalam bahasa latin disebut valere. Secara bahasa, nilai dapat diartikan sebagai harga. Namun lebih dari itu, definisi nilai bisa dijabarkan lebih luas dan berkaitan dengan sesuatu yang berharga dalam kehidupan manusia.

Secara umum, nilai adalah konsep yang menunjuk pada hal hal yang dianggap berharga dalam kehidupan manusia, yaitu tentang apa yang dianggap baik, layak, pantas, benar, penting, indah, dan dikehendaki oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Sebaliknya, hal-hal yang dianggap tidak pantas, buruk, salah dan tidak indah dianggap sebagai sesuatu yang tidak bernilai. Sesuatu dikatakan mempunyai nilai, apabila mempunyai kegunaan, kebenaran, kebaikan dan keindahan.

Contohnya emas dianggap sebagai sesuatu yang bernilai karena ia memberi bermanfaat, berguna serta berharga bagi manusia. Sedangkan limbah dianggap tidak bernilai karena sifatnya buruk, jelek dan merugikan serta tidak memiliki manfaat sama sekali.

(baca juga pengertian norma)

pengertian nilai

Pengertian Nilai

Berikut akan dibahas pengertian dan definisi nilai secara umum dan menurut pendapat para ahli.

Definisi Nilai Secara Umum

Pengertian nilai secara umum adalah konsep umum tentang sesuatu yang dianggap baik dimana keberadaannya dicita-citakan, diinginkan, dihayati, dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari hari dan menjadi tujuan kehidupan bersama di dalam kelompok masyarakat tersebut, mulai dari unit kesatuan sosial terkecil hingga yang terbesar, mulai dari lingkup suku, bangsa, hingga masyarakat internasional.

Nilai juga dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk penghargaan serta keadaan yang bermanfaat bagi manusia sebagai penentu dan acuan dalam menilai dan melakukan suatu tindakan.

Dengan mengacu kepada sebuah nilai, seseorang dapat menentukan bagaimana ia harus berbuat dan bertingkah laku yang baik sehingga tidak menyimpang dari norma-norma yang berlaku.

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

Selain penjelasan secara umum, para ahli dan pakar memiliki pendapat yang berbeda-beda dalam menerangkan definisi nilai. Berikut merupakan pengertian nilai menurut para ahli secara lengkap,

Menurut Spranger

Arti nilai menurut Spranger adalah suatu tatanan yang dijadikan panduan oleh individu untuk menimbang dan memilih alternatif keputusan dalam situasi sosial tertentu.

Menurut Horrocks

Pengertian nilai adalah sesuatu yang memungkinkan individu atau kelompok sosial membuat keputusan mengenai apa yang ingin dicapai atau sebagai sesuatu yang dibutuhkan.

Menurut Antony Giddens (1995)

Nilai merupakan suatu gagasan yang dimiliki seseorang maupun kelompok mengenai apa yang layak, apa yang dikehendaki, serta apa yang baik dan buruk.

Menurut Horton & Hunt (1987)

Definisi nilai adalah suatu gagasan mengenai apakah suatu tindakan itu penting ataukah tidak penting.

Menurut Richard T. Schaefer dan Robert P. Lmm (1998)

Nilai adalah suatu gagasan bersama-sama (kolektif) mengenai apa yang dianggap penting, baik, layak dan diinginkan, sekaligus mengenai yang dianggap tidak penting, tidak baik, tidak layak dan tidak diinginkan dalam hal kebudayaan. Nilai merujuk kepada suatu hal yang dianggap penting pada kehidupan manusia, baik itu sebagai individu ataupun sebagai anggota masyarakat.

Menurut Nietzsche

Pengertian nilai menurut Nietzsche merupakan sebuah tingkat atau derajat yang diinginkan oleh manusia.

Menurut Danandjaja

Nilai adalah pengertian yang dimiliki seseorang akan sesuatu yang lebih penting maupun kurang penting, apa yang lebih baik dan kurang baik, dan juga apa yang lebih benar dan apa yang salah.

Menurut Gordon Allport

Nilai menurut Gordon adalah suatu keyakinan yang dapat membuat seseorang melakukan tindakan berdasarkan pilihannya.

Menurut Mulyana

Nilai diartikan oleh Mulyana sebagai suatu keyakinan dan rujukan untuk menentukan sebuah pilihan.

Menurut Kluckhohn

Nilai adalah sebuah konsepsi dari apa yang diinginkan dan mempengaruhi seseorang dalam menentukan tindakan terhadap cara dan juga tujuan yang ingin dicapai.

Menurut Notonagoro

Menurut Notonagoro, nilai terdiri dari 3 (tiga) nilai pokok yang utama, yaitu nilai vital, nilai materil, dan nilai rohani.

Menurut Ralp Perry

Pengertian nilai menurut Ralp Perry adalah suatu objek yang berasal dari minat suatu individu

Menurut Fraenkel

Pengertian nilai merupakan sebuah konsep ataupun ide mengenai apa yang dipikirkan seseorang dan dianggap penting.

Menurut Kupperman 

Arti nilai adalah sebuah patokan yang bersifat normatif dan dapat mempengaruhi manusia dalam menentukan sebuah pilihan.

Menurut Louis O. Kattsof (1987)

Nilai dibagi menjadi dua macam oleh Louis, dimana terdapat nilai intristik yang merupakan nilai yang semulanya sudah bernilai, dan yang kedua adalah nilai instrumental dimana nilai merupakan hasil dari sesuatu akibat digunakan sebagai sarana dalam mencapai suatu tujuan.

Djahiri (1999)

Nilai adalah harga, makna, isi dan pesan, semangat, atau jiwa yang tersurat dan tersirat dalam fakta, konsep, dan teori, sehingga bermakna secara fungsional.

Menurut Purwodarmito

Nilai dapat dijelaskan menjadi lima hal, di antaranya adalah harga sesuatu, harga sesuai taksiran, angka kepandaian, suatu kualitas, dan juga sifat-sifat yang penting.

Menurut Koentjaraningrat

Pengertian nilai menurut Koentjaraningrat adalah suatu bentuk budaya yang memiliki fungsi sebagai sebuah pedoman bagi setiap manusia dalam masyarakat. Bentuk budaya ini dikehandaki dan bisa juga dibenci tergantung daripada anggapan baik dan buruk dalam masyarakat.

Menurut Alvin L. Bertrand

Nilai adalah kesadaran yang disertai gagasan atas perbutan yang dilakukan seseorang, nilai dalam pengertian ini bisa baik dan bisa juga buruk. Oleh karenannya setiap masyarakat harumampu menginterprasikannya dalam kehidupan yang dijalaninya.

Menurut Robert Lawang

Definisi nilai ialah gambaran mengenai apa yang diinginkan, berharga, pantas, dan juga dapat memengaruhi perilaku sosial setiap individu yang memiliki nilai tersebut. Nilai ini menjadi cerminan serta menjadi pedoman tata tertip kehidupan masyarakat.

Menurut Karel J. Veeger

Nilai adalah suatu kiteria yang dberikan kepada individu ke individu lain berdasarkan dengan perbuatan yang dilakukan. Pengertian ini secara langsung juga dapat diberikan pemahaman bahwa dipertimbangkan berdasarkan moral.

Menurut Kimball Young

Pengertian nilai adalah asumsi abstrak dan sering kali tidak disadari apa sebenarnya yang penting dalam masyarakat.

Menurut AW Green

Definisi nilai adalah kesadaran berlangsung dengan disertai emosi terhadap suatu objek.

Menurut Bambang Daroeso

Arti nilai adalah suatu kualitas atau pengahargaan terhadap sesuatu, yang menjadi dasar penentu tingkah laku seseorang.

Menurut Hendropusptio

Nilai adalah segala sesuatu yang masyarakat dapat hargai karena nilai mempunyai daya guna yang fungsional dan berpengaruh dalam perkembangan kehidupan mausia.

Menurut Simanjuntak 

Pengertian nilai menurut Simanjutak adalah ide-ide yang berkembang pada masyarakat mengenai sesuatu yang baik.

Menurut Nursal Luth dan Dainel Fernandez

Nilai adalah perasaan-perasaan tentang apa yang diinginkan atau tidak diinginkan yang memengaruhi perilaku sosial dari orang yang memiliki nilai itu. Nilai merupakan kumpulan sikap dan perasaan-perasaan yang selalu diperlihatkan melalui perilaku oleh manusia.

Menurut Sidi Gazalba

Nilai adalah sesuatu yang bersifat abstrak, ia ideal, nilai bukan benda konkrit, bukan fakta, tidak hanya persoalan benar dan salah yang menuntut pembuktian empirik, melainkan penghayatan yang dikehendaki dan tidak dikehendaki.

Menurut Chabib Thoha

Arti nilai merupakan sifat yang melekat pada sesuatu (sistem kepercayaan) yang telah berhubungan dengan subjek yang memberi arti (manusia yang meyakini). Jadi nilai adalah sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi manusia sebagai acuan tingkah laku

Menurut Laboratorium Pancasila IKIP Malang

Pengertian nilai adalah sesuatu yang berharga, berguna, indah, yang memperkaya batin, dan menyadarkan manusia akan harkat dan martabatnya. Nilai bersumber pada budi yang berfungsi mendorong, mengarahkan sikap, dan perilaku manusia.

Menurut Wikipedia

Pengertian nilai menurut Wikipedia adalah alat yang menunjukkan alasan dasar bahwa cara pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara sosial dibandingkan cara pelaksanaan atau keadaan akhir yang berlawanan. Nilai memuat elemen pertimbangan yang membawa ide-ide seorang individu mengenai hal-hal yang benar, baik, atau diinginkan

Menurut Soerjono Soekanto

Pengertian nilai menurut Soerjono Soekanto adalah konsepsi abstrak yang ada dalam diri manusia, hal ini dikarenakan nilai dapat dianggap baik dan dapat pula dianggap buruk. Nilai baik selalu menjadi simbol kehidupan yang dapat mendorong ontegritas sosial sedangkan nilai yang buruk akan memberikan dampak yang berarati seperti halnya dampak yang terjadi pada konflik.

Menurut Wood

Nilai adalah petunjuk umum yang telah berlangsung lama, petunjuk ini bahkan dianggap mampu mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya nilai dalam ketegori ini terbagi menjadi dua, yakni nilai baik dan buruk.

Macam-Macam Nilai

Ada beberapa bentuk dan jenis-jenis nilai dilihat dari bidangnya. Berikut merupakan macam-macam nilai selengkapnya.

  • Nilai sosial, yakni nilai yang berhubungan dengan sikap manusia yang membutuhkan pertolongan orang lain.
  • Nilai agama, yakni nilai yang bersumber dari Tuhan yang tidak dapat diganggu gugat.
  • Nilai ekonomi, yakni nilai yang berhubungan dengan prinsip-prinsip ekonomi secara umum.
  • Nilai moral, yakni nilai yang bersumber dari  bersumber dari kehendak maupun kemauan, disebut juga nilai kebenaran.
  • Nilai keilmuan, yakni nilai yang berkaitan dengan wawasan dan ilmu pengetahuan.
  • Nilai seni, yakni nilai yang bersumber melalui unsur rasa pada setiap diri manusia, disebut juga nilai estetika atau keindahan.

Karakteristik Nilai

Sebuah nilai memiliki ciri-ciri khusus tertentu yang khas. Berikut merupakan ciri-ciri dan karakteristik nilai selengkapnya.

  • Bersifat umum
  • Berbentuk abstrak
  • Konsepsional
  • Nilai mengandung kualitas moral manusia
  • Nilai tidak selamanya realistik
  • Dalam bermasyarakat, nilai bersifat campuran
  • Cenderung bersifat stabil

Demikianlah ulasan tentang pengertian nilai menurut para ahli dan secara umum lengkap beserta karakteristik dan macam-macamnya. Semoga bisa menjadi referensi dalam memahami apa itu pengertian nilai secara benar.

55 pemikiran pada “Pengertian Nilai Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Terlengkap]”

  1. Bisakah saya menggali ilmu tentang nilai labih jauh? Dimulai dari sejarah nilai itusendiri didalam link ini?
    Karena saya pribadi menyukai ini, dimulai dari sebuah penjelasan yang mudah untuk dipahami.
    Tapi mungkin bisa lebih terperinci lagi…!
    Maaf jika ada kata yang tidak berkenan dihati, karna saya tidak lepas dari kesalahan sebagai manusia biasa…!
    Maaf

    Balas
  2. Bisakah saya menggali ilmu tentang nilai labih jauh? Dimulai dari sejarah nilai itusendiri didalam link ini?
    Karena saya pribadi menyukai ini, dimulai dari sebuah penjelasan yang mudah untuk dipahami.
    Tapi mungkin bisa lebih terperinci lagi…!
    Maaf jika ada kata yang tidak berkenan dihati, karna saya tidak lepas dari kesalahan sebagai manusia biasa…!
    Maaf

    Balas
  3. Bisa lah saya menggali ilmu tentang nila lebih jauh? Di mulai dari sejarah nila itu sendiri didalam link ini? Karena saya pribadi menyukai ini, di mulai dari sebuah penjelasan yang mudah untuk dipahami. Tapi mungkin apa bisa lebih terperinci lagi! Maaf jika ada kata kata saya yang Salah dan tidak berkenan di hati mohon maaf saya hanya manusia biasa

    Balas
  4. Pengertian nilai menurut para ahli dan secara umum kata nilai dalam bangsa Inggris disebut valus,sedangkan dalam bahasa latin di sebut varere,secara bahasa ,nilai dapat diartikan sebagai harga.
    secara umum ,nilai adalah konsep yg menunjukan pada hal-hal yg di anggap berharga dalam kehidupan manusia,yaitu tentang apa,yg di anggap baik,layak,pantas,benar,penting,indah dan hendaki oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari contohnya emas anggap sebagai sesuatu yg bernilai karena i’a memberi bermanfaat,berguna serta berharga bagi manusia.
    definisi nilai secara umum
    pengertian nilai secara umum adalah konsep umum tentang sesuatu yg di anggap baik dimana keberadaannya dicita-citakan,diinginkan ,dihayati,dan di laksanakan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi tujuan kehidupan bersama di dalam kelompok masyarakat tersebut,mulai dari unit kesatuan sosial terkecil hingga yg terbesar,mulai dari linggup suku bangsa,hingga masyarakat internasional
    Nama :Wulan suciawati
    kelas: 10 TKJ 2

    Balas
  5. Materi hari ini saya catat dan diringkas di buku ppkn, terimakasih atas pembelajaran hari. mudah mudahan pembelajaran hari esok tidak menyatat materi sebanyak ini

    Balas
  6. Bisakah saya menggali ilmu tentang nilai labih jauh? Dimulai dari sejarah nilai itusendiri didalam link ini?
    Karena saya pribadi menyukai ini, dimulai dari sebuah penjelasan yang mudah untuk dipahami.
    Tapi mungkin bisa lebih terperinci lagi…!
    Maaf jika ada kata yang tidak berkenan dihati, karna saya tidak lepas dari kesalahan sebagai manusia biasa…!
    Maaf

    Nama: Yovan mcn
    Kelas:10 TBSM 1

    Balas
  7. Nama:Adrian Raka Putra
    Kelas:Tbsm 2
    Menurut saya materi hari ini sangat rinci, padat, dan penuh dengan makna,
    Maka dari itu materi ini hendak lah kita harus memahami nya, karena sangat lah berguna untuk menambah wawasan kita.

    Balas
  8. Dengan memahami materi ini saya bisa tau apa itu nilai nilai bukan sekedar nilai tapi tau arti dari nilai terasebut

    Balas
  9. Nama: Siti Aidea nita
    Jurusan: AKL 2
    Secara yang saya pahami nilai itu berharga atau penting bagi manusia contoh yg bernilai yaitu emas karena ia bernilai dan memberikan manfaat berguna serta berharga
    Bagi manusia nilai juga bisa di ambil dalam suatu tindakan atau perilaku
    Pengertian nilai merupakan tingkat atau derajat yang di inginkan oleh manusia, nilai adalah harga yang penting
    Macam macam nilai:
    -nilai sosia. -nilai moral
    -nilai agama. -nilai ke ilmuan
    -nilai ekonomi. -nilai seni
    Karateristik nilai
    -bersifat umum
    -berbentuk abstrak
    -konsepsional
    -berbentuk camburan

    Balas
  10. Assalamualaikum
    Perkenalkan nama saya
    SYOFIYAN EPANDI
    Kelas X AKL2 hadir
    Menurut saya meteri PPKn hari ini sangat sangat jelas , karna dijelaskan serta struktur struktur nya .contoh
    Nilai nilai itu terbagi menjadi 2 ada yang umum dan adaa yang bahasa
    Apa sih nilai. Bahasa ??
    Nilai biasa adalah Pengertian nilai – Kata nilai dalam bahasa Inggris disebut value, sedangkan dalam bahasa latin disebut valere. Sedangkan nilai umum adalahkonsep yang menunjuk pada hal hal yang dianggap berharga dalam kehidupan manusia, yaitu tentang apa yang dianggap baik, layak, pantas, benar, penting, indah, dan dikehendaki oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
    Dan ada kata kata lain dari itu macam macam nilai jika ingin lebih jelas barii kita baca sesama meteri diatas yg diberikan
    Mungkin hanya segitu dari saya jika ada kata yang salah mohon maaf saya akhir sekian terimakasih
    wassalamualaikum wr.wb

    Balas
  11. Pengertian nilai menurut para ahli dan secara umum kata nilai dalam bangsa Inggris disebut valus,sedangkan dalam bahasa latin di sebut varere,secara bahasa ,nilai dapat diartikan sebagai harga.
    secara umum ,nilai adalah konsep yg menunjukan pada hal-hal yg di anggap berharga dalam kehidupan manusia,yaitu tentang apa,yg di anggap baik,layak,pantas,benar,penting,indah dan hendaki oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari contohnya emas anggap sebagai sesuatu yg bernilai karena i’a memberi bermanfaat,berguna serta berharga bagi manusia.
    definisi nilai secara umum
    pengertian nilai secara umum adalah konsep umum tentang sesuatu yg di anggap baik dimana keberadaannya dicita-citakan,diinginkan ,dihayati,dan di laksanakan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi tujuan kehidupan bersama di dalam kelompok masyarakat tersebut,mulai dari unit kesatuan sosial terkecil hingga yg terbesar,mulai dari linggup suku bangsa,hingga masyarakat internasional.

    Nama: Bagas Eka Prasetya
    Kelas: X AKL 2

    Balas
  12. Yang saya pahami
    Nilai agama, yakni nilai yang bersumber dari Tuhan yang tidak dapat diganggu gugat.
    Nilai ekonomi, yakni nilai yang berhubungan dengan prinsip-prinsip ekonomi secara umum.
    Nilai moral, yakni nilai yang bersumber dari bersumber dari kehendak maupun kemauan, disebut juga nilai kebenaran.

    Balas
  13. Bisa lah saya menggali ilmu tentang nila lebih jauh? Di mulai dari sejarah nila itu sendiri didalam link ini? Karena saya pribadi menyukai ini, di mulai dari sebuah penjelasan yang mudah untuk dipahami. Tapi mungkin apa bisa lebih terperinci lagi! Maaf jika ada kata kata saya yang Salah dan tidak berkenan di hati mohon maaf saya hanya manusia biasa

    Balas
  14. Secara bahasa, nilai dapat diartikan sebagai harga. Namun lebih dari itu, definisi nilai bisa dijabarkan lebih luas dan berkaitan dengan sesuatu yang berharga dalam kehidupan manusia.

    Secara umum, nilai adalah konsep yang menunjuk pada hal hal yang dianggap berharga dalam kehidupan manusia, yaitu tentang apa yang dianggap baik, layak, pantas, benar, penting, indah, dan dikehendaki oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

    Balas
  15. Terimakasih ibu atas materi dan pengertiannya
    Dengan saya membaca dan memahami materi tentang pengertian nilai, macam-macam nilai, karakteristik nilai.
    Dengan saya membaca materi itu saya tau apa Nilai-nilai

    Nama:Siti Nurmala
    Kelas :10 AKL 2

    Balas
  16. Terimakasih ibu atas materi dan pengertiannya.
    Dengan saya membaca dan memahami materi yang ibu berikan,saya bisa tau pengertian nilai²menurut para ahli,dan saya bisa memahami apa saja jenis²nilai dan penjelasannya,dan saya juga bisa mengetahui dan memahami ciri²karakteristik nilai.

    Nama:Ulpah
    Kelas:10,AKL2

    Balas
  17. Nama: Siti Aidea nita
    Jurusan: AKL 2
    Yg saya pahami yaitu
    Dalam arti luas, pemerintah pusat dilaksanakan oleh setiap lembaga negara yang tugas dan kewenangannya sudah di atur dalam UUD.
    Kekuasaan legislatif, yaitu kekuasaan untuk membuat atau membentuk undang-undang
    Kekuasaan eksekutif yaitu kekuasaan untuk melaksanakan hubungan luar negeri
    Selain John Locke,ada tokoh lain yg berpendapat tentang kekuasaan negara yaitu motesquen.
    Kekuasaan federatif oleh motesquen di masukan ke dalam kekuasaan eksekutif, fungsi mengendali di jadikan kekuasaan yang berdiri sendiri.

    Balas
  18. NAMA: Siti mahmudah
    KELAS: X AKL 2

    Di pertemuan kedua pelajaran PPKN aku bisa memahami materi nilai-nilai, dan aku mencatat yang perlu di catat di buku tulis PPKN ini.

    Balas
  19. Terimakasih bu atas materi nya saya sangat mudah untuk di pahami nya dan saya bisa lebih tau apa itu nilai – nilai

    Balas
  20. Nama:Muhamad farid ramaln
    kls:10 TITL 2
    Secara yang saya pahami nilai itu berharga atau penting bagi manusia contoh yg bernilai yaitu emas karena ia bernilai dan memberikan manfaat berguna serta berharga
    Bagi manusia nilai juga bisa di ambil dalam suatu tindakan atau perilaku
    Pengertian nilai merupakan tingkat atau derajat yang di inginkan oleh manusia, nilai adalah harga yang penting
    Macam macam nilai:
    -nilai sosia. -nilai moral
    -nilai agama. -nilai ke ilmuan
    -nilai ekonomi. -nilai seni
    Karateristik nilai
    -bersifat umum
    -berbentuk abstrak
    -konsepsional
    -berbentuk camburan

    Balas
  21. Terimakasih ibu atas materi dan pengertiannya.
    Dengan saya membaca dan memahami materi yang ibu berikan,saya bisa tau pengertian nilai²menurut para ahli,dan saya bisa memahami apa saja jenis²nilai dan penjelasannya,dan saya juga bisa mengetahui dan memahami ciri²karakteristik nilai.

    Terima kasih Bu tugas yg ibu berikan bermanfaat saya jadi tahu tentang nilai nilai Pancasila

    Balas
  22. Nam : muhamad sopian
    Jurusan : titl 2
    Pengertian nilai menurut para ahli dan secara umum kata nilai dalam bangsa Inggris disebut valus,sedangkan dalam bahasa latin di sebut varere,secara bahasa ,nilai dapat diartikan sebagai harga.
    secara umum ,nilai adalah konsep yg menunjukan pada hal-hal yg di anggap berharga dalam kehidupan manusia,yaitu tentang apa,yg di anggap baik,layak,pantas,benar,penting,indah dan hendaki oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari contohnya emas anggap sebagai sesuatu yg bernilai karena i’a memberi bermanfaat,berguna serta berharga bagi manusia.
    definisi nilai secara umum
    pengertian nilai secara umum adalah konsep umum tentang sesuatu yg di anggap baik dimana keberadaannya dicita-citakan,diinginkan ,dihayati,dan di laksanakan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi tujuan kehidupan bersama di dalam kelompok masyarakat tersebut,mulai dari unit kesatuan sosial terkecil hingga yg terbesar,mulai dari linggup suku bangsa,hingga masyarakat internasional.

    Balas
  23. Elsa Safa Nur Insani
    10 (TITL 2)
    Dari materi yang saya pelajari hari ini cukup membuat saya bingung karena ada beberapa kalimat yang tidak saya pahami, tapi di samping itu saya mengucapkan terimakasih kepada Bpk/ibu guru yang telah memberikan materi yang sangat bermanfaat ini.
    Setelah terus membaca dan mencoba untuk memahami di setiap kalimatnya, saya bisa belajar, memahami, dan mengerti arti dari sebuah kata Nilai.
    Sebelumnya saya hanya tahu tentang nilai yang biasa didapatkan saat disekolah setelah memberikan tugas, tetapi setelah membaca materi tentang “Pengertian Nilai” ini, saya jadi mengerti bahwa nilai bukanlah hanya nilai pendidikan (keilmuan) melainkan ada nilai sosial, nilai agama, nilai ekonomi, nilai moral dan nilai seni. Selain penjelasan secara umum, para ahli dan pakar memiliki pendapat yang berbeda-beda dalam menerangkan definisi nilai dan itu membantu untuk menambah pengetahuan agar lebih luas, dibantu dengan penjelasan karakteristik nilai dan itu membuat saya sedikit demi sedikit memahami materi hari ini.
    Sekali lagi terimakasih kepada Bpk/ibu guru, dan maaf apabila saya menyampaikan kalimat yang kurang mengenakan.
    Mohon di maklumi karena saya juga masih ditahap belajar untuk memberi komentar/respon untuk orang lain.
    Terimakasih

    Balas
  24. Terimakasih kepada bpk/ibu guru yang telah memberikan materi yang sangat bermanfaat ini, sebelumnya saya tidak begitu faham apa itu arti definisi Nilai yang sebenarnya, saya hanya tahu nilai yang sering di dapatkan ketika sedang belajar/sekolah setelah memberikan tugas. Setelah saya membaca materi hari ini dan mencoba untuk memahami dan mengerti, akhirnya saya cukup faham jika nilai bukan lah hanya nilai pendidikan (keilmuan) melainkan ada juga nilai sosial, nilai agama, nilai moral, dan nilai seni. Ditambah lagi dengan mendapatkan penjelasan dari para ahli, selain penjelasan secara umum, para ahli dan pakar memiliki pendapat yang berbeda-beda dalam menerangkan definisi nilai dan itu membantu pengetahuan agar lebih luas, dibantu dengan karakteristik atau ciri-ciri nilai yang khusus itu membuat saya sedikit demi sedikit faham mengenai materi “Pengertian Nilai” yang diberikan hari ini.
    Sekali lagi terimakasih dan mohon maaf apabila saya menyampaikan sesuatu yang kurang mengenakan, harap dimaklum karena saya juga masih tahap belajar dalam memberikan komentar/respon untuk orang lain.

    Balas
    • Terima kasih atas materi dan pengertiannyh .
      Setelah saya membaca materi ini dan mencoba untuk memahami dan mengerti apa macam”nilai,karakteristik dan saya bisa tau pengertian nilai-nilai menurut para ahli. Dan sekaligus memahami materi tersebut

      Balas
  25. Terimakasih ibu atas materi dan pengertiannya
    Dengan saya membaca dan memahami materi tentang pengertian nilai, macam-macam nilai, karakteristik nilai.
    Dengan saya membaca materi itu saya tau apa Nilai-nilai

    Balas
  26. Bisakah saya menggali ilmu tentang nilai labih jauh? Dimulai dari sejarah nilai itusendiri didalam link ini?
    Karena saya pribadi menyukai ini, dimulai dari sebuah penjelasan yang mudah untuk dipahami.
    Tapi mungkin bisa lebih terperinci lagi…!
    Maaf jika ada kata yang tidak berkenan dihati, karna saya tidak lepas dari kesalahan sebagai manusia biasa…!

    Nama: aliudin
    Kelas:10tpm2

    Balas
  27. Pengertian nilai – Kata nilai dalam bahasa Inggris disebut value, sedangkan dalam bahasa latin disebut valere. Secara bahasa, nilai dapat diartikan sebagai harga. Namun lebih dari itu, definisi nilai bisa dijabarkan lebih luas dan berkaitan dengan sesuatu yang berharga dalam kehidupan manusia. Pengertian nilai secara umum adalah konsep umum tentang sesuatu yang dianggap baik dimana keberadaannya dicita-citakan, diinginkan, dihayati, dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari hari dan menjadi tujuan kehidupan bersama di dalam kelompok masyarakat tersebut, mulai dari unit kesatuan sosial terkecil hingga yang terbesar, mulai dari lingkup suku, bangsa, hingga masyarakat internasional.

    Nama : Naufal Firmansyah
    Kelas : 10 TPM 1

    Balas
  28. Terima kasih bapak/ibu guru atas materi yang telah diberikan,dengan ini saya lebih memahami tentang nilai-nilai pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan indonesia

    Nama:Arifin sugarda
    Kelas:X TPM 1

    Balas
  29. Yang dapat saya pelajari dari materi kali ini adalah..

    Jika seseorang mengacu kepada sebuah nilai, maka ia dapat menentukan bagaimana ia harus berbuat dan bertingkah laku yang baik sehingga tidak menyimpang dari norma-norma yang berlaku.
    Karena secara umum, nilai adalah konsep yang menunjuk pada hal-hal yang dianggap berharga dalam kehidupan manusia, yaitu apa yang dianggap baik, layak, pantas, benar, dan dikehendaki oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

    Nama : Ananda Putra Maisa
    Kelas : 10 TPM 1

    .

    Balas
  30. Terimakasih ibu untuk materi dan penjelasannya setelah membaca dan dipahami saya jadi mengerti apa itu tentang pengertian nilai,Macam-macam nilai dan karakteristik nilai

    Balas
  31. Nama: Elysia Cahyawati
    Kelas:10 OTKP 2
    Terimakasih kepada bapak/ibu yang telah memberikan materi ini, bahwasanya saya sudah lebih paham tentang nilai-nilai,dan saya juga tau nilai adalah sesuatu yang memberi makna dalam hidup,yang memberi acuan,titik tolak dan tujuan hidup.nilai juga adalah susuatu yang dijunjung tinggi,yang dapat mewarnai dan menjiwai tindakan seseorang.

    Balas
  32. Kata nilai dalam bahasa Inggris disebut value, sedangkan dalam bahasa latin disebut valere. Secara bahasa, nilai dapat diartikan sebagai harga. Namun lebih dari itu, definisi nilai bisa dijabarkan lebih luas dan berkaitan dengan sesuatu yang berharga dalam kehidupan manusia.Macam-Macam Nilai
    Ada beberapa bentuk dan jenis-jenis nilai dilihat dari bidangnya. Berikut merupakan macam-macam nilai selengkapnya.

    Nilai sosial, yakni nilai yang berhubungan dengan sikap manusia yang membutuhkan pertolongan orang lain.
    Nilai agama, yakni nilai yang bersumber dari Tuhan yang tidak dapat diganggu gugat.
    Nilai ekonomi, yakni nilai yang berhubungan dengan prinsip-prinsip ekonomi secara umum.
    Nilai moral, yakni nilai yang bersumber dari bersumber dari kehendak maupun kemauan, disebut juga nilai kebenaran.
    Nilai keilmuan, yakni nilai yang berkaitan dengan wawasan dan ilmu pengetahuan.
    Nilai seni, yakni nilai yang bersumber melalui unsur rasa pada setiap diri manusia, disebut juga nilai estetika atau keindahan.
    Karakteristik Nilai
    Sebuah nilai memiliki ciri-ciri khusus tertentu yang khas. Berikut merupakan ciri-ciri dan karakteristik nilai selengkapnya.

    Bersifat umum
    Berbentuk abstrak
    Konsepsional
    Nilai mengandung kualitas moral manusia
    Nilai tidak selamanya realistik
    Dalam bermasyarakat, nilai bersifat campuran
    Cenderung bersifat stabil

    Nama: Azzahra
    Kelas: 10 OTKP1

    Balas
  33. Terimakasih atas materi dan pengertiannya.
    Dengan saya membaca sekaligus memahami materi yang diberikan,saya bisa tau pengertian nilai-nilai menurut para ahli, jenis-jenis nilai dan penjelasannya,dan juga bisa mengetahui, memahami ciri²karakteristik nilai.

    Nama: Ririn Anggraeni Putri
    Kelas: X OTKP 2

    Balas
  34. Nama:Hani veronika
    Kelas:10 OTKP 2

    Terimakasih ibu atas materi dan pengertiannya
    Dengan saya membaca dan memahami materi yang ibu berikan saya bisa lebih tau pengertian nilai dan saya lebih tau apa itu macam-macam nilai dan ciri-ciri karakteristik nilai

    Balas
  35. Nama : Sapitri Puja Astuti
    Kelas : 10 Otkp 1
    Terima Kasih ilmu nya Pak/Bu, setelah saya membaca dan memahami tentang ( pengertian nilai menurut para ahli dan secara umum ), saya bisa mempelajari nya lebih paham.

    Balas
  36. Terimakasih ibu atas materi dan pengertiannya.
    Dengan saya membaca dan memahami materi yang ibu berikan, saya bisa tau tentang pengertian dan penjelasan nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara Indonesia.

    Nama : Hunafah
    Kelas : 10 OTKP 1

    Balas
  37. Nama=serla Susanti
    Kelas=10(AkL 1)
    Terimakasih ibu atas materi dan pengertiannya,dengan saya membaca dan memahami materi tentang pengertian nilai,macam macam nilai karakteristik nilai.
    Dengan saya membaca materi itu
    Saya tau apa nilai nilai

    Balas
  38. Nama : Holifah Melani
    Kelas : 10 AKL 1
    Terimakasih Bu atas materi dan pengertiannya, dengan saya membaca dan memahami materi tentang pengertian nilai, macam-macan nilai, karakteristik nilai. Dengan saya membaca materi itu saya bisa tau apa pengertian dari nilai-nilai.

    Balas
  39. Terimakasih ibu atas materi dan pengertiannya.
    Dengan saya membaca dan memahami materi yang ibu berikan,saya bisa tau pengertian nilai²menurut para ahli,dan saya bisa memahami apa saja jenis²nilai dan penjelasannya,dan saya juga bisa mengetahui dan memahami ciri²karakteristik nilai.

    NAMA:Sulis Dianti
    KELAS:10 OTKP1

    Balas
  40. Terimakasih atas materinya
    Dengan saya membaca dan memahami materi yang ibu berikan,saya bisa tau pengertian nilai²menurut para ahli,dan saya bisa memahami apa saja jenis²nilai dan penjelasannya,dan saya juga bisa mengetahui dan memahami ciri²karakteristik nilai.

    Balas
  41. Terimakasih atas materinya
    Dengan saya membaca dan memahami materi yang ibu berikan,saya bisa tau pengertian nilai²menurut para ahli,dan saya bisa memahami apa saja jenis²nilai dan penjelasannya,dan saya juga bisa mengetahui dan memahami ciri²karakteristik nilai.

    Nama : ROSYID PRASETYO MUNTAKIM
    10 TBSM 1

    Balas
  42. Ferdi alfiansyah
    10 tbsm 1

    Terimakasih atas materinya
    Dengan saya membaca dan memahami materi yang ibu berikan,saya bisa tau pengertian nilai²menurut para ahli,dan saya bisa memahami apa saja jenis²nilai dan penjelasannya,dan saya juga bisa mengetahui dan memahami ciri²karakteristik nilai.

    Balas
  43. Pengertian nilai menurut para ahli dan secara umum kata nilai dalam bangsa Inggris disebut valus,sedangkan dalam bahasa latin di sebut varere,secara bahasa ,nilai dapat diartikan sebagai harga.
    secara umum ,nilai adalah konsep yg menunjukan pada hal-hal yg di anggap berharga dalam kehidupan manusia,yaitu tentang apa,yg di anggap baik,layak,pantas,benar,penting,indah dan hendaki oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari contohnya emas anggap sebagai sesuatu yg bernilai karena i’a memberi bermanfaat,berguna serta berharga bagi manusia.
    definisi nilai secara umum
    pengertian nilai secara umum adalah konsep umum tentang sesuatu yg di anggap baik dimana keberadaannya dicita-citakan,diinginkan ,dihayati,dan di laksanakan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi tujuan kehidupan bersama di dalam kelompok masyarakat tersebut,mulai dari unit kesatuan sosial terkecil hingga yg terbesar,mulai dari linggup suku bangsa,hingga masyarakat internasional
    Nama : Rosyid Prasetyo Muntakim
    Kelas : 10 TBSM 1

    Balas
  44. Terimakasih ibu untuk materi dan penjelasannya setelah membaca dan dipahami saya jadi mengerti apa itu tentang pengertian nilai,Macam-macam nilai dan karakteristik nilai

    Nama:muhamad sopian
    Kls:10 titlb2

    Balas
  45. Pengertian nilai – Kata nilai dalam bahasa Inggris disebut value, sedangkan dalam bahasa latin disebut valere. Secara bahasa, nilai dapat diartikan sebagai harga. Namun lebih dari itu, definisi nilai bisa dijabarkan lebih luas dan berkaitan dengan sesuatu yang berharga dalam kehidupan manusia.

    Balas

Tinggalkan komentar