3 Cara Membuat Magnet dan Penjelasan (Induksi, Gosokan, Arus Listrik)

3 Cara Membuat Magnet dan Penjelasan (Induksi, Gosokan, Arus Listrik)

Cara membuat magnet – Magnet adalah objek yang dapat menarik benda dari logam tertentu. Sifat magnet memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan di kedua ujungnya. Magnet bisa terbentuk secara alami, tapi dapat juga dibuat oleh manusia. Proses pembuatan magnet dapat dilakukan siapa saja. Bagaimanakah cara membuat magnet yang sederhana?

Secara umum pengertian magnet adalah benda yang dapat menarik benda lain yang terbuat dari bahan logam. Benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut sebagai benda magnetik. Magnet menghasilkan sebuah medan magnet yang ada di sekitar magnet itu sendiri.

Beberapa sifat-sifat magnet antara lain adalah memiliki dua kutub, membentuk medan magnet, serta dua kutub magnet yang sama akan saling tolak, tapi dua kutub magnet yang sama akan saling tarik. Dua kutub yang ada pada magnet ada di kedua ujungnya, yakni kutub utara dan kutub selatan, yang menjadi bagian magnet dengan sifat kemagnetan paling kuat..

Magnet bisa berupa magnet alami atau magnet buatan. Magnet alami terbentuk dari proses alamiah, sedangkan magnet buatan dibuat sendiri lewat campur tangan manusia. Lantas bagaimanakah cara-cara membuat magnet buatan yang mudah dan sederhana?

cara membuat magnet

Cara Membuat Magnet

Terdapat 3 cara untuk membuat magnet, yaitu dengan cara menggosokkan magnet tetap, dengan cara induksi, serta dengan menggunakan aliran arus listrik atau elektromagnetik.

1. Gosokan

Cara membuat magnet yang pertama adalah dengan menggosokkan magnet tetap. Cara ini pun sangat sederhana, yaitu menggosokkan besi atau baja dengan salah satu ujung magnet tetap. Arah gosokan harus dibuat searah agar magnet elementar yang ada pada sebuah besi atau baja menjadi teratur dan mengarah ke satu arah.

Penggosokkan harus dilakukan secara berulang dan searah. Lama kelamaan besi atau baja tersebut akan memiliki sifat kemagnetan dan menjadi magnet. Dua ujung besi atau baja yang digosok akan membentuk kutub-kutub magnet, sehingga bisa digunakan menarik benda magnetik lainnya.

2. Induksi

Selain dengan gosokan, cara membuat magnet yang juga cukup sederhana adalah dengan cara induksi. Caranya yaitu dengan meletakkan besi dan baja di dekat magnet tetap. Hal ini membuat magnet elementer yang ada pada besi atau baja akan terpengaruh dan terinduksi magnet sehingga menyebabkan letaknya teratur dan mengarah ke satu arah.

Jika dilakukan dengan benar, besi atau baja tersebut akan menjadi magnet sehingga dapat menarik benda magnetik lain. Ujung besi atau baja yang berdekatan dengan kutub magnet akan terbentuk kutub yanng berlawanan dengan kutub magnet penginduksi.

3. Arus Listrik (Elektromagnetik)

Cara terakhir untuk membuat magnet adalah dengan aliran arus listrik. Cara ini dilakukan dengan meliliti kawat pada besi atau baja yang dihubungkan dengan baterai. Hal ini membuat magnet elementer pada besi atau baja akan terpengaruh oleh aliran arus searah yang dihasilkan oleh baterai, sehingga menjadi teratur dan mengarah ke satu arah pula.

Besi atau baja akan menjadi magnet dan dapat menarik serbuk besi yang berada di dekatnya. Magnet yang dibuat dengan cara arus listrik disebut magnet listrik atau elektromagnet.

Nah itulah referensi 3 cara membuat magnet yaitu dengan cara gosokan, cara induksi, dan cara elektromagnetik dengan arus listrik. Kita pun bisa mempraktekan cara-cara membuat magnet tersebut di rumah, asalkan dengan langkah-langkah yang benar dan sesuai. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan.

Tinggalkan komentar