Tujuan Organisasi Menurut Para Ahli Beserta Fungsi dan Manfaatnya

Tujuan Organisasi Menurut Para Ahli Beserta Fungsi dan Manfaatnya

Tujuan organisasi – Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Organisasi dibentuk guna mencapai tujuan organisasi yang telah ditentukan sebelumnya. Fungsi dan manfaat organisasi bisa didapatkan oleh tiap anggotanya.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian organisasi adalah sebuah kesatuan (susunan dan sebagainya) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dan sebagainya) dalam perkumpulan dan sebagainya untuk tujuan tertentu.

Organisasi bisa bergerak dalam berbagai bidang seperti politik, pemerintahan, ekonomi, sosial, lingkungan, keprofesian dan lain-lain. Selain itu juga ada organisasi internasional antar negara-negara dunia misalnya seperti PBB, ASEAN, Uni Eropa, OPEC dan lain-lain.

Organisasi dibentuk guna mencapai sebuah tujuan tertentu. Tujuan dibentuknya organisasi telah disepakati sebagai landasan pembentukan organisasi tersebut. Selain itu juga terdapat fungsi dan manfaat organisasi yang bisa didapat secara pribadi untuk tiap-tiap anggotanya.

(baca juga pengertian manajemen)

tujuan organisasi

Tujuan Organisasi

Ada beberapa tujuan organisasi menurut para ahli, baik fungsi organisasi secara keseluruhan atau manfaat organisasi bagi anggota, sebagai berikut ini.

1. Mencapai Cita-Cita Bersama Kelompok

Salah satu tujuan utama organisasi adalah untuk mencapai cita-cita bersama kelompok dalam sebuah organisasi. Tiap anggota bergabung guna merealisasikan keinginan atau harapan bersama para anggota organisasi atau kelompok tersebut.

2. Mendapat Keuntungan Pribadi

Manfaat organisasi juga dirasakan oleh masing-masing individu atau anggota organisasi. Tiap anggota mendapat keuntungan pribadi dari organisasi, baik berupa pengalaman, koneksi, keahlian hingga mendapat keuntungan secara finansial sesuai aturan organisasi.

3. Memperoleh Target pada Waktu yang Ditentukan

Tujuan organisasi juga penting untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan di masa yang akan datang. Dalam hal ini ditentukan sebuah target yang akan dicapai oleh organisasi dalam jangka waktu tertentu, bisa berupa target keuntungan atau lainnya.

4. Mendapat Pengakuan Bagi Anggotanya

Organisasi juga bertujuan untuk mendapatkan pengakuan bagi anggotanya. Dengan bergabung pada sebuah organisasi, tiap anggota akan saling berinteraksi satu sama lain, saling mengenal dan mendapat pengakuan satu sama lain dalam ruang lingkup organisasi.

Fungsi Organisasi

Di bawah ini adalah beberapa fungsi organisasi yang berkaitan dengan tujuan dibentuknya organisasi meliputi fungsi pedoman, fungsi legitimasi, fungsi standarisasi, fungsi motivasi dan fungsi rasionalisasi.

Fungsi Pedoman

Tujuan organisasi bisa berfungsi sebagai pedoman. Artinya yakni tujuan tersebut menjadi panduan bagi anggota dalam mengadakan kegiatan-kegiatan yang menyalurkan usaha mereka dalam mewujudkan tujuan sehingga memberikan arah mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Fungsi Legitimasi

Fungsi legitimasi menjadi penting guna mencapai tujuan organisasi. Maksudnya tiap kegiatan yang dilakukan oleh sebuah organisasi, harus memiliki sumber legitimasi yang melindunginya sehingga organisasi mampu mengumpulkan dukungan dan pengakuan dari lingkungan di sekitarnya.

Fungsi Standarisasi

Selain itu juga ada fungsi standarisasi terkait tujuan organisasi. Standar ini yang mengatur mengenai standar tujuan yang diraih dalam organisasi setelah tujuan telah disepakati oleh semua anggotanya. Pada akhirnya akan diukur persentase keberhasilan berdasar standar yang ditetapkan terhadap realita yang dihasilkan.

Fungsi Motivasi

Tujuan organisasi juga berfungsi sebagai motivasi bagi anggotanya. Maksudnya anggota organisasi mendapatkan motivasi guna mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Ada banyak cara untuk memenuhi tujuan ini, salah satunya memberi bonus atau hadiah untuk memberi motivasi anggota guna mencapai tujuan organisasi.

Fungsi Rasionalisasi

Fungsi organisasi yang terakhir adalah sebagai fungsi rasionalisasi. Tujuan organisasi diperlukan guna membuat suatu organisasi menjadi tetap rasional dan bergerak menuju satu tujuan. Tujuan organisasi bergerak bersamaan dengan struktur organisasi yang telah dibuat dan ditetapkan.

Nah demikianlah pembahasan mengenai tujuan dan manfaat organisasi bagi anggotanya dan bagi organisasi secara keseluruhan. Dalam tiap organisasi memang selalu ada tujuan yang akan diraih dan diwujudkan serta menjadi alasan dibentuknya organisasi tersebut.

Tinggalkan komentar