Pengertian Wirausaha Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Wirausaha Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Wirausaha Secara Umum dan Menurut Para Ahli – Wirausa atau wirausahawan (bahasa Inggris: entrepreneur) adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Pengertian wirausaha secara umum adalah seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk menciptakan sebuah peluang usaha, pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi, dengan segala resiko yang akan dihadapinya.

Dalam prosesnya, wirausahawan mengkombinasikan faktor-faktor produksi seperti sumber daya alam, tenaga kerja, material dan peralatan lainnya, serta melakukan sebuah proses yang disebut creative destruction (pengerusakan yang kreatif) untuk menghasilkan suatu nilai tambah (added value) guna menghasilkan nilai yang lebih tinggi, sehingga inti dari ketrampilan wirausaha adalah kreativitas (the core of entrepreneurial skill is creativity).

Maka dari itulah, wirausaha adalah pelaku utama dalam pembangunan ekonomi yang fungsinya untuk melakukan inovasi atau kombinasi-kombinasi yang baru untuk sebuah inovasi hingga melakukan perbaikan produksi lainnya. Juga memiliki dorongan kekuatan dari dalam diri untuk memperoleh suatu tujuan, serta suka bereksperimen untuk menampilkan kebebasan dirinya di luar kekuasaan dari orang lain.

Pengertian Wirausaha Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Ciri ciri Wirausaha

  • Memiliki keberanian mempunyai daya kreasi
  • Berani mengambil risiko
  • Memiliki semangat dan kemauan keras
  • Memiliki analisis yang tepat
  • Tidak konsumtif
  • Memiliki jiwa pemimpin
  • Berorientasi pada masa depan

Tujuan Wirausaha

Wirausaha memiliki banyak sekali tujuan, berikut ini beberapa diantaranya,

  • Dapat meningkatkan jumlah para wirausaha yang baik dan berkualitas.
  • Dapat menumbuhkan kesadaran kewirausahaan yang tangguh dan kuat pada masyarakat.
  • Dapat mewujudkan kemampuan para wirausaha sehingga menghasilkan kesejahteraan masyarakat.
  • Dapat membudayakan sikap pantang menyerah, semangat, berperilaku baik dan kewirausahaan pada masyarakat.

Pengertian Wirausaha Secara Etimologi

Etimologi kata wirausaha adalah berasal dari kata “wira” dan “usaha”. “Wira” berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Kata “wira” juga digunakan dalam kata “perwira”. Sedangkan “usaha” berarti “perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan”. Jadi, secara etimologis/harfiah, wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang melakukan perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan.

Pengertian Wirausaha Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian wirausaha sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Selain pengertian wirausaha secara umum, para ahli dan pakar memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda beda dalam mendefinisikan apa itu wirausaha.Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini pengertian wirausaha menurut para ahli secara lengkap,

Menurut Richard Cantillon (1755)

Entrepreneurial is an innovator and individual developing something unique and new (wirausaha adalah seorang penemu dan individu yang membangun sesuatu yang unik dan baru).

Menurut J.B Say (1803)

Wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

Menurut Dan Stein dan Jhon F.Burgess (1993)

Wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala resiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

Menurut Encyclopedia of Americana

Entrepreneur (wirausahawan) didefinisikan sebagai seseorang yang berani mengambil risiko dengan menyatukan berbagai fungsi poduksi, termasuk modal, bahan baku, tenaga kerja, dan menerima imbalan dalam bentuk laba dari nilai pasar yang dihasilkannya.

Menurut Vernon A. Musselman dan John H. Jackson

Wirausaha (wiraswasta) adalah menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil. Dalam definisi itu ada kata mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha. Jadi, dalam konsep wirausaha terdapat kemauan menanggung risiko dan keberanian memulai usaha.

Menurut Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz (2004)

Wirausaha adalah seorang inovator yang mampu mengubah kesempatan menjadi sebuah ide yang bisa di jual, dapat memberikan nilai tambah melalui upaya, waktu, biaya, serta kecakapan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Menurut Geoffrey G. Meredit (1995)

Wirausaha atau enterpreneur adalah orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan kesempatan bisnis mengumpulkan sumber sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan daripadanya serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kesuksesan.

Menurut Skinner (1992)

Enterpreneur atau wirausaha adalah seseorang yang mengambil risiko yang diperlukan untuk mengorganisasikan dan mengelola suatu bisnis menerima imbalan jasa berupa profit nonfinancial.

Menurut Say (1996)

Wirausaha adalah orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan koordinasi, organisasi dan pengawasan. Wirausaha memiliki pengetahuan yang luas tentang lingkungan dan membuat keputusan keputusan tentang lingkungan usaha, mengelola sejumlah modal dan menghadapi ketidakpastian untuk meraih keuntungan.

Menurut Joseph C Schumpeter

Wirausaha adalah orang yang mampu menghancurkan keseimbangan pasar dan kemudian membentuk keseimbangan pasar yang baru dan mengambil keuntungan-keuntungan atas perubahan-perubahan tersebut. Wirausaha merupakan inovator yang tidak selalu menjadi inventor (penemu)

Menurut Syamsudin Suryana

Wirausaha adalah seseorang yang memiliki karakteristik percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambil resiko yang wajar, kepemimpinan yang lugas, kreatif menghasilkan inovasi, serta berorientasi pada masa depan.

Menurut Prawirokusumo

Definisi wirausaha adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup.

Menurut Peter F Drucker

Definisi wirausaha adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different) .

Menurut Andrew J Dubrin

Seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif (Entrepreneurship is a person who founds and operates an innovative business).

Menurut Arif F. Hadipranata

Wirausaha adalah sosok yang mengambil kemungkinan yang diperlukan untuk mengelola & mengatur semua masalah dan terima beberapa keuntungan financial ataupun non financial.

Menurut Frank Knight

Seseorang wirausahawan berusaha untuk menyikapi & memperkirakan pergantian pasar. Penjelasan ini mengutamakan fungsi seseorang wirausahawan dalam hadapi ketidakstabilan pada dinamika pasar. Seseorang wirausahawan disyaratkan untuk lakukan semuanya manfaat manajerial mendasar seperti pengawasan & pengarahan.

Menurut Marzuki Usman

Pengertian Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan dan mengombinasikan sumber daya, seperti keuangan, tenaga kerja, material, keterampilan untuk menghasilkan produk, bisnis, proses produksi dan organisasi usaha baru. Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kombinasi unsur-unsur internal yang meliputi komunikasi, motivasi, optimisme, semangat, dorongan dan kemampuan memanfaatkan peluang usaha.

Menurut Jean Baptista Say

Seorang wirausahawan ialah agen yang menggabungkan berbagai alat produksi & menemukan nilai dari yang diproduksinya

Menurut Kathleen

Arti wirausaha adalah seorang yang menggerakkan, mengatur, serta berani mengambil kemungkinan untuk pekerjaan yang digerakkannya dalam dunia usaha.

Menurut Zimmerer (1996)

Pengertian wirausaha menurut Zimmerer adalah suatu proses penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha.

Menurut Kasmir

Arti wirausaha adalah seseorang yang berjiwa pemberani yang berani mengambil kemungkinan untuk buka satu usaha di berbagai peluang yang ada.

Menurut Edi Swasono

Pengertian Wirausaha adalah pengusaha, tetapi tidak semua pengusaha merupakan wirausaha. Wirausaha adalah pelopor dalam bisnis (inovator), penanggung resiko yang mempunyai visi ke depan dan memiliki keunggulan dalam prestasi di bidang usaha.

Menurut Raymond W.Y. Kao

Wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita.

Menurut Richard Cantilom

Wirausaha adalah seseorang yang mampu memindahkan atau mengkonversikan sumber-sumber daya ekonomis dari tingkat produktivitas rendah ketingkat produktivitas yang lebih tinggi.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian wirausaha secara umum dan menurut para ahli [Terlengkap]. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi pengetahuan bagi kita semua dalam memahami apa itu wirausaha.

Tinggalkan komentar