unsur-unsur berita

6+ Unsur-Unsur Berita Beserta Pengertian dan Contohnya (5W+1H)

Unsur-unsur berita – Berita adalah informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi. Kita tentu sering membaca berita di koran atau menonton berita di TV sehari-hari. Dalam membuat berita juga ada kaidah yang harus diperhatikan. Unsur-unsur berita yang harus ada meliputi pertanyaan 5W + 1H, yakni what, who, when, where, why, dan how.

Pengertian berita menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah kabar atau cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Berita sering disajikan di media-media, baik media cetak (koran, majalah), media elektronik (TV, radio), media online (internet), dan sebagainya.

Secara tradisional, berita juga bisa menyebar dari mulut ke mulut, yaitu berdasarkan cerita seseorang pada orang lain. Berita harus disajikan sesuai fakta yang benar-benar terjadi. Jika tidak sesuai fakta atau belum pasti, maka masuk kategori gosip atau desas-desus.

Kebutuhan akan berita menjadi sangat penting di era teknologi informasi saat ini. Penyebaran berita menjadi sangat cepat berkat perangkat gadget yang kita miliki. Nah tahukah kamu bahwa dalam pembuatan teks berita juga ada unsur-unsur tertentu yang harus dipenuhi?

(baca juga pengertian informasi)

unsur-unsur berita

Unsur-Unsur Berita

Berikut akan dibagikan apa saja unsur-unsur berita beserta penjelasannya, meliputi pertanyaan 5W dan 1H.

1. What (Apa)

Unsur berita yang pertama adalah what atau apa. Unsur ini menjelaskan mengenai apa peristiwa yang terjadi yang diberitakan. Peristiwa yang diberitakan pun harus sesuai fakta yang benar-benar terjadi tanpa boleh ditambahkan opini atau pendapat.

2. Who (Siapa)

Selanjutnya ada unsur who atau siapa. Unsur ini menjelaskan siapa saja yang terlibat dalam peristiwa yang diberitakan. Orang-orang atau pihak yang terlibat dalam berita harus diinformasikan dengan benar, agar lebih jelas dan berita dapat dipahami.

3. When (Kapan)

Berikutnya ada unsur when atau kapan. Unsur ini menjelaskan mengenai waktu terjadinya peristiwa yang sedang dibahas dalam berita. Waktu terjadinya peristiwa harus dijelaskan secara jelas sehingga berita mudah dimengerti dan tidak menimbulkan kesalahpahaman.

4. Where (Dimana)

Unsur berita selanjutnya adalah where atau dimana. Unsur ini menjelaskan tempat terjadinya peristiwa di dalam berita tersebut. Hal ini penting agar pemirsa tahu lokasi terjadinya peristiwa dan tidak salah dalam memastikan informasi yang diberikan.

5. Why (Mengapa)

Selain itu juga ada unsur why atau mengapa. Unsur ini menjelaskan alasan kenapa peristiwa di dalam berita itu bisa terjadi. Selain itu dibahas juga latar belakang dan alasan-alasan yang membuat peristiwa bisa terjadi sehingga pemirsa bisa tahu informasi lebih detail.

6. How (Bagaimana)

Unsur-unsur berita yang terakhir adalah how atau bagaimana. Unsur ini menjelaskan mengenai proses atau kronologis peristiwa di dalam berita bisa terjadi. Artinya diinformasikan juga runtutan kejadian dalam berita serta detail-detail lain dalam peristiwa sehingga informasi bisa tersaji dengan utuh dan lengkap.

Contoh Berita 5W + 1H

Sekitar 16 orang dilaporkan tewas di negara bagian Maharashtra, India barat, setelah hujan lebat dan banjir menggenangi lima distrik setempat pada Rabu 7 Agustus.

Sebanyak lebih dari 140 ribu orang telah diungsikan ke tempat-tempat yang lebih aman, kata seorang pejabat pemerintah setempat.

Dikutip dari Channel News Asia pada Kamis (8/8/2019), sungai-sungai di wilayah tersebut meluap karena kebijakan membuka pintu bendungan yang terisi penuh.

Berdasarkan contoh berita banjir di atas maka unsur-unsur 5 W + 1 H adalah sebagai berikut :

  • What (Apa) : Banjir menggenangi 5 distrik menewaskan 16 orang
  • Who (Siapa) : Warga di 5 distrik di negara bagian Maharashtra
  • When (Kapan) : Kamis, 8 Agustus 2019
  • Where (Dimana) : 5 distrik di negara bagian Maharashtra, India barat
  • Why (Mengapa) : Karena sungai meluap akibat kebijakan membuka pintu bendungan yang terisi penuh
  • How (Bagaimana) : Hujan lebat dan banjir mengakibatkan 16 orang tewas dan 140 ribu orang mengungsi akibat kebijakan membuka pintu bendungan yang terisi penuh.

Nah itulah referensi unsur-unsur berita beserta pengertian dan contohnya. Secara umum ada 6 unsur berita yang terdiri dari what (apa), who (siapa), when (kapan), where (dimana), why (mengapa), dan how (bagaimana). Semoga bisa menjadi tambahan referensi.

Tinggalkan komentar