Pengertian Pasar Menurut Para Ahli dan Definisinya Secara Umum

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli dan Definisinya Secara Umum

Pengertian pasar menurut para ahli – Apa yang dimaksud pasar? Arti pasar dapat diartikan sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual. Meski begitu, definisi pasar secara umum dapat diartikan lebih luas berdasarkan teori ekonomi yang berlaku. Ada banyak juga jenis-jenis pasar yang ada dilihat dari strukturnya.

Kita tentu tidak asing dengan pasar. Tiap hari ibu kita berbelanja kebutuhan pokok di pasar tradisional. Kita juga sering membeli keperluan lain di supermarket yang merupakan pasar modern. Secara umum arti pasar memang merupakan tempat konsumen membeli barang atau produk tertentu.

Ciri-ciri pasar antara lain adalah ada barang atau jasa yang diperjualbelikan, terjadi transaksi jual beli, adanya proses permintaan atau tawar menawar serta terjadi interaksi antara penjual dan pembeli. Dalam pasar tentu ada penjual dan pembeli atau konsumen.

Ada banyak jenis-jenis pasar. Dari cara pengelolaannya ada pasar tradisional dan pasar modern. Dari wilayahnya ada pasar lokal, pasar daerah, pasar nasional dan pasar internasional. Berdasarkan strukturnya macam-macam pasar terdiri dari pasar persaingan sempurna, pasar persaingan tidak sempurna, pasar monopoli dan pasar oligopoli.

(baca juga pengertian pasar modal)

pengertian pasar menurut para ahli

Pengertian Pasar

Apa itu pasar? Di bawah ini akan dijelaskan pengertian pasar secara umum dan definisinya menurut para ahli sesuai dengan prinsip ekonomi selengkapnyaa.

Definisi Pasar Secara Umum

Pengertian pasar secara umum adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur tempat usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang atau alat tukar yang berlaku.

Arti Pasar Menurut KBBI

Pengertian pasar menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah tempat orang berjual beli. Definisi lainnya menurut KBBI, pasar adalah kekuatan penawaran dan permintaan, tempat penjual yang ingin menukar barang atau jasa dengan uang dan pembeli yang ingin menukar uang dengan barang atau jasa.

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dan pengertian pasar menurut para ahli ekonomi beserta penjelasannya, baik ahli dari dalam negeri maupun ahli dari luar negeri selengkapnya.

Menurut William J. Stanton

 

Arti pasar menurut William J. Stanton adalah sekumpulan orang yang memiliki keinginan untuk puas, uang yang digunakan untuk berbelanja, serta memiliki kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.

Menurut H. Nystrom

Pasar menurut H. Nystrom diartikan sebagai tempat penyaluran barang dan jasa dari tangan produsen ke konsumen. Singkatnya, pengertian pasar adalah tempat transaksi barang dan jasa antara produsen dan konsumen.

Menurut Kotler dan Amstrong

Definisi pasar menurut Kotler dan Amstrong merupakan seperangkat pembeli aktual dan juga potensial dari suatu produk atau jasa. Ukuran dari pasar itu sendiri tergantung dengan jumlah orang yang menunjukkan tentang kebutuhan, mempunyai kemampuan dalam bertransaksi.

Banyak pemasar yang memandang bahwa penjual dan pembeli sebagai sebuah pasar, dimana penjual tersebut akan mengirimkan produk serta jasa yang mereka produksi dan juga guna menyampaikan atau mengkomunikasikan kepada pasar. Sebagai gantinya, mereka akan mendapatkan uang dan informasi dari pasar tersebut.

Menurut Simamora

Pengertian pasar menurut Simamora adalah sekumpulan orang yang memiliki kebutuhan dan keinginan terhadap produk tertentu, memiliki kemampuan dan kemauan untuk membeli produk tersebut dan memiliki kesempatan untuk memutuskan membeli sebuah produk.

Menurut Philip dan Duncanadan

Pengertian pasar diartikan sebagai sesuatu yang digunakan untuk menempatkan barang yang dibutuhkan oleh konsumen. Singkatnya pasar merupakan tempat untuk meletakkan barang-barang untuk dibeli konsumen.

Menurut Atep Adya Barata

Arti pasar menurut Atep Adya Barata adalah tempat dimana berkumpulnya penjual dan calon pembeli, baik secara langsung maupun tak langsung saling berhubungan melaksanakan pertukaran, baik barang maupun jasa.

Menurut Handri Ma’aruf

Menurut Handri Ma’ruf, pengertian pasar ada tiga. Yang pertama dapat diartikan tempat yakni sebuah tempat untuk bertemunya para penjual dengan pembeli. Yang kedua dapat diartikan sebuah penawaran dan permintaan yakni tempat terjadinya kegiatan transaksi jual beli.

Yang ketiga pengertian pasar diartikan sebagai sekumpulan anggota masyarakat yang mempunyai kebutuhan serta daya beli. Pasar merupakan sekumpulan orang yang berusaha untuk mendapatkan jasa atau barang serta mempunyai kemampuan untuk membeli barang tersebut.

Menurut Kotler

Pendapat Kotler pada tahun 2002 mengemukakan bahwa pasar adalah suatu tempat fisik dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk mempertukarkan barang.

Menurut America Marketing Association

Definisi pasar menurut America Marketing Association atau Asosiasi Pemasaran Amerika adalah tempat pelaksanaan kegiatan usaha perdagangan yang kemudian diarahkan secara khusus untuk barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Menurut Dr. Winardi SE

Definisi pasar menurut Dr. Winardi SE dapat diartikan sebagai sebuah tempat dimana secara ideal harga-harga pada waktu tertentu adalah sama untuk semua penjual dan pembeli.

Nah demikian referensi ekonomi mengenai pengertian pasar beserta arti dan definisi pasar secara umum serta menurut para ahli selengkapnya. Kita mungkin mengenal pasar sebagai tempat membeli kebutuhan pokok, namun sebenarnya pengertian pasar secara luas dapat diartikan lebih dari hal tersebut.

Tinggalkan komentar