fungsi batang

7+ Fungsi Batang pada Tumbuhan Beserta Jenis-Jenis dan Bagiannya

Fungsi batang pada tumbuhan – Batang merupakan salah satu bagian penting pada tumbuhan. Menurut KBBI, pengertian batang adalah bagian tumbuhan yang berada di atas tanah, tempat tumbuhnya cabang dan ranting (pada tumbuhan berkeping satu tempat melekatnya pelepah daun). Batang memiliki beberapa fungsi penting bagi tumbuhan.

Bentuk batang menyerupai tabung atau silindris. Batang selalu bertambah panjang dan melakukan percabangan yang selama hidupnya tidak digugurkan. Biasanya batang tumbuh tegak di atas tanah menuju cahaya matahari (fototrop atau heliotrop), namun ada beberapa yang tumbuh di dalam tanah.

Berdasarkan anatominya, struktur batang pada tumbuhan terdiri dari jaringan epidermis, jaringan lentisel, jaringan korteks, dan jaringan stele. Batang juga disebut sebagai penghasil alat-alat lateral pada tumbuhan. Pada sebagian besar tanaman, alat lateral yang dihasilkan batang adalah daun dan tunas.

Batang memiliki beberapa fungsi penting bagi tumbuhan. Tentunya fungsi utama batang yang banyak diketahui adalah sebagai penyokong atau penopang tubuh tumbuhan agar dapat berdiri tegak. Selain itu ada juga fungsi batang yang lain, seperti sebagai alat respirasi, reproduksi serta transportasi.

(baca juga fungsi daun pada tumbuhan)

fungsi batang

Fungsi Batang pada Tumbuhan

Berikut akan dibahas apa saja peran dan fungsi batang pada tumbuhan beserta penjelasannya lengkap.

1. Sebagai Penopang Tumbuhan

Salah satu fungsi utama batang pada tumbuhan adalah sebagai penyokong atau penopang tubuh tumbuhan. Struktur batang yang kuat dan kokoh mampu untuk menopang seluruh tubuh tumbuhan sehingga membuat tumbuhan jadi dapat berdiri dengan tegak.

2. Mendukung Organ Lain pada Tumbuhan

Batang juga berfungsi sebagai pendukung organ-organ lain pada tumbuhan. Batang menjadi tempat bersandarnya organ lain seperti daun, buah, bunga, dan sebagainya. Jika tidak ada batang maka bagian-bagian lain dari tumbuhan tidak akan dapat hidup dengan baik.

3. Mengangkut Zat Makanan ke Seluruh Tubuh Tumbuhan

Fungsi batang yang tak kalah penting adalah sebagai jalur transportasi. Batang berfungsi untuk mengangkut zat makanan ke seluruh tubuh tumbuhan. Batang mengangkut air dan mineral dari akar ke daun, serta zat makanan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh.

4. Sebagai Alat Respirasi

Batang juga dapat digunakan sebagai alat respirasi pada tumbuhan. Batang menjadi pembantu proses pernapasan tumbuhan dikarenakan oksigen bisa masuk ke dalam insisel melalui batang. Untuk itulah batang juga penting dalam proses respirasi tumbuhan.

5. Menyimpan Cadangan Makanan

Fungsi batang berikutnya adalah untuk menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan saat kehabisan bahan makanan untuk dikonsumsi. Pada beberapa tumbuhan, batang berperan sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan yang ada pada tumbuhan. Contohnya ada pada tumbuhan sagu dan umbi.

6. Sebagai Alat Reproduksi Vegetatif

Batang memiliki fungsi sebagai alat perkembangbiakan vegetatif. Caranya adalah dengan menggunakan metode cangkok atau stek. Reproduksi vegetatif sendiri adalah cara reproduksi makhluk hidup secara aseksual atau tanpa adanya peleburan sel kelamin jantan dan betina.

7. Mengarahkan Tumbuhan Agar Memperoleh Cahaya yang Cukup

Batang juga berfungsi untuk mengarahkan tumbuhan agar dapat memperoleh cahaya matahari yang cukup, yang digunakan dalam melakukan proses fotosintesis. Batang akan memperluas area tumbuhan untuk efisiensi sehingga bisa mendapat cahaya matahari sesuai yang dibutuhkan.

Jenis-Jenis Batang

Berikut ini akan dibagikan apa saja macam-macam batang beserta contoh tumbuhan dan penjelasan lengkapnya.

  • Batang berkayu, yakni jenis batang dengan tekstur keras dan memiliki kambium yang berfungsi untuk membentuk kayu dan kulit kayu. Contohnya pohon jati, pohon trembesi, dan pohon mahoni.
  • Batang basah, yakni jenis batang yang lunak, berair, dan pendek, sehingga batangnya tidak keras dan mudah dipotong. Contohnya pohon pisang, kangkung, dan bayam.
  • Batang rumput, yakni jenis batang yang tidak berkayu, memiliki ruas-ruas yang nyata, dan berongga, serta umumnya pendek. Contohnya padi, jagung, dan tebu.

Nah itulah referensi mengenai fungsi batang pada tumbuhan beserta jenis-jenis batang dan bagian-bagian batang selengkapnya. Batang memiliki banyak fungsi pada tumbuhan, yang paling utama tentunya sebagai penyokong dan penopang seluruh tubuh tumbuhan agar dapat berdiri dengan tegak dan kokoh.

Tinggalkan komentar