Objek Kajian Sosiologi Beserta Ruang Lingkup dan Penjelasannya

Objek Kajian Sosiologi Beserta Ruang Lingkup dan Penjelasannya

Objek kajian sosiologi – Sosiologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hubungan, sikap, dan perilaku masyarakat beserta interaksinya dengan individu atau kelompok lain. Sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi memiliki ruang lingkup dan objek kajian tersendiri meliputi objek material dan objek formal.

Beberapa sifat dan ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan antara lain bersifat empiris, teoritisi, kumulatif, dan non-etis. Ilmu sosiologi harus disusun berdasarkan hasil pengamatan dan observasi sesuai fakta, serta teorinya terus diperbarui mengikuti perkembangan zaman agar tetap relevan sesuai waktunya.

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang masyarakat sebagai keseluruhan dan bukan dilihat dari tiap-tiap individunya. Oleh karena itu, ruang lingkup ilmu sosiologi dapat dilihat dalam dua bentuk, yakni sebagai masyarakat sebagai sistem sosial, serta sebagai kebudayaan hasil interaksi manusia.

Objek kajian sosiologi ditekankan pada masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat itu sendiri. Adanya objek kajian menjadi batasan-batasan dalam mempelajari ilmu sosiologi sebagai sebuah studi pengetahuan.

(baca juga peran dan fungsi sosiologi)

objek kajian sosiologi

Objek Kajian Sosiologi

Secara umum terdapat 2 objek kajian sosiologi yakni objek material dan objek formal. Berikut merupakan pembahasan mengenai objek kajian dan ruang lingkup sosiologi beserta penjelasannya.

1. Objek Material Sosiologi

Objek kajian sosiologi yang pertama adalah objek material. Yang dimaksud objek material merupakan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antar manusia yang dapat mempengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri.

Pada objek material, sosiolog mempelajari mengenai gejala-gejala sosial dalam masyarakat serta proses interaksi antar manusia, baik interaksi individu dengan individu, interaksi individu dengan kelompok, serta interaksi kelompok dengan kelompok.

2. Objek Formal Sosiologi

Objek kajian sosiologi yang kedua adalah objek formal. Yang dimaksud objek formal merupakan hal-hal yang berkaitan dengan manusia sebagai makhluk sosial atau sebagai masyarakat. Artinya dibahas mengenai pola dan perilaku masyarakat secara keseluruhan.

Objek formal menjelaskan hubungan antar manusia serta proses yang ditimbulkannya di dalam lingkungan masyarakat, termasuk dalam hubungan sebab-akibat yang terjadi akibat suatu perilaku yang dilakukan secara ilmiah dan faktual.

Selain objek material dan objek formal, juga ada beberapa teori mengenai 2 objek kajian sosiologi lainnya yaitu objek budaya dan objek agama, sebagai berikut :

  • Objek budaya, yakni objek kajian yang berkaitan dengan norma kebudayaan, yang menjadi faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.
  • Objek agama, yakni objek kajian yang berkaitan dengan norma keagamaan, yang menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat, dan banyak juga hal-hal ataupun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.

Nah itulah referensi objek kajian sosiologi dalam masyarakat beserta penjelasannya lengkap. Terdapat 2 objek kajian utama dalam ilmu sosiologi yakni objek material dan objek forma, serta tambahan 2 objek dari teori lain yakni objek budaya dan objek agama.

Tinggalkan komentar