Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli Beserta Arti dan Definisinya

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli Beserta Arti dan Definisinya

Apa itu teknologi? Kita tentu sering mendengar kata itu dan mungkin menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Namun apakah kita tahu apa sebenarnya pengertian teknologi? Apa pula pengertian teknologi informasi dan pengetahuan?

Arti kata Teknologi berasal dari bahasa Yunani yakni technologia. Kata techno artinya keahlian, sementara kata logia artinya pengetahuan. Pada awalnya makna teknologi terbatas pada benda-benda berwujud seperti peralatan- peralatan atau mesin, namun kemudian berkembang pada metode, ilmu atau gagasan pula.

Teknologi pun tidak terbatas pada perangkat canggih saja, seperti smartphone, laptop atau aplikasi, tapi juga bisa berupa peralatan sederhana seperti alat makan atau pertukangan. Yang jelas alat yang dibuat untuk membantu memudahkan kehidupan manusia masuk kategori teknologi.

Manusia sangat terbantu dengan adanya teknologi. Di era globalisasi, banyak teknologi canggih terbaru dan termutakhir yang sangat membantu kehidupan manusia. Diprediksi ke depannya, teknologi akan menjadi semakin maju dan canggih.

(baca juga pengertian globalisasi)

pengertian teknologi

Pengertian Teknologi

Apa yang dimaksud teknologi? Berikut ini akan dibagikan pengertian-pengertian teknologi secara umum dan menurut para ahli serta artinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Definisi Teknologi Secara Umum

Pengertian teknologi secara umum adalah alat, mesin, cara, proses, kegiatan ataupun gagasan yang dibuat untuk mempermudah aktifitas manusia dalam kehidupan sehari hari. Manfaat teknologi dibuat adalah untuk memudahkan kehidupan manusia menjadi lebih baik dan mudah.

Arti Teknologi Menurut KBBI

Pengertian teknologi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi juga dapat diartikan sebagai metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis atau ilmu pengetahuan terapan.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa definisi dan pengertian teknologi menurut pendapat para ahli dan pakar di bidangnya masing-masing.

Menurut M. Maryono

Pengertian teknologi adalah pengembangan dan penerapan berbagai peralatan atau sistem untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari- hari.

Menurut Jacques Ellil

Definisi teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.

Menurut Gary J. Anglin

Gary J. Anglin berpendapat bahwa teknologi adalah penerapan ilmu- ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan mensistem untuk memecahkan masalah.

Menurut Read Bain

Teknologi menurut pendapata Read Bain di tahun 1937 adalah mencakup semua alat, mesin, peralatan, perlengkapan, senjata, perumahan, pakaian, transportasi dan komunikasi perangkat dan juga keterampilan yang akan memungkinkan kita sebagai manusia bisa memproduksinya.

Menurut Naisbit

Naisbitt (2002) mengutip pemahaman tentang teknologi yang merupakan obyek serta benda-benda, serta bahan dan bentuk juga berbeda dari manusia biasa.

Menurut Miarso

Pendapat Miarso pada tahun 2007, arti teknologi adalah suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, dimana produk yang tidak terpisah dari produk lain yang sudah ada. Hal itu juga menyatakan bahwa teknologi merupakan bagian integral dari yang terkandung dalam sistem tertentu.

Menurut Ursula Franklin

Definisi teknologi merupakan sebuah cara praktis untuk menggambarkan bagaimana kita semua sebagai manusia membuat hal-hal di suatu tempat di sini.

Menurut Capra

Arti teknologi menurut Capra (2004) adalah salah satu pembahasan sistematis seni terapan atau pertukangan yang mengacu pada literatur Yunani yang menyebutkan tentang technologia.

Menurut Djoyohadikusumo

Pengertian teknologi sebagai bidang yang berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan dan ilmu teknik atau rekayasa. Pada dasarnya dapat disimpulkan bahwa teknologi dapat dikatakan memiliki dua dimensi, yaitu dimensi teknik dan ilmu pengetahuan dimensi.

Menurut Sardar

Teknologi menurut Sardar (1987) adalah sarana untuk memecahkan masalah mendasar dari peradaban manusia. Tanpa penggunaan teknologi, maka akan banyak menyebabkan masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan baik dan sempurna.

Menurut Rogers

Pengertian teknologi adalah desain langkah-langkah penting untuk meminimalkan keraguan tentang hubungan sebab akibat dalam mencapai hasil yang diharapkan.

Menurut Poerbahawadja Harahap

Poerbahawadja Harahap berpendapat bahwa penggunaan kata teknologi dasarnya mengacu pada ilmu yang meneliti bagaimana bekerja di bidang teknik, serta mengacu juga pada ilmu yang digunakan di pabrik-pabrik atau industri.

Menurut Toynbee

Arti teknologi adalah karakteristik dari keberadaan kemuliaan manusia, di mana ia membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup hanya untuk makan, tetapi membutuhkan lebih dari itu. Teknologi dapat mengaktifkan konstituen non-materi dari kehidupan manusia, perasaan, ide-ide, pikiran, intuisi, dan juga ideal.

Menurut Manuel Castells

Manuel Castells (2004) mengemukakan pendapat bahwa teknologi adalah kumpulan alat, aturan dan prosedur adalah penerapan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan tertentu dalam kondisi yang dapat memungkinkan pengulangan.

Menurut Elul

Pengertian teknologi menurut Elul adalah pemimpin secara keseluruhan dan memiliki metode rasional, karakteristik khas efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.

Menurut Saliman

Arti teknologi menurut Saliman pada tahun 1993, yaitu menyatakan bahwa teknologi adalah sesuatu ilmu pengetahuan dan pengembangan industri.

Menurut Sudarsono

Sudarsono (1993) berpendapat bahwa definisi teknologi secara umum merupakan suatu ilmu pengetahuan dan perkembangan dalam sebuah industri

Menurut Merriam Webster

Arti teknologi menurut Merriam Webster menyatakan bahwa teknologi adalah sebuah aplikasi atau implementasi ilmu pengetahuan praktis. Aplikasi praktis kadang-kadang diarahkan juga untuk ruang lingkup tertentu.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pengertian teknologi informasi komunikasi (biasa disingkat TIK) adalah istilah yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK adalah teknologi yang memproses, mengolah dan memproduksi informasi serta menyebarluaskan dan mempublikasikannya.

Nah demikian referensi pengertian teknologi menurut para ahli dan definisi teknologi secara umum. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan pengetahuan.

Tinggalkan komentar