Pengertian Abstrak Menurut Para Ahli, KBBI dan Secara Umum

Pengertian Abstrak Menurut Para Ahli, KBBI dan Secara Umum

Secara umum, pengertian abstrak adalah penyajian suatu dokumen secara ringkas/singkat, akurat dan jelas untuk mewakili isi atau inti suatu dokumen dan sesuai dengan dokumen aslinya tanpa menambahkan tafsiran atau kritikan.

Mudahnya, abstrak adalah suatu penjelasan singkat mengenai isi pada suatu artikel atau tulisan. Dalam dunia penelitian, abstrak adalah tulisan singkat yang berisi gambaran secara menyeluruh mengenai aktivitas / kegiatan penelitian yang dilakukan guna membantu seorang pembaca agar lebih mudah dan cepat dalam memahami sebuah tulisan, dokumen maupun karya ilmiah.

Biasanya abstrak ini terdapat pada awal bagian suatu tulisan atau dokumen sebelum bab pembahasan yang akan menjelaskan secara singkat sekaligus sebagai informasi awalan bagi para pembaca.

Secara khusus, abstrak didefinisikan sebagai sesuatu yang dilihat tidak mengacu kepada obyek atau peristiwa khusus. Abstraksi menyajikan secara simbolis atau secara konseptual serta secara imajinatif sesuatu yang tidak dialami secara langsung. Jadi, abstrak adalah kata yang merujuk kepada sifat, keadaan dan kegiatan yang dilepas dari objek tertentu.

pengertian abstrak

Pengertian Abstrak Menurut Para Ahli

Selain ulasan secara umum diatas, ada beberapa pendapat para ahli dan pakar yang menjelaskan apa itu abstrak. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian abstrak menurut para ahli secara lengkap,

Maizel (Smith: Singer, 1984)

Abstrak adalah Ringkasan yang disajikan secara singkat dan jelas bagian yang memuat tujuan, cakupan/jangkauan dan temuan dari suatu artikel (Maizel, Smith: Singer, 1984).

Lancaster (1991)

Abstrak adalah representasi yang ringkas tetapi akurat dari isi suatu dokumen. Ia membedakan abstract dari extract, karena sebuah extract adalah versi singkat (abbreviated version) dari sebuah dokumen yang dibuat dengan jalan mengambil kalimat-kalimat dari dokumen tersebut. Sedangkan abstract, walaupun memakai berbagai kalimat yang ada dalam dokumen, merupakan sepenggal teks yang diciptakan oleh si pembuat abstrak, bukan kutipan langsung dari penulisnya.

Davis dan Rush

Astrak “A” adalah sebuah “Set” dari kalimat-kalimat “S” sedemikian rupa sehingga A= (S/S D). D ialah dokumen yang diabstrakkan. Teori set ini menyatakan bahwa (A) adalah sebuah set kalimat-kalimat atau kumpulan kalimat-kalimat (S) yang merupakan anggota dari suatu dokumen asli. Definisi ini berlaku bagi suatu astrak-otomat (the auto-abstract), abstrak yang dibuat dengan cara memilih kalimat-kalimat dari artikel aslinya secara otomatis oleh komputer yang telah diprogram untuk kerja ini.

Rowley (dalam bukunya Abstracting and Indexing)

Pengertian abstrak adalah penyajian isi dokumen secara ringkas dan akurat dalam gaya yang sama dengan dokumen aslinya.

Collison

Abstrak adalah suatu penyajian ringkas dalam bahasa si pengarang mengenai semua butir-butir yang pokok /utama dari dokumen asli.

KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian abstrak ada dua. Yang pertama abstrak adalah tidak berwujud; tidak berbentuk; mujarad; niskala. Sedangkan pengertian kedua, abstrak diartikan sebagai ikhtisar (karangan, laporan, dan sebagainya); ringkasan; inti.

American National Standards Institute’s (1979)

Abstrak adalah pernyataan secara singkat tetapi akurat dari isi suatu dokumen, tanpa menambahkan tafsiran ataupun kritik dan tanpa membedakan untuk siapa abstrak itu dibuat.

ISO (international Standard Organisation, 1976)

Abstrak adalah uraian singkat tetapi akurat yang mewakili isi dokumen, tanpa tambahan interpretasi atau kritik dan tanpa melihat siapa si pembuat sari karangan tersebut.

Jenis Jenis Abstrak

  • Abstrak Informatif
  • Abstrak Indikatif
  • Abstrak ulasan/Kritis
  • Abstrak Pokok
  • Abstrak Terarah/Miring
  • Abstrak Statistic/Numeric
  • Abstrak Informatif- Indikatif
  • Abstrak Mini

Fungsi Abstrak

  • Sebagai komponen Utama Laporan Hasil Penelitian
  • Sebagai gambaran Umum Mengenai Isi Laporan Penelitian
  • Sebagai bahan Pertimbangan awal bagi Pembaca

Demikianlan ulasan tentang pengertian abstrak menurut para ahli, KBBI dan secara umum lengkap beserta jenis dan fungsinya. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi pengetahuan dalam memahami arti abstrak yang benar.

Tinggalkan komentar