Pengertian Informasi Menurut Para Ahli Beserta Arti dan Definisinya

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli Beserta Arti dan Definisinya

Pengertian informasi – Apa itu informasi? Tiap hari kita mendapat informasi baru, saat membaca koran, melihat TV atau mengamati kondisi sekitar kita. Namun tahukah kamu apa yang dimaksud informasi itu? Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai arti dan definisi informasi secara umum dan menurut para ahli.

Informasi menjadi sebuah hal yang sangat penting saat ini. Informasi berbeda dengan data. Perbedaan data dan informasi adalah, jika data adalah fakta yang masih belum disimpulkan, sedangkan sebuah informasi adalah data yang sudah dihimpun, diolah dan disimpulkan.

Ada banyak fungsi informasi di antaranya yaitu menjadi sumber pengetahuan, sebagai media hiburan, menambah wawasan, sebagai sumber berita, untuk mempengaruhi opini, untuk mempersatukan pendapat dan lain sebagainya. Tujuan informasi penting untuk menyampaikan suatu hal yang terjadi atau sebuah fakta.

Teori mengenai definisi informasi banyak dikemukakan oleh para ahli bahasa, sastra dan komunikasi. Secara umum pengertian informasi menurut para ahli mengarah pada definisi yang sama, meski ada beberapa poin dan unsur yang ditonjolkan masing-masing.

(baca juga pengertian teknologi)

pengertian informasi menurut para ahli

Pengertian Informasi

Berikut akan dibagikan pengertian informasi, baik menurut KBBI, menurut para ahli dan artinya secara umum beserta penjelasannya.

Arti Informasi Menurut KBBI

Pengertian informasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah penerangan, pemberitahuan atau kabar dan berita tentang sesuatu.

Definisi Informasi Secara Umum

Pengertian informasi secara umum adalah sebuah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi berarti sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan dikelola sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang mudah dimengerti dan bermanfaat bagi penerimanya.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa definisi dan pengertian informasi menurut para ahli di bidangnya masing-masing, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Menurut Raymond McLeod

Pengertian informasi menurut Raymond McLeod adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saatu ini atau di masa mendatang.

Menurut Jogiyanto HM

Arti informasi merupakan sebuah hasil dari pengolahan data ke dalam bentuk yang lebih bermanfaat bagi penerimanya yang menggambarkan kejadian-kejadian yang nyata untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.

Menurut Romney dan Steinbart (2009)

Romney dan Steinbart mendefinisikan arti informasi sebagai data yang telah diproses dan diorganisasikan, sehingga dapat memberikan arti atau manfaat bagi orang yang menggunakannya.

Menurut George R. Terry

Pengertian informasi menurut George R. Terry merupakan suatu data penting yang memberikan pengetahuan yang berguna bagi penerimanya.

Menurut Azhar Susanto (2004)

Menurut Azhar Susanto (2004), definisi informasi adalah suatu hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat bagi penerimanya.

Menurut Stephen A. Moscove & Mark G. Simkin

Dalam buku Accounting Information Systems, pengertian informasi adalah suatu bentuk yang nyata, yang mempunyai nilai manfaat, sehingga dapat digunakan untuk mengambil keputusan.

Menurut Tata Sutabri

Informasi merupakan sebuah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

Menurut Jogiyanto HM. (1999)

Definisi informasi merupakan sebuah hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

Menurut Gelinas & Dull (2012)

Dalam bukunya, Gelinas dan Dull mengatakan bahwa pengertian informasi adalah sebuah data yang disajikan dalam bentuk formulir. Data tersebut memiliki kegunaan dalam pembuatan atau pengambilan keputusan.

Menurut McFadden (1999)

McFadden dkk mengemukakan pendapat yang mendefinisikan pengertian informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.

Menurut George H. Bodnar (2000)

Menurut George H. Bodnar, pengertian informasi secara umum adalah data yang diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat”

Menurut Lani Sidharta (1995)

Pengertian informasi secara singkat adalah data yang disajikan dalam bentuk yang berguna untuk digunakan membuat suatu keputusan.

Menurut Anton M. Meliono (1990)

Pengertian informasi menurut Anton M. Meliono adalah data yang telah diproses untuk suatu tujuan tertentu, yakni untuk menghasilkan sebuah keputusan.

Menurut Gordon B. Davis (1991)

Arti informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.

Menurut Barry E. Cushing

Informasi adalah suatu hal yang menunjukkan hasil suatu proses pengolahan data. Hasil pengolahan data tersebut terorganisir dan mempunyai manfaat atau berguna bagi penerimanya.

Menurut Drs. The Liang Gie

Informasi adalah keterangan dari rangkaian kata, gambar, kalimat, dan yang lainnya mengandung pengertian, pengetahuan, dan buah pikir lainnya yang bisa digunakan dalam pembuatan keputusan tepat sesuatu apa yang ada pada kenyataan.

Menurut Robert N. Anthony & John Dearden

Pengertian informasi adalah sesuatu yang mempunyai sifat nyata dari data sehingga bisa digunakan dalam menambah suatu pengetahuan bagi penerima.

Menurut Firmanzah

Menurut pendapat dari Firmanzah, pengertian informasi secara umum dapat didefinisikan sebagai data dan angka yang sudah diberi makna dan nilai.

Menurut Burch & Strater

Menurut Burch dan Strater, informasi didefinisikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan data yang ditujukan untuk memberikan keterangan atau pengetahuan tertentu mengenai suatu hal.

Menurut Joner Hasugian

Informasi adalah sebuah konsep universal dalam jumlah muatan besar yang meliputi banyak hal dalam ruang lingkupnya masing-masing dan terekam pada sejumlah media.

Menurut Kusrini

Pengertian informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ni atau mendukung sumber informasi.

Menurut Robert G. Murdick

Informasi terdiri atas data yang telah diolah atau diproses, atau sebaliknya yang digunakn untuk tujuan penjelasan atau penerangan, uraian, atau sebgai sebuah dasar untuk pembuatan ramalan atau pembuaatan keputusan.

Menurut Kenneth C. Laudon

Menurut Kenneth C. Laudon, definisi informasi dapat diartikan sebagai daya yang telah dibentuk menjadi sebuah bentuk yang bermanfaat yang dapat digunakan oleh manusia.

Nah itulah referensi pengertian informasi menurut para ahli, arti informasi menurut KBBI serta definisi informasi secara umum. Di era modern seperti sekarang, akses informasi terbaru lebih mudah didapatkan seiring dengan kemajuan teknologi.

Tinggalkan komentar