jenis-jenis garis teknik

15+ Macam-Macam Garis dalam Seni Rupa dan Gambar Teknik [Lengkap]

Macam-macam garis – Kita tentu sering melihat gambar garis, baik itu garis lurus, garis lengkung atau jenis garis lainnya. Garis jadi komponen penting dalam berbagai bidang, utamanya pada kesenian dan teknik. Terdapat beberapa macam garis yang memiliki ciri-ciri dan makna masing-masing.

Pengertian garis adalah sekumpulan titik yang letaknya sejajar dan sama besar. Jika titik-titik tersebut dideretkan, maka akan terbentuk dimensi memanjang yang menonjol dan memiliki arah. Dimensi tersebut dapat menghasilkan bentuk yang bervariasi berupa panjang, pendek, halus, tebal, lurus, melengkung, dan lain sebagainya.

Garis memiliki berbagai jenis, misalnya jika didasarkan arahnya bisa dibedakan menjadi garis horizontal, garis vertikal dan garis diagonal. Dalam seni rupa, garis jadi salah satu komponen dan unsur seni rupa yang penting dalam membuat hasil karya visual yang bisa dipandang.

Selain pada bidang kesenian, garis juga diterapkan dalam gambar teknik. Pada gambar teknik, garis berfungsi untuk menjelaskan suatu prosedur atau sistem tertentu. Adapun garis yang digunkan bisa berupa garis tebal, garis tipis, garis putus-putus, dan lain sebagainya.

(baca juga macam-macam sudut)

Macam-Macam Garis Seni Rupa

Berikut merupakan macam-macam garis pada bidang seni rupa beserta ciri-ciri, gambar, dan penjelasannya.

1. Garis Horizontal

Garis horizontal merupakan jenis garis lurus yang mendatar. Jenis garis horizontal ini digambarkan memberikan sugesti ketenangan atau hal-hal yang tak bergerak.

2. Garis Vertikal

macam-macam garis - garis vertikal

Garis vertikal merupakan jenis garis lurus yang tegak dan berdiri. Garis vertikal memberi kesan mengenai stabilitas, kekuatan atau kemegahan suatu objek.

3. Garis Diagonal

macam-macam garis - garis diagonal

Garis diagonal merupakan jenis garis lurus yang miring, baik ke arah kanan atau ke arah kiri. Garis diagonal ini memberikan kesan sesuatu yang tidak stabil serta sesuatu yang bergerak atau dinamika.

4. Garis Lengkung

Garis lengkung merupakan jenis garis yang memiliki arah membelok dengan bentuk pola melengkung. Garis lengkung ini terdiri dari tiga macam bentuk garis, yaitu garis lengkung busur, garis lengkung kubah, dan garis lengkung mengapung.

5. Garis Zig Zag

macam-macam garis - garis zig zag

Garis zig-zag merupakan jenis garis majemuk yang berkelok-kelok pada arah yang berlawanan. Garis ini awalnya adalah garis lurus yang arahnya berbeda dan kemudian bersambung.

6. Garis Berombak

Garis berombak merupakan jenis garis majemuk berupa garis lengkung yang berkesinambungan. Jenis garis ini juga disebut sebagai garis lengkung S yang menggambarkan irama dan pergerakan.

7. Garis Gabungan

Garis gabungan adalah jenis garis yang lebih komplek, yaitu perpaduan dari beberapa unsur garis. Gabungan tersebut merupakan perpaduan antara garis lurus, garis lengkung dan garis majemuk.

Macam-Macam Garis Gambar Teknik

Berikut merupakan macam-macam garis pada bidang gambar teknik beserta ciri-ciri, gambar, dan penjelasannya.

jenis-jenis garis teknik

1. Garis Kontinu Tebal

Garis kontinu tebal merupakan garis yang digunakan sebagai garis-garis nyata, garis-garis suatu objek, dan juga garis-garis tepi.

2. Garis Kontinu Tipis

Garis kontinu tipis merupakan garis yang digunakan sebagai garis petunjuk, garis khayal, garis bantu, garis ukur, garis sumbu pendek, dan garis-garis arsir.

3. Garis Putus-Putus

Garis putus-putus merupakan garis yang berfungsi sebagai garis objek atau pun garis tepi yang terhalang.

4. Garis Setrip Titik Tipis

Garis setrip titik tipis merupakan garis yang digunakan sebagai garis sumbu, garis simetri, dan garis lintasan. Jika dipertebal pada bagian ujung dan belokannya, maka fungsinya sebagai garis bidang potong.

5. Garis Setrip Titik Tebal

Garis setrip titik tebal merupakan garis yang digunakan sebagai garis penunjuk permukaan pada objek yang memerlukan penanganan khusus.

6. Garis Setrip Titik dengan Titik Ganda

Garis setrip titik dengan titik ganda memiliki beberapa kegunaan, diantaranya yaitu sebagai penunjuk bagian yang berdampingan, sebagai batas-batas kedudukan objek yang bergerak, dan sebagai garis pada batang profil.

7. Garis Kontinu Bebas

Garis kontinu bebas atau tipis merupakan garis yang digunakan sebagai garis-garis pembatas pada bagian objek yang dipotong.

8. Garis Kontinu Zig Zag

Garis kontinu zig zag memilki fungsi yang sama dengan garis kontinu bebas atau tipis, yaitu sebagai garis-garis pembatas dari bagian suatu objrk yang dipotong.

Nah itulah referensi jenis-jenis garis pada bidang seni rupa dan gambar teknik beserta gambar dan penjelasannya lengkap. Semoga bisa menambah referensi dan wawasan.

Satu pemikiran pada “15+ Macam-Macam Garis dalam Seni Rupa dan Gambar Teknik [Lengkap]”

  1. Alhamdulillah sudah menambah wawasan saya ,atas pemjelasan pembahasan tentang garis dalam bidang seni rupa

    Balas

Tinggalkan komentar