3 Unsur Ekstrinsik Novel Beserta Pengertian dan Contohnya [Lengkap]

3 Unsur Ekstrinsik Novel Beserta Pengertian dan Contohnya [Lengkap]

Kita mungkin sering membaca novel karena ceritanya yang seru dan menarik. Novel adalah karangan cerita yang berfokus pada seseorang dengan watak dari tiap-tiap pelaku. Novel menjadi bacaan populer baik novel fiksi atau novel non-fiksi. Terdapat unsur-unsur novel yang meliputi unsur intrinsik novel maupun unsur ekstrinsik novel.

Menurut KBBI, arti dan pengertian novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Ciri-ciri novel di antaranya jumlah katanya lebih dari 10 ribu dan memiliki plot cerita yang kompleks.

Terdapat pula unsur intrinsik dan ekstrinsik novel. Unsur intrinsik novel adalah unsur-unsur yang membentuk novel dari dalam. Sebelumnya telah dibahas mengenai unsur intrinsik novel yang meliputi tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa dan amanat.

Yang dimaksud unsur ekstrinsik novel adalah unsur-unsur yang membentuk novel dari luar. Ada 3 unsur ekstrinsik novel yang secara umum sama juga dengan unsur ekstrinsik cerpen. Apa saja penjelasan dan pengertian unsur-unsur ekstrinsik novel berikut?

unsur ekstrinsik novel

Unsur Ekstrinsik Novel

Terdapat 3 unsur ekstrinsik novel yakni unsur biografi, unsur sosial dan unsur nilai. Berikut merupakan unsur ekstrinsik novel beserta penjelasannya lengkap.

1. Unsur Biografi

Unsur ekstrinsik novel yang pertama adalah unsur biografi atau latar belakang penulis. Latar belakang penulis sangat mempengaruhi isi dan cerita novel secara signifikan.

Yang dimaksud unsur biografi merupakan unsur tentang latar belakang penulis, di antaranya meliputi tempat tinggal penulis, keluarganya, latar belakang pendidikannya, lingkungannya dan sebagainya.

2. Unsur Sosial

Berikutnya unsur sosial juga termasuk sebagai salah satu unsur ekstrinsik novel. Unsur sosial atau kondisi sosial budaya sangat erat kaitanya dengan kondisi masyarakat ketika novel dibuat. Artinya keadaan sosial turut mempengaruhi isi dan cerita novel tersebut.

Yang meliputi unsur sosial antara lain adalah kondisi politik, kondisi sosial, kondisi ekonomi, ideologi negara serta lingkungan masyarakat sekitar dari penulis novel.

3. Unsur Nilai

Yang terakhir ada juga unsur nilai yang menjadi salah satu unsur ekstrinsik novel. Yang dimaksud unsur nilai adalah nilai-nilai yang terkadung dalam novel. Unsur ini turut melatarbelakangi cerita novel dan arah jalan ceritanya dari awal sampai akhir.

Unsur nilai dalam novel berkaitan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam novel, bisa berupa nilai agama, nilai sosial, nilai budaya dan nilai moral dalam cerita novel.

Nah demikian referensi 3 unsur ekstrinsik novel beserta pengertian dan contohnya selengkapnya. Secara umum ada 3 unsur intrinsik novel yaitu unsur biografi, unsur sosial dan unsur nilai. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan.

Tinggalkan komentar