Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris Lengkap (Bulan, Tanggal, Tahun)

Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris Lengkap (Bulan, Tanggal, Tahun)

Bagaimana cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris? Kadang kita bingung untuk menulis tanggal dalam bahasa Inggris, bagaimana formatnya? Apakah tanggal atau bulan yang ditulis terlebih dahulu? Format mana yang digunakan dalam keadaan tertentu.

Faktanya ada dua versi penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang digunakan, yakni versi British (Inggris) dan versi American (Amerika). Kedua versi sering digunakan dan sama-sama benarnya, tergantung preferensi kita dan kondisi penggunaan tanggal.

Jenis Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris secara internasional

  • British version (tanggal-bulan-tahun)
  • American version (bulan-tanggal-tahun)

Perbedaan utama penulisan tanggal versi british dan american adalah urutannya. Versi british urutannya adalah tanggal, bulan dan tahun, mirip dengan urutan penulisan tanggal dalam bahasa Indonesia. Sementara versi american urutannya bulan, tanggal dan tahun.

Menulis tanggal kadang juga menggunakan urutan ordinal, meski bukan sebuah kewajiban. Urutan ordinal yaitu dengan menambahkan -th setelah tanggal, kecuali untuk angka 1 (-st), 2 (-nd) dan 3 (-rd). Misalnya yaitu : 1st, 2nd, 3rd, 4th, 7th, 11st, 22nd dan sebagainya.

Penulisan tanggal secara internasional juga harus menyesuaikan pemakaiannya. Jika dalam acara resmi, penulisan tanggal formatnya juga harus formal. Begitu pula sebaliknya, jika hanya berupa memo untuk teman bisa menggunakan penulisan dengan format non-formal.

(baca juga angka dalam bahasa Inggris)

penulisan tanggal dalam bahasa inggris

Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Berikut akan dijelaskan mengenai cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris pada format formal, semi-formal dan tidak formal, baik dalam british version atau american version.

Format Formal

Penulisan tanggal dengan format formal digunakan pada acara-acara resmi, seperti surat kenegaraan atau surat pernikahan. Ciri-cirinya angka ditulis dalam bentuk huruf. Misalkan tanggal 12 Maret 2012 maka penulisan tanggal secara formal adalah sebagai berikut.

British version 

the twelve of March, 2012

American version

March the twelve, 2012

Format Semi Formal

Penulisan tanggal dengan format semi formal digunakan pada acara yang resmi tapi santai, sehingga tidak terlalu formal. Format ini merupakan format paling sering digunakan, bahkan sering digunakan dalam surat lamaran kerja.

Penulisan tanggal bisa menggunakan urutan (contoh 26th) atau tidak (hanya 26 saja). Misalkan tanggal 26 September 2015 maka penulisan tanggal secara semi formal adalah sebagai berikut.

British version 

26th September 2015
26 September 2015

American version

September 26th, 2015
September 26, 2015

Format Tidak Formal

Penulisan tanggal dengan format tidak formal digunakan pada acara tidak resmi, seperti memo, note atau antar teman saja. Penulisan tanggal hanya menggunakan urutan tanggal dan bulan dalam bentuk angka saja.

Bulan dengan 1 digit bisa ditulis dengan awalan 0 atau tidak, misal bulan Februari bisa ditulis 2 atau 02. Tahun di belakang juga bisa ditulis dua angka terakhir atau lengkap. Misalkan tanggal 15 Februari 2018 maka penulisan tanggal secara tidak formal adalah sebagai berikut.

British version 

15/2/2018
15/02/2018
15/2/18
15/02/18

American version

2/15/2018
02/15/2018
2/15/18
02/15/18

Catatan Tambahan :

  • Bahasa Inggris untuk tahun Sebelum Masehi (SM) : Before Christ (BC) atau Before Common Era (BCE)
  • Bahasa Inggris untuk tahun Sesudah Masehi : Anno Domini (AD) atau Common Era (CE)

Nah itulah info referensi penulisan tanggal dalam bahasa Inggris dalam versi British dan American, baik dalam format resmi, semi resmi maupun yang tidak resmi. Cara menuliskan tanggal dalam bahasa Inggris penting dipelajari dan dipahami dalam belajar bahasa Inggris.

Tinggalkan komentar