Pengertian Suhu dan Termometer Beserta Jenis-Jenisnya

Pengertian Suhu dan Termometer Beserta Jenis-Jenisnya

Pengertian Suhu dan Termometer – Jika kita berbicara mengenai suhu, maka tak bisa dilepaskan dari termometer yang merupakan alat untuk mengukur suhu. Lalu apa yang dimaksud dengan suhu dan termometer?

pengertian suhu

Pengertian Suhu

Suhu adalah suatu besaran yang menunjukkan derajat panas benda. Suhu juga disebut temperatur yang diukur dengan alat termometer. Mudahnya, semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Secara mikroskopis, suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Setiap atom dalam suatu benda masing-masing bergerak, baik itu dalam bentuk perpindahan maupun gerakan di tempat getaran. Makin tingginya energi atom-atom penyusun benda, makin tinggi suhu benda tersebut.

Secara kualitatif, kita dapat mengetahui bahwa suhu adalah sensasi dingin atau hangatnya sebuah benda yang dirasakan ketika menyentuhnya. Secara kuantitatif, kita dapat mengetahuinya dengan menggunakan termometer.

Pengertian Termometer

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari bahasa Latin thermo yang berarti panas dan meter yang berarti untuk mengukur (to measure). Prinsip kerja termometer ada bermacam-macam, yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa. Jenis lainnya yang juga dikenal adalah Celsius, Reaumur, Fahrenheit dan Kelvin.

Macam Macam Termometer

Ada cukup banyak jenis dan macam-macam termometer yang biasa digunakan di sekitar kita, berikut ini beberaoa jenis jenis termometer dan penjelasannya,

Termometer Klinis

Termometer klinis adalah termometer yang dimanfaatkan untuk mengukur suhu badan. Termometer klinis sering digunakan dalam bidang kedokteran. Suhu badan seseorang dapat diukur menggunakan termometer klinis melalui ketiak, rongga mulut, atau di antara lekukan tubuh lainnya.

Termometer Alkohol

Termometer alkohol ialah sebuah termometer cairan yang menggunakan alkohol sebagai pengisinya. Alkohol ini lebih peka daripada air raksa sehingga ketika memuai, perubahan pada volumenya lebih terlihat jelas. Termometer alkohol ini disebut juga termometer minimum karena dapat mengukur suhu yang sangat rendah.

Termometer Bimetal

Termometer bimetal adalah termometer yang memanfaatkan perbedaan pemuaian antar dua jenis logam. Termometer ini terdiri dari dua buah keping logam yang memiliki koefisien muai berbeda, sehingga ketika terkena perubahan suhu maka bimetal akan melengkung ke arah tertentu.

Termometer Digital

Termometer digital adalah termometer yang menggunakan sensor digital dan layar LCD untuk menunjukkan tingkat suhu. Sensor yang digunakan biasanya termokopel. Termometer digital digunakan secara luas karena akurasi dan sensitivitasnya.

Termometer udara

Termometer udara merupakan termometer yang pertama kali dibuat manusia. Teknologinya sangat kuno, oleh karena itu pada zaman modern, termometer jenis udara tidak digunakan lagi karena sangat tidak teliti. Termometer udara berbentuk sebuah tabung bulat yang terbuat dari kaca kaca dan dilengkapi dengan pipa halus yang berisi udara.

Termometer Ruangan

Termometer ini berfungsi untuk mengukur suhu pada sebuah ruangan. Pada dasarnya termometer ini sama dengan termometer yang lain hanya saja skalanya yang berbeda. Skala termometer ini antara -50°C sampai 50°C

Termometer listrik

Termometer listrik bekerja sesuai dengab sifat listrik logam. Apabila dua macam logam yang jenisnya berbeda dipanaskan, maka kedua logam tersebut bermuatan listrik, akan tetapi tegangannya berbeda.

Termometer Laboratorium

Termometer Laboratorium menggunakan cairan raksa atau cairan alkohol. Jika cairan tersebut bertambah panas maka akan memuai sehingga sekalanya akan bertambah. Supaya termometer ini sensitive terhadap perubahan suhu maka dinding dari termometer dibuat setipis mungkin dan jika dapat memungkinkan terbuat dari bahan konduktor.

Termometer Resistor

Termometer resistor adalah termometer yang memanfaatkan perubahan hambatan jenis suatu penghantar akibat adanya perubahan suhu. Termometer ini berupa komponen elektronik.

Termometer Termokopel

Model termometer ini adalah model yang sensitif sehingga mampu memberikan hasil pengukuran suhu yang akurat. Bahan yang digunakan dalam termokopel adalah bimetal yang jika terkena panas akan melengkung ke arah yang memiliki koefisien lebih kecil.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian suhu dan termometer beserta jenis dan macamnya. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi ilmu pengetahuan dalam memahami apa yang dimaksud dengan suhu.

Bagikan :

Tinggalkan komentar