Pengertian Majas Menurut Para Ahli Beserta Penjelasannya [Lengkap]

Pengertian Majas Menurut Para Ahli Beserta Penjelasannya [Lengkap]

Pengertian majas menurut para ahli – Apa yang dimaksud dengan majas? Secara umum pengertian majas adalah gaya bahasa yang digunakan dalam sebuah karya tulis. Macam-macam majas ada banyak mulai dari majas perbandingan hingga majas penegasan. Apapun jenisnya, asalkan sesuai dengan arti majas maka dapat disebut sebagai majas.

Majas menjadi instrumen penting dalam karya tulis seperti puisi atau prosa. Penggunaan majas akan memperkaya pemilihan kata dan bahasa dalam karya. Majas dapat digunakan secara tulis atau lisan dan dapat diartikan tergantung pada konteks penggunaannya.

Ada banyak macam-macam majas yang ada. Secara umum pembagian jenis-jenis majas dibagi menjadi empat kategori yakni majas perbandingan, majas pertentangan, majas sindiran dan majas penegasan. Tiap jenis macam memiliki banyak contoh majas yang lain yang bisa ditemukan di berbagai karya sastra.

Sebagai bentuk gaya bahasa, fungsi majas memang penting agar sebuah karya sastra menjadi lebih bagus dan indah dalam aspek pemilihan kata. Di bawah ini akan dijelaskan pengertian majas secara umum dan arti majas menurut para ahli selengkapnya.

(baca juga pengertian bahasa)

pengertian majas

Pengertian Majas

Berikut merupakan pengertian majas secara umum termasuk arti majas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan menurut Wikipedia Indonesia.

Pengertian Majas Secara Umum

Pengertian majas secara umum adalah gaya bahasa yang digunakan penulis untuk menyampaikan sebuah pesan secara imajinatif dan kias. Penggunaan majas bisa dalam bentuk tulisan atau lisan dan dipergunakan dalam suatu karya sastra dengan tujuan untuk mewakili perasaan dan pikiran penulis.

Majas dapat diartikan sebagai bahasa kias atau bahasa yang dipakai untuk menciptakan suatu efek tertentu. Arti majas mencakup bentuk retoris yang penggunaanya untuk memunculkan sebuah kesan imajinatif dari pendengar maupun pembaca.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Arti majas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yang lain atau sebuah kiasan.

Menurut Wikipedia

Majas dapat diartikan sebagai pemanfaatan kekayaan bahasa, pemakaian ragam tertentu untuk membuat sebuah karya sastra semakin hidup, keseluruhan ciri bahasa sekelompok penulis sastra dan cara khas dalam menyampaikan pikiran dan perasaan, baik secara lisan maupun tertulis.

Pengertian Majas Menurut Para Ahli

Berikut merupakan pengertian dan definisi majas menurut pendapat para ahli bahasa dan sastra, baik dari Indonesia maupun dari luar negeri.

Menurut Aminuddin

Pengertian majas menurut Aminuddin adalah sebuah gaya bahasa dan cara yang digunakan oleh pengarang dalam memeparkan gagasannya sesuai dengan tujuan dan efek yang ingin dicapai.

Menurut Prof. Dr. H. G. Tarigan

Definisi majas menurut Prof. Dr. H. G. Tarigan adalah cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian penulis.

Menurut Goris Keraf

Arti majas menurut Goris Keraf yaitu pengertian majas adalah suatu majas dikatakan baik bila mengandung tiga dasar, yaitu kejujuran, sopan-santun dan menarik.

Menurut Luxemburg dkk

Menurut Luxemburg dkk, pengertian majas adalah sesuatu yang memberikan ciri khas pada sebuah teks. Teks pada giliran tertentu dapat berdiri semacam individu yang berbeda dengan individu yang lain.

Nah demikianlah referensi pengertian majas beserta ciri-ciri majas dan penjelasan lengkapnya. Majas memang menjadi unsur penting dalam karya sastra dan bahasa, entah itu majas retorika, majas hiperbola, majas alegori, majas paradoks, majas ironi atau macam-macam majas yang lainnya.

Tinggalkan komentar