Macam-Macam Sejarah Menurut Jenis, Wilayah, Waktu dan Tujuannya

Macam-Macam Sejarah Menurut Jenis, Wilayah, Waktu dan Tujuannya

Macam-macam sejarah – Sejarah adalah studi tentang masa lalu, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia. Pembelajaran tentang sejarah sudah dilakukan manusia untuk meneliti peristiwa di masa lampau. Secara umum ada banyak jenis-jenis sejarah. Jenis dan macam-macam sejarah ini bisa ditinjau dari berbagai aspek mulai dari tempat terjadinya peristiwa hingga tujuan dipelajarinya sejarah tersebut.

Studi tentang sejarah di Indonesia juga dilakukan sejak Sekolah Dasar, baik sejarah kemerdekaan, sejarah kerajaan hingga sejarah pemerintahan. Salah satu ciri-ciri sejarah adalah memiliki teori dan metode untuk dipelajari. Belajar sejarah sangat penting untuk tahu hal-hal yang terjadi di masa lalu yang berkaitan dengan kehidupan kita sekarang. Tentunya banyak macam dan jenis sejarah yang ada hingga dibutuhkan klasifikasi dari ilmu sejarah tersebut.

(baca juga unsur-unsur sejarah)

macam-macam sejarah

Macam-Macam Sejarah

Sejarah memiliki banyak macam dan jenis yang sangat beragam dan bervariasi. Macam-macam sejarah dapat ditinjau menurut wilayahnya, bidangnya, isinya, tujuannya dan juga waktunya.

Macam-Macam Sejarah Menurut Wilayahnya

Ada 3 jenis-jenis sejarah berdasarkan wilayahnya, yaitu sejarah lokal atau regional, sejarah nasional dan sejarah global atau dunia.

1. Sejarah Lokal/Regional

Pengertian sejarah lokal atau regional adalah sejarah yang menggambarkan peristiwa di suatu daerah atau wilayah dalam lingkup lokal saja.

2. Sejarah Nasional

Pengertian sejarah nasional adalah sejarah yang menggambarkan peristiwa di suatu daerah yang memiliki dampak pada suatu negara atau secara nasional.

3. Sejarah Global/Dunia

Pengertian sejarah dunia atau global adalah sejarah yang menggambarkan peristiwa di suatu daerah yang memberi dampak secara global atau internasional.

Macam-Macam Sejarah Menurut Jenis-Jenisnya

Ada 5 macam-macam sejarah berdasarkan jenis-jenis dan bidangnya, di antaranya adalah sejarah politik, sejarah sosial, sejarah ekonomi, sejarah kebudayaan dan sejarah intelektual.

1. Sejarah Politik

Pengertian sejarah politik adalah peristiwa di masa lampau yang terjadi akibat masalah dan faktor politik meliputi tokoh politik, sistem pemerintahan, kekuasaan, kepemimpinan, peperangan dan lain-lain.

2. Sejarah Sosial

Pengertian sejarah sosial adalah peristiwa di masa lampau yang terkait dengan isu sosial yang berkembang di masyarakat di zaman tersebut.

3. Sejarah Ekonomi

Pengertian sejarah ekonomi adalah sejarah yang membahas tentang masalah dan konsep ekonomi yang terjadi di masa lampau.

4. Sejarah Kebudayaan

Pengertian sejarah kebudayaan adalah sejarah yang membahas tentang kehidupan manusia yang berkaitan dengan kebudayaan yang berkembang di masyarakat.

5. Sejarah Intelektual

Pengertian sejarah intelektual adalah sejarah yang membahas tentang ide, cara berpikir manusia terkait ideologi politik, idealisme jiwa, dan pandangan terhadap norma dan nilai di masyarakat.

Macam-Macam Sejarah Menurut Tujuannya

Ada 3 jenis-jenis sejarah jika diklasifikasikan berdasarkan konsep dan tujuannya, yaitu sejarah ilmiah, sejarah warisan serta sejarah ideologi.

1. Sejarah Ilmiah/Akademik

Pengertian sejarah ilmiah atau akademik adalah sejarah yang ditulis dengan gambaran yang jelas terkait masa lampau yang didasari oleh tradisi akademik.

2. Sejarah Warisan

Pengertian sejarah warisan adalah sejarah yang ingin memberi semangat dan eksistensi dimana ciri utamanya menampilkan kisah pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan.

3. Sejarah Ideologi

Pengertian sejarah ideologi adalah sejarah yang mempelajari masa lalu demi simbol-simbol dan lambang yang bisa digunakan pada zaman sekarang.

Macam-Macam Sejarah Menurut Isinya

Ada 3 jenis-jenis sejarah jika diklasifikasikan berdasarkan isi dan kebenarannya, yaitu sejarah palsu, sejarah rekayasa serta sejarah asli.

1. Sejarah Palsu

Pengertian sejarah palsu adalah sejarah yang tidak pernah ada, tetapi kemudian diadakan dan dibenarkan demi maksud dan tujuan tertentu.

2. Sejarah Rekayasa

Pengertian sejarah rekayasa adalah sejarah yang dibuat dengan rekayasa, artinya sejarah tersebut memang benar terjadi tapi dilakukan penambahan dan pengurangan dari sudut pandang dan sisinya.

3. Sejarah Asli

Pengertian sejarah asli adalah sejarah yang menceritakan sebuah sejarah yang terjadi tanpa adanya rekayasa dan betul-betul asli.

Macam-Macam Sejarah Menurut Waktunya

Ada 3 jenis-jenis sejarah jika diklasifikasikan berdasarkan waktunya, yaitu sejarah masa lalu, sejarah masa kini serta sejarah masa depan.

1. Sejarah Masa Lalu

Pengertian sejarah masa lalu adalah sejarah yang terjadi di masa lalu, sebagian besar masih tersembunyi  dan sebagian sudah diketahui pada masa kini.

2. Sejarah Masa Kini

Pengertian sejarah masa kini adalah sejarah yang sudah benar-benar diketahui pada masa kini dan dibuktikan dengan bukti-bukti yang kuat berupa tulisan maupun benda bersejarah.

3. Sejarah Masa Depan

Pengertian sejarah masa depan adalah sebuah peristiwa yang terjadi pada saat ini apabila ada usaha untuk menyajikanya.

Nah itulah info referensi mengenai macam-macam dan jenis-jenis sejarah yang ditinjau dari berbagai aspek dan kriteria misalnya berdasarkan waktu, wilayah, isi, tujuan dan bidangnya. Sejarah memang sangat luas dan terdiri dari banyak tipe dan jenis. Sekian zona referensi pengetahuan terbaru kali ini.

Tinggalkan komentar