5+ Struktur Teks Prosedur Beserta Kaidah Kebahasaan & Penjelasannya

5+ Struktur Teks Prosedur Beserta Kaidah Kebahasaan & Penjelasannya

Struktur teks prosedur – Pernahkah kamu membaca teks prosedur? Teks prosedur adalah jenis teks yang berisi informasi cara melakukan suatu hal. Dalam penulisan teks prosedur juga ada struktur dan kaidah kebahasaan yang harus diperhatikan juga.

Secara umum, pengertian teks prosedur adalah jenis teks yang berisi cara-cara untuk membuat atau melakukan suatu hal, yang dijelaskan menurut metode langkah per langkah secara runtut dan detail. Jenis teks ini membantu kita untuk melakukan suatu hal dengan benar dan tepat.

Umumnya tujuan teks prosedur yang utama adalah memberi informasi dan penjelasan terkait langkah-langkah melakukan suatu hal. Teks prosedur juga bisa dibedakan menjadi teks prosedur sederhana, kompleks, dan protokol, yang tiap jenisnya memiliki tahap kerumitan yang berbeda.

Teks prosedur harus bersifat objektif, logis, aktual, dan akurat. Penjelasan pada teks prosedur harus dijabarkan secara rinci dan berurutan hingga informasinya bisa diterima oleh pembacanya dengan baik. Selain itu struktur teks prosedur juga harus disusun dengan benar.

(baca juga struktur teks biografi)

struktur teks prosedur

Struktur Teks Prosedur

Dalam menulis teks prosedur, ada struktur-struktur tertentu yang harus diperhatikan. Berikut ini merupakan struktur teks prosedur beserta pengertian dan penjelasannya.

1. Judul

Struktur teks prosedur yang pertama adalah judul. Maksud judul adalah judul utama dari langkah-langkah yang akan dikerjakan. Adanya judul membuat kita tahu apa yang akan dibahas dalam teks. Misalnya ‘Cara Membuat Kopi’, ‘Cara Mengedit Foto’, dan lain sebagainya.

2. Tujuan (Kalimat Pengantar)

Selanjutnya ada struktur tujuan atau kalimat pengantar. Bagian ini berisikan kalimat pembuka dari penulis mengenai latar belakang dibuatnya teks prosedur. Selain itu juga dijelaskan apa fungsi dan tujuan disusunnya teks prosedur ini.

3. Bahan dan Peralatan

Bagian berikutnya adalah bahan dan peralatan. Dalam bagian ini dijelaskan apa saja bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan mengenai langkah-langkah yang akan dibahas. Dijelaskan juga metode apa yang digunakan dalam teks prosedur tersebut.

4. Langkah-Langkah

Struktur prosedur yang utama adalah langkah-langkah. Bagian ini menjelaskan tahapan proses teks prosedur mengenai aktivitas tertentu yang dijelaskan secara rinci dan berurutan dari awal hingga akhir. Bagian ini jadi inti utama dari teks prosedur.

5. Penutup

Struktur teks prosedur yang terakhir adalah bagian penutup. Bagian ini berisi kalimat penutup dari penulis. Selain itu ditekankan juga keuntungan dan motivasi untuk melakukan langkah-langkah yang telah dijelaskan. Bagian ini bersifat optional, boleh ada dan boleh tidak disertakan.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Sebagai salah satu jenis teks, tentu juga ada kaidah kebahasaan yang khas pada teks prosedur ini. Berikut ini merupakan kaidah kebahasaan teks prosedur selengkapnya.

  • Kalimat imperatif atau perintah, yang berfungsi untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu.
  • Kalimat deklaratif atau pernyataan, yang berfungsi untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu.
  • Kalimat interogatif atau pertanyaan, yang berfungsi untuk meminta informasi tentang sesuatu.
  • Konjungsi temporal tau kata penghubung, yang berfungsi menyatakan waktu kegiatan yang hadir dan bersifat kronologis.
  • Verba material, yang mengacu pada tindakan fisik atau aktivitas pekerjaan yang harus dilakukan.
  • Verba tingkah laku, yang mengacu pada tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.
  • Partisipan manusia, merupakan semua manusia yang ikut serta dalam teks prosedur tersebut.
  • Bilangan penanda, yang berfungsi sebagai penanda urutan secara kronologis kegiatan.

Nah itulah referensi 5 struktur teks prosedur beserta pengertian dan penjelasan lengkapnya. Secara umum bagian-bagian teks prosedur terdiri dari judul, tujuan (kalimat pengantar), bahan dan peralatan, langkah-langkah, dan penutup.

Tinggalkan komentar