Perbedaan Statistik dan Statistika Beserta Pengertian dan Fungsinya

Perbedaan Statistik dan Statistika Beserta Pengertian dan Fungsinya

Perbedaan statistik dan statistika – Kali ini akan dibahas mengenai pengertian dan perbedaan statistik dan statistika. Banyak yang masih bingung mengenai pengertian statistika dan statistik, dan tak jarang menganggap keduanya memiliki definisi yang sama. Padahal terdapat perbedaan statistika dan statistik yang cukup mendasar dan signifikan ditinjau dari pengertian, fungsi, tujuan dan klasifikasinya.

Perbedaan Statistik dan Statistika

Secara umum, statistik dan statistika sama-sama digunakan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data. Istilah ‘statistika’ (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan ‘statistik’ (statistic), meski terlihat sama. Keduanya memang berkaitan satu sama lain meski memiliki arti berbeda.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan statistik dan statistika ditinjau dari beberapa aspek seperti definisi, pengertian, fungsi, tujuan, metode dan klasifikasi statistik dan statistika.

perbedaan statistik dan statistika

Pengertian Statistika dan Statistik

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Definisi statistika dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ilmu tentang cara mengumpulkan, menabulasi, menggolong-golongkan, menganalisis, dan mencari kete-rangan yang berarti dari data yang berupa angka.

Sedangkan pengertian statistik adalah hasil data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan sebagainya. Adapun definisi statistik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah catata atau angka-angka (bilangan) yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala.

Fungsi dan Peranan Statistika

Statistika memiliki fungsi dan peranan yang bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Untuk mendapatkan fungsi maksimal, dibutuhkan penerapan statistika dan statistik secara keseluruhan dari mulai mengambil data sampai penarikan kesimpulan. Berikut beberapa fungsi dan peranan statistika.

  • Statistik menggambarkan data dalam bentuk tertentu
  • Statistik dapat menyederhanakan data yang kompleks menjadi data yang mudah dimengerti
  • Statistik merupakan teknik untuk membuat perbandingan
  • Statistik dapat memperluas pengalaman individu
  • Statistik dapat mengukur besaran dari suatu gejala
  • Statistik dapat menentukan hubungan sebab akibat

Kegunaan statistik pun dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan informasi dan kesimpulan yang didapatkan untuk pengambilan keputusan dan kebijakan.

Macam Macam Metode Penelitian Statistika

Terdapat banyak jenis jenis metode statistika yang ada, namun secara umum pembagian macam macam metode penelitian statistika dibagi menjadi dua yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial.

1. Statistik Deskriptif

Pengertian statistika deskriptif adalah teknik statistik yang memberikan informasi hanya mengenai data yang dimiliki. Analisis statistik deskriptif tidak bermaksud untuk menguji hipotesis. Statistik deskriptif dipergunakan untuk menyajikan dan menganalisis data agar lebih bermakna dan komunikatif.

2. Statistik Inferensial

Pengertian statistika inferensial adalah statistik yang berkaitan dengan analisis data (sampel) untuk kemudian dilakukan penyimpulan yang digeneralisasikan kepada seluruh subyek tempat data diambil (populasi). Statistika inferensial harus berdasar pada statistika deskriptif, sehingga kedua-duanya harus ditempuh secara benar agar didapatkan kegunaan maksimal dari statistika ini.

Secara umum, perbedaan statistika dan statistik adalah hal yang dasar, dimana statistika merupakan proses mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi dan mempresentasikan data, sedangkan statistik adalah angka atau data yang bisa berupa grafik dan gambar. Selain itu, ilmu statistika memiliki banyak fungsi, tujuan, peran dan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Metode analisis data statistik pun beragam namun dapat digolongkan menjadi statistik deskriptif dan inferensial.

Tinggalkan komentar