Tujuan Pembangunan Ekonomi Indonesia yang Berkelanjutan Lengkap

Tujuan Pembangunan Ekonomi Indonesia yang Berkelanjutan Lengkap

Tujuan pembangunan ekonomi – Apa itu pembangunan ekonomi? Pada negara berkembang, adanya pembangunan ekonomi sangat penting untuk memperbaiki beberapa isu dan masalah yang ada. Indonesia merupakan negara yang menerapkan pembangunan ekonomi. Lantas apa saja tujuan pembangunan ekonomi Indonesia? Apa saja fungsi dan manfaat pembangunan ekonomi berkelanjutan secara umum?

Pengertian pembangunan ekonomi adalah suatu upaya untuk menaikkan pendapatan total dan juga pendapatan per kapita dengan diperhitungkannya jumlah penduduk yang meningkat yang disertai dengan perubahan dasar di dalam struktur ekonomi dan pemerataan pendapat bagi warga negara. Pembangunan ekonomi berkelanjutan sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Tujuan Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan di Indonesia

Berikut ini merupakan fungsi dan tujuan pembangunan ekonomi di Indonesia yang benar dan berkelanjutan lengkap beserta penjelasannya.

(baca juga manfaat pasar modal)

tujuan pembangunan ekonomi indonesia

1. Meningkatkan pendapatan per kapita negara

Tujuan utama dari pembangunan ekonomi di suatu negara adalah untuk meningkatkan pendapatan perkapita. Pada beberapa data, pendapatan per kapita menjadi indikator dari sukses tidaknya suatu negara. Pembangunan ekonomi yang berkelanjutan tentu akan berbanding lurus dengan naiknya devisa negara yang berimbas pada pendapatan per kapita Indonesia.

2. Meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi

Adanya pembangunan ekonomi nasional tentu akan berimbas pada peningkatan laju pertumbuhan ekonomi nasional. Pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi adalah 2 hal yang berbeda. Pertumbuhan ekonomi tidak menekankan pada pemerataan tarif hidup masyarakat. Meski begitu meningkatkanya pembangunan ekonomi juga mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi.

3. Meningkatkan dan menyetarakan taraf hidup penduduk

Di poin sebelumnya telah dibahas mengenai perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi. Salah satu faktor pembeda adalah pada pembangunan ekonomi yang menekankan adanya kesetaraan taraf hidup penduduk. Salah satu tujuan pembangunan ekonomi nasional adalah meningkatkan dan menyetarakan taraf hidup masyarakat di berbagai daerah.

4. Meningkatkan lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran

Masalah pengangguran adalah isu yang terus terjadi di Indonesia dan belum terselesaikan. Salah satu upaya mengatasi pengangguran adalah peningkatan pembangunan ekonomi. Diharapkan hal tersebut bisa meningkatkan lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi pengangguran yang berdampak pada menurunnya angka kemiskinan di daerah-daerah.

5. Mengurangi kesenjangan sosial

Kesenjangan sosial masih saja terjadi di Indonesia, dimana jarak antara warga mampu dan warga tidak mampu cukup jauh. Tujuan pembangunan ekonomi berkelanjutan salah satunya adalah mengurangi tingkat kesenjangan sosial tersebut agar lebih setara lagi.

6. Meningkatkan kapasitas produksi

Meningkatkan kapasitas produksi menjadi tujuan pembangunan ekonomi Indonesia yang lain. Ekonomi yang baik tentu akan meningkatkan sektor produksi suatu negara. Hal ini akan mendorong kualitas dan kuantitas produksi barang dan jasa yang ada dalam industri di Indonesia.

7. Meningkatkan investasi negara

Pembangunan ekonomi yang baik akan membuat geliat ekonomi suatu negara menjadi lebih maju. Salah satu fungsinya adalah untuk menarik investor agar lebih banyak dan tidak ragu lagi untuk berinvestasi di Indonesia. Tentu output yang diharapkan adalah menambah pendapatan dan keuangan negara.

8. Mengurangi angka kemiskinan

Kemiskinan adalah isu penting yang harus diatasi di Indonesia. Seperti diketahui bahwa di Indonesia masih banyak masyarakat miskin. Adanya pembangunan ekonomi yang baik dan berkelanjutan diharapkan bisa mengurangi persentase dan angka kemiskinan di Indonesia.

9. Menciptakan keadilan dan kemakmuran dalam bermasyarakat

Pada akhirnya, pembangunan ekonomi yang dilakukan pemerintah juga bertujuan untuk menciptakan keadilan dan kemakmuran dalam bermasyarakat. Hal ini dapat dilihat dari indikator lain seperti berkurangnya kesenjangan sosial dan kemiskinan.

10. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pendidikan dan kesehatan

Pemerintah melakukan pembangunan ekonomi berkelanjutan dengan memperbaiki beberapa sektor, termasuk mengerahkan sektor pendidikan dan kesehatan. Tentu dua sektor ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Indonesia.

Nah, itulah info referensi mengenai 10 tujuan pembangunan ekonomi Indonesia secara berkelanjutan lengkap beserta penjelasannya. Adanya pembangunan ekonomi di Indonesia tentu diharapkan akan memberi hasil yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Sekian zona referensi kali ini.

Tinggalkan komentar