Ruang Lingkup Biologi Beserta Objek Kajian & Penjelasannya [Lengkap]

Ruang Lingkup Biologi Beserta Objek Kajian & Penjelasannya [Lengkap]

Pengertian biologi adalah ilmu tentang keadaan dan sifat makhluk hidup (manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan) atau ilmu hayat. Ruang lingkup biologi pun ada banyak dan bervariasi, mencakup struktur kehidupan makhluk hidup dan organisme secara keseluruhan, dari yang terendah sampai yang tertinggi.

Faktanya memang ada banyak cabang-cabang biologi dari mulai taksonomi, ekologi, klimatologi, morfologi, evolusi, neurosains, anatomi, oseanografi, fisiologi, biofisika, genetika, botani, zoologi, ortopedi dan lain-lain. Lebih dari 200 cabang ilmu biologi yang dipelajari.

Jika difokuskan, maka objek biologi mempelajari tentang struktur kehidupan organisme pada berbagai tingkat dari yang terendah sampai yang tertinggi, yakni unsur, molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma dan biosfer.

(baca juga jaringan-jaringan tumbuhan)

ruang lingkup biologi

Ruang Lingkup Biologi

Apa saja objek-objek kajian biologi? Secara umum biologi mempelajari kehidupan organisme pada berbagai tingkat struktur dari yang terendah hingga tertinggi, yaitu mulai dari yang terendah yakni unsur sampai yang tertinggi yakni bioma dan biosfer.

1. Unsur

Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat di bagi lagi menjadi zat yang lebih kecil. Unsur merupakan struktur kehidupan organisme yang terkecil.

2. Molekul

Molekul merupakan zat kimia murni yang terdiri dari beberapa unsur yang dapat dipecah-pecah lagi menjadi unsur pembentuknya, misalnya adalah H20, senyawa yang terdiri dari 2 atom Hidrogen untuk satu atom Oksigen

3. Sel

Pengertian sel adalah unit terkecil dan fungsional penyusun tubuh makhluk hidup. Tiap organisme hidup terdiri dari sel-sel penyusunnya.

4. Jaringan

Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Tiap organisme memiliki jaringan sel yang berbeda-beda.

5. Organ

Organ adalah kumpulan dari jaringan-jaringan yang saling bekerja sama membentuk fungsi di dalam tubuh. Misalnya saja seperti mata, hidung, ginjal, otak, jantung dan sebagainya.

6. Sistem Organ

Sistem organ merupakan kumpulan dari beberapa organ yang saling bekerja sama membentuk fungsi yang lebih luas di dalam tubuh. Misalnya adalah sistem pencernaan, sistem pernafasan, sistem peredaran darah, sistem eksresi dan lain sebagainya.

7. Organisme

Organisme adalah makhluk hidup tunggal atau individu yang merupakan kumpulan dari seluruh sistem organ yang saling bekerjasama menjalankan fungsi kehidupan.

8. Populasi

Pengertian populasi adalah sekumpulan individu sejenis yang tinggal di suatu tempat, misalnya populasi manusia atau populasi hewan tertentu.

9. Komunitas

Pengertian komunitas dalam ilmu biologi adalah sekumpulan dari beberapa populasi makhluk hidup yang saling berinteraksi di suatu habitat tertentu.

10. Ekosistem

Arti dan pengertian ekosistem adalah kesatuan komunitas dengan lingkungan hidupnya yang membentuk hubungan interaksi atau saling ketergantungan. Misalnya ekosistem hutan, ekosistem air tawar dan lain sebagainya.

11. Bioma

Bioma adalah bagian terkecil dari ekosistem di daratan. Contohnya saja seperti bioma hutan hujan tropis, bioma gurun dan lain-lain.

12. Biosfer

Pengertian biosfer merupakan tempat makhluk hidup tinggal dan melangsungkan hidupnya yaitu di planet bumi yang kita huni ini.

Nah itulah ruang lingkup biologi dan pengertiannya secara umum terlengkap. Ruang lingkup biologi memang mempelajari struktur kehidupan organisme dari mulai yang paling rendah sampai yang paling tinggi.

Satu pemikiran pada “Ruang Lingkup Biologi Beserta Objek Kajian & Penjelasannya [Lengkap]”

Tinggalkan komentar