Pengertian Toleransi Secara Umum dan Menurut Para Ahli Beserta Contohnya

Pengertian Toleransi Secara Umum dan Menurut Para Ahli Beserta Contohnya

Kali ini akan dibahas mengenai pengertian toleransi secara umum dan menurut para ahli, lengkap beserta contohnya dalam kehidupan sehari hari. Kata toleransi sendiri berasal dari bahasa latin “tolerantia” yang berarti kelonggaran, kelembutan hati, keringanan dan kesabaran.

Dalam bahasa inggris “tolerance” berarti membiarkan, mengakui dan menghormati keyakinan orang lain tanpa persetujuan. Dan dalam bahasa arab istilah toleransi merujuk pada kata “tasamuh” yaitu saling mengizinkan atau saling memudahkan.

Menurut bahasa, arti toleransi adalah menahan diri, bersikap sabar, membiarkan orang berpendapat berbeda dan berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki pendapat berbeda.

Sedangkan menurut istilah, arti toleransi yaitu sikap menghargai dan membebaskan orang lain (kelompok) untuk berpendapat dan melakukan hal yang tidak sependapat atau sama dengan kita tanpa melakukan intimidasi terhadap orang atau kelompok tersebut. Yaitu sikap menghargai dan menghormati perbedaan antar sesama manusia.

pengertian toleransi

Adapun pengertian toleransi secara umum adalah suatu sikap saling menghormati dan menghargai antar kelompok atau individu dalam masyarakat atau dalam lingkup kehidupan lainnya. Yaitu memberi kebebasan kepada individu/kelompk lain untuk menjalankan keyakinannya, mengatur hidupnya hingga menentukan nasibnya masing masing, asalkan semuanya masih dalam suatu koridor yang tidak bertentangan dengan syarat-syarat terciptanya ketertiban dan kedamaian dalam masyarakat.

Toleransi terjadi dan berlaku karena terdapat perbedaan prinsip, pemikiran, dan menghormati perbedaan atau prinsip orang lain tanpa harus mengorbankan prinsip dan pemikiran sendiri.

Sikap toleransi ini sangat penting dan perlu dimiliki oleh setiap individu atau kelompok dalam masyarakat agar terjalin hubungan sosial yang baik dan mententramkan, juga merupakan syarat suksesnya proses asimilasi di dalam kehidupan masyarakat. Sikap toleransi mampu menghindarkan terjadinya diskriminasi sekalipun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat.

Tanpa adanya sikap toleransi, maka masyarakat akan susah untuk bersatu dan akan muncul berbagai masalah dan konflik sosial seperti pertengkaran, permusuhan, hingga saling mematikan antar kelompok.

Pengertian Toleransi Menurut Para Ahli

Selain penjelasan diatas, ada beberapa ahli dan pakar yang memiliki definisi berbeda mengenai apa itu tolerasi, berikut ini pengertian toleransi menurut para ahli,

Menurut W.J.S Purwadarminta

Toleransi adalah sikap atau sifat menenggang berupa menghargai serta membolehkan suatu pendirian, pendapat, pandangan, kepercayaan maupun yang lainnya yang berbeda dengan pendirian sendiri.

Menurut KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), definisi toleransi adalah sifat atau sikap toleran; batas ukur untuk penambahan atau pengurangan yang masih diperbolehkan; penyimpangan yang masih bisa diterima dalam pengukuran kerja.

Menurut Dewan Ensiklopedi Indonesia

Arti toleransi dalam aspek sosial, politik, merupakan suatu sikap membiarkan orang untuk mempunyai suatu keyakinan yang berbeda. Selain itu menerima pernyataan ini karena sebagai pengakuan dan menghormati hak asasi manusia.

Menurut Ensiklopedi American

Toleransi memiliki makna sangat terbatas. Ia berkonotasi menahan diri dari pelanggaran dan penganiayaan, meskipun demikian, ia memperlihatkan sikap tidak setuju yang tersembunyi dan biasanya merujuk kepada sebuah kondisi dimana kebebasan yang di perbolehkannya bersifat terbatas dan bersyarat.

Micheal Wazler (1997)

Arti toleransi menurut pandangan Michael dapat diartikan sebagai keniscayaanya dalam ruang individu dan ruang public karena salah satu tujuan toleransi adalah membangun hidup damai (peaceful coexistence) diantara berbagai perbedaan latar belakang sejarah, kebudayaan dan identitas.

Djohan Efendy

Menurut djohan, pengertian toleransi adalah sikap menghargai terhadap kemajemukan. Dengan kata lain sikap ini bukan saja untuk mengakui eksitensi dan hah-hak orang lain, bahkan lebih dari itu, terlibat dalam usaha mengetahui dan memahami adanya kemajemukan.

Heiler

Ia menyatakan toleransi yang diwujudkan dalam kata dan perbuatan harus dijadikan sikap menghadapi pluralitas agama yang dilandasi dengan kesadaran ilmiah dan harus dilakukan dalam hubungan kerjasama yang bersahabat dengan antar pemeluk agama.

Contoh Toleransi

Contoh sikap toleransi secara umum antara lain: menghargai pendapat dan/atau pemikiran orang lain yang berbeda dengan kita serta saling tolong-menolong untuk kemanusiaan tanpa memandang suku/ras/agama/kepercayaannya. Contoh toleransi lainnya adalah :

  • Menghargai perbedaan antar pemeluk agama.
  • Menghargai pendapat dan pemikiran orang/kelompok lain yang berbeda dari kita
  • Membiarkan orang lain menganut kepercayaannya.
  • Ketika ada orang salah dalam mengerjakan sesuatu, tidak kita hina dan caci maki.

Islam sendiri mengajarkan toleransi kepada setiap pemeluknya, dianjurkan kepada pemeluk islam utnuk bantu membantu dengan segenap manusia tanpa memandang agama, suku, ras dan golongannya. Islam juga menghargai perbedaan dan kebersamaan asalkan tidak masuk ke dalam wilayah aqidah yang tidak bisa diganggu gugat.

Manfaat Toleransi

  • Menciptakan keharmonisan dalam hidup bermasyarakat
  • Menghadirkan rasa kekeluargaan
  • Menghindari perpecahan dan konflik
  • mengendalikan ego masing masing
  • Memunculkan rasa kasih sayang satu sama lainnya
  • Menciptakan suatu kedamaian, ketenangan dan aman.

Jenis Jenis Toleransi

  • Toleransi Agama
  • Toleransi Budaya
  • Toleransi Politik

Demikianlah pengertian toleransi secara umum dan menurut para ahli lengkap beserta manfaat, jenis dan contohnya. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam memahami arti toleransi yang benar.

Tinggalkan komentar