unsur-unsur lingkaran

10+ Unsur-Unsur Lingkaran Beserta Bagian-Bagian dan Gambarnya

Unsur-unsur lingkaran – Lingkaran adalah sebuah garis melengkung yang kedua ujungnya bertemu pada jarak yang sama dari titik pusat. Kita tentu sering melihat benda berbentuk lingkaran di sekitar kita, seperti ban mobil atau jam dinding. Lingkaran juga memiliki sejumlah unsur dan karakteristik sebagai sebuah bidang.

Dalam ilmu matematika, pengertian lingkaran adalah sebuah bangun datar dua dimensi berupa kumpulan dari titik-titik yang membentuk sebuah lengkungan yang mempunyai panjang yang sama terhadap titik pusat lingkaran itu sendiri.

Lingkaran tentu memiliki unsur tertentu, misalnya jari-jari dan diameter. Keduanya diperlukan untuk menghitung luas atau keliling lingkaran.

Rumus Luas Lingkaran : π x r2
Rumus Keliling Lingkaran : π x d atau 2x π x r

Keterangan :

  • π = phi = 3,14 atau 22/7
  • d = diameter (2 kali jari-jari)
  • r = jari-jari lingkaran

Selain diameter dan jari-jari, ada juga unsur-unsur lingkaran yang lainnya yang mungkin jarang diketahui, misalnya seperti tali busur, juring, tembereng atau sudut pusat lingkaran.

(baca juga contoh soal matematika kelas 1 SD)

Unsur-Unsur Lingkaran

Berikut ini merupakan pembahasan apa saja unsur-unsur lingkaran beserta penjelasan lengkapnya.

unsur-unsur lingkaran

1. Titik Pusat Lingkaran

Titik pusat lingkaran adalah titik yang ada tepat di tengah-tengah lingkaran sebagai pusatnya.

2. Jari-Jari Lingkaran

Jari-jari lingkaran adalah sebuah garis yang menghubungkan antara titik pusat dengan titik lengkung pada keliling lingkaran. Umumnya jari-jari lingkaran ini disimbolkan dengan simbol r.

3. Diameter Lingkaran

Diameter lingkaran adalah sebuah garis panjang lurus yang menghubungkan antara dua titik pada keliling lingkaran yang melewati titik pusat lingkaran. Dapat disimpulkan bahwa panjang diameter adalah dua kali lipat panjang jari-jari lingkaran. Diameter lingkaran sering disimbolkan dengan d atau D.

4. Tali Busur Lingkaran

Tali busur lingkaran adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran, namun tidak melalui titik pusat lingkaran. Hal ini agak berbeda dengan diameter yang garisnya melalui titik pusat.

5. Juring Lingkaran

Juring lingkaran adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua garis jari-jari dan dibatasi oleh sebuah busur lingkaran yang letaknya diapit oleh dua buah jari-jari tersebut. Juring lingkaran juga dibagi menjadi dua, yaitu juring kecil dan juring besar. 

6. Tembereng Lingkaran

Tembereng lingkaran adalah luas daerah yang berada di dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur lingkaran dan tali busur lingkaran. 

7. Apotema Lingkaran

Apotema lingkaran adalah jarak terpendek antara tali busur dengan titik pusat lingkaran. Garis apotema umumnya berada tegak lurus dengan tali busur.

8. Busur Lingkaran

Busur lingkaran adalah garis lengkung yang merupakan bagian dari keliling lingkaran. Busur pada lingkaran dibagi menjadi dua, yaitu busur besar dan busur kecil. Disebut sebagai busur besar jika panjangnya lebih dari setengah lingkaran, sedangkan busur kecil jika panjangnya kurang dari setengah lingkaran.

9. Sudut Pusat Lingkaran

Sudut pusat lingkaran adalah sebuah sudut yang terbentuk dari perpotongan antara dua buah jari-jari yang ada di titik pusat lingkaran.

10. Sudut Keliling Lingkaran

Sudut keliling lingkaran adalah sebuah sudut yang terbentuk karena pertemuan antara dua tali busur dengan satu titik pada keliling lingkaran. 

Nah itulah referensi mengenai apa saja unsur-unsur lingkaran beserta pengertian dan penjelasannya lengkap. Semoga bisa menambah wawasan dan referensi mengenai bidang lingkaran.

5 pemikiran pada “10+ Unsur-Unsur Lingkaran Beserta Bagian-Bagian dan Gambarnya”

Tinggalkan komentar