8+ Unsur-Unsur Musik Beserta Pengertian dan Contohnya [Lengkap]

8+ Unsur-Unsur Musik Beserta Pengertian dan Contohnya [Lengkap]

Unsur-unsur musik – Kita tentu tidak asing dengan istilah musik. Hampir tiap hari kita mendengarkan musik, baik di TV, radio, secara langsung, atau lewat media lain. Musik adalah salah satu karya seni. Terdapat beberapa komponen dan unsur-unsur seni musik yang ada.

Secara umum pengertian musik adalah ilmu atau seni dalam menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan tertentu.

Musik dibagi menjadi dua yakni musik tradisional dan musik modern. Sementara menurut genrenya, ada banyak macam-macam musik, di antaranya adalah pop, rock, hip hop, blues, R&B, jazz, folk, soul, reggae, dan lain-lain.

Dalam ilmu musik terdapat komponen dan unsur-unsur tertentu. Komponen-komponen musik inilah yang membentuk karya musik secara utuh dan satu kesatuan sehingga bisa dinikmati oleh pendengarnya.

unsur-unsur musik

Unsur-Unsur Musik

Secara umum terdapat 8 unsur-unsur musik yakni melodi, irama/ritme, birama, harmoni, tangga nada, tempo, dinamika, dan timbre. Berikut merupakan penjelasan unsur-unsur musik dan pengertiannya.

1. Melodi

Unsur-unsur seni musik yang pertama adalah melodi. Melodi merupakan suatu kesatuan frase yang tersusun dari nada-nada dengan urutan, interval, dan tinggi rendah yang teratur.

Singkatnya, definisi melodi merupakan tingkatan tinggi-rendah dan panjang-pendeknya nada dalam sebuah musik. Adanya melodi inilah yang membuat musik menjadi lebih berwarna.

Dalam musik melodi akan terdengar seperti nada yang seolah-olah bergerak menuju puncak kemudian kembali ke kondisi sebelumnya. Susunan melodi terdiri dari pitch, durasi, dan tone.

2. Ritme/Irama

Ritme atau disebut juga irama juga menjadi salah satu unsur musik. Pengertian ritme atau irama adalah rangkaian gerak yang beraturan dan menjadi unsur dasar dari musik. 

Ritme juga dapat diartikan sebagai pergantian panjang pendek, tinggi rendah, dan keras lembut nada atau bunyi dalam suatu rangkaian musik. Unsur ini pun turut menentukan ketukan dalam musik.

Sekilas saat mendengarkan musik, ritmenya memang tidak bisa langsung dirasakan. Cara menentukannya yaitu dengan mendengarkan musik secara berulang-ulang sehingga kita bisa mengetahui struktur iramanya.

3. Birama

Birama merupakan ketukan atau ayunan berulang-ulang yang hadir secara teratur di waktu yang bersamaan. Birama menjadi salah satu dari unsur-unsur musik.

Umumnya, birama biasanya ditulis dalam angka pecahan seperti 2/4, 3/4, 2/3, dan seterusnya. Angka di atas tanda “/” atau penyebut, menunjukan nilai nada dalam satu ketukan. 

Ada 2 jenis birama dilihat dari bilangan penyebutnya. Birama yang nilai penyebutnya genap disebut sebagai birama bainar, sedangkan birama yang penyebutnya ganjil disebut sebagai birama tenair.

4. Tangga Nada

Unsur-unsur musik yang cukup umum adalah tangga nada. Definisi tangga nada adalah urutan dari suatu nada yang disusun membentuk tangga. Secara umum, tangga nada dibagi menjadi dua, yaitu tangga nada diatonik dan tangga nada pentatonik.

Tangga nada diatonik adala tangga nada yang terdiri dari 7 buah nada dengan 2 jenis jarak (1/2 dan 1), Sedangkan tangga nada penatatonik adalah tangga nada yang hanya terdiri dari 5 nada pokok saja.

Pada tangga nada, pasti memiliki satu nada dasar yang diikuti oleh nada-nada lainnya, bisa lebih rendah atau bisa juga lebih tinggi, dengan pola interval tertentu, sehinga membentuk ciri khas tertentu.

5. Harmoni

Harmoni adalah sekumpulan nada yang apabila dimainkan bersama-sama akan menghadirkan sebuah bunyi yang enak dinikmati. Harmoni termasuk sebagai salah satu unsur seni musik.

Singkatnya, harmoni adalah suatu bentuk keselarasan paduan nada atau bunyi. Unsur-unsur harmoni meliputi susunan, peranan, dan hubungan dari sebuah paduan bunyi dengan bentuk keseluruhan.

Harmoni juga bisa diartikan sebagai suatu rangkaian akor-akor yang disusun selaras dan dimainkan sebagai iringan musik. Akor-akor ini yang akan menjadi pengiring melodi.

6. Tempo

Tempo juga termasuk salah satu unsur-unsur musik. Definisi tempo dalam musik adalah ukuran kecepatan birama lagu. Semakin cepat sebuah lagu dimainkan, maka semakin besar pula nilai tempo lagu tersebut.

Ukuran dari tempo adalah beat. Beat merupakan ketukan yang menunjukan banyaknya ketukan dalam satu menit. Tempo menjadi hal penting dalam musik untuk memastikan kesesuaian kecepatan lagu dengan iringan musik.

Secara umum, terdapat 8 kategori tempo, di antaranya yakni largo (lambat sekali), lento (lebih lambat), adagio (lambat), andante (sedang), moderato (sedang agak cepat), allegro (cepat), vivace (lebih cepat), dan presto (cepat sekali).

7. Dinamika

Unsur-unsur musik selanjutnya adalah dinamika. Dalam seni musik, definisi dinamika diartikan sebagai tanda untuk memainkan nada dengan volume nyaring atau lembut.

Fungsi dinamika menjadi penting karena dapat menunjukan nuansa sebuah lagu, baik itu suasana sedih, senang, datar, agresif, dan sebagainya. Dinamika mampu menunjukkan emosi dan perasaan pada sebuah lagu.

Keadaan nyaring (keras) atau lembut pada dinamika memiliki istilah sendiri, misalnya seperti piano (lembut), pianissiomo (sangat lembut), mezzo piano (setengah lembut), mezzo forte (setengah keras), forte (keras), fortissimo (sangat keras), dan sebagainya.

8. Timbre

Unsur-unsur musik yang terakhir adalah timbre. Timbre adalah perbedaan sifat antara dua nada yang sama kuat dan sama tinggi nadanya dalam konstruksi instrumen.

Singkatnya timbre dapat diartikan sebagai kualitas atau warna bunyi dalam seni musik. Bunyi timbre akan sangat dipengaruhi oleh sumber bunyi dan alat musiknya.

Contohnya timbre yang dihasilkan dari alat musik tiup akan berbeda dari timbre yang dihasilkan alat musik petik, meskipun keduanya dimainkan pada nada yang sama.

Nah itulah referensi 8 unsur-unsur musik dan penjelasannya. Terdapat 8 unsur-unsur seni musik yakni melodi, irama/ritme, birama, harmoni, tangga nada, tempo, dinamika, dan timbre.

Tinggalkan komentar