7+ Unsur-Unsur Debat Beserta Pengertiannya [Lengkap]

7+ Unsur-Unsur Debat Beserta Pengertiannya [Lengkap]

Unsur-unsur debat – Pengertian debat adalah suatu kegiatan untuk menguji argumentasi yang dilakukan antar individu maupun kelompok. Tujuan debat adalah meraih kemenangan atas argumentasi demi mendukung sesuatu yang ingin ditegakkan atau dijalankan.

Menurut KBBI, definisi debat adalah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing. Kita bisa menyaksikan kegiatan debat dalam berbagai tingkat, mulai debat di sekolah atau kampus, debat pemilihan kepala daerah hingga debat calon presiden.

Ciri-ciri debat antara lain memiliki dua sudut pandang (pro dan kontra), terdapat perbedaan argumentasi dalam debat, terkadang ada kegiatan tanya jawab, ada pihak yang menengahi debat (moderator) dan hasil akhir atau kesimpulan ditentukan oleh juri atau voting.

Dalam sebuah debat juga terdapat unsur-unsur yang harus dipenuhi. Unsur unsur debat ini selalu ada di setiap kegiatan debat antara lain yaitu mosi atau tema yang diperdebatkan, pihak pro atau tim afirmatif, pihak kontra atau tim negatif, pihak netral, moderator debat, peserta debat dan penulis.

(baca juga pengertian visi misi)

unsur unsur debat

Unsur-Unsur Debat

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai apa saja unsur-unsur yang ada dalam sebuah debat beserta penjelasannya secara lengkap.

1. Mosi

Dalam debat harus ada mosi yang diperdebatkan. Yang dimaksud mosi adalah hal atau topik yang diperdebatkan oleh para peserta debat. Adanya mosi sangat penting dalam sebuah debat karena terdapat pihak yang pro dan pihak yang kontra.

2. Tim Afirmatif/Pihak Pro

Unsur debat berikutnya adalah tim afirmatif. Yang dimaksud tim afirmatif adalah tim yang setuju terdapat hal yang diperdebatkan (mosi), dengan kata lain tim yang pro terhadap tema yang dibahas. Pihak pro ini akan menjelaskan uraian mengenai alasan setuju terhadap mosi yang dibahas.

3. Tim Negatif/Oposisi/Pihak Kontra

Selain tim afirmatif, tentu juga harus ada lawannya yakni tim negatif. Yang dimaksud tim negatif adalah tim yang tidak setuju atau menentang mosi. Tim negatif disebut juga oposisi atau pihak kontra. Pihak kontra akan memberikan sanggahan terhadap pernyataan dari pihak afirmatif.

4. Tim Netral

Selain tim afirmatif dan tim negatif, juga harus ada pihak yang ada di tengah-tengah atau tim netral. Yang dimaksud dengan tim netral adalah tim yang tidak menaruh dukungan dan tidak condong terhadap salah satu pihak, dengan kata lain bersikap netral.

5. Moderator

Unsur-unsur debat berikutnya adalah moderator. Pengertian moderator dalam debat adalah orang yang memimpin dan membantu jalannya perdebatan, mulai dari membacakan tata tertib debat, mengajukan pertanyaan serta menengahi adu pendapat peserta debat.

6. Peserta Debat

Peserta debat juga termasuk sebagai salah satu unsur-unsur debat. Pada beberapa kesempatan, peserta debat berhak menentukan keputusan akhir bersama juri debat lewat proses voting atau pemungutan suara,

7. Penulis

Unsur debat yang terakhir adalah penulis. Dalam debat, terdapat unsur penulis yaitu orang yang bertugas mencatat dan menulis kesimpulan debat tersebut.

Nah itulah referensi 6 unsur-unsur debat dan pengertiannya secara lengkap. Umumnya ada 7 unsur-unsur debat yakni mosi, tim afirmatif, tim negatif, tim netral, moderator, peserta debat dan penulis. Semoga bisa menjadi referensi pengetahuan.

Tinggalkan komentar