Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli dan Definisinya Secara Umum

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli dan Definisinya Secara Umum

Pengertian sosiologi – Apa itu sosiologi? Sosiologi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku manusia beserta interaksinya dengan manusia atau kelompok tertentu. Terdapat banyak pendapat mengenai definisi sosiologi yang diungkapkan oleh para ahli dan pakar, yang dikenal dengan sebutan sosiolog.

Sosiologi berasal dari bahasa latin yakni socius dan logos. Socius berarti kawan, sedangkan logos berarti ilmu pengetahuan. Dengan demikian pengertian sosiologi menurut bahasa adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan kawan antar manusia. Pada perkembangannya, definisi sosiologi dijabarkan lebih luas lagi.

Sosiologi memiliki 4 sifat dasar, yakni bersifat empiris, teoritis, komulatif, dan nonetis. Sosiologi bersifat empiris yang berarti ilmunya didasarkan pada pengamatan yang logis. Sifat teoretis berarti penyusunan ilmunya didasarkan dengan menjelaskan hubungan sebab-akibat hingga menjadi sebuah teori.

Sosiologi bersifat komulatif yang artinya disusun berdasarkan teori yang sudah ada untuk kemudian diperbaiki dan dikembangkan. Terakhir sifat nonetis pada sosiologi berarti pembahasan dalam bidang ilmunya tidak membahas baik dan buruk, namun tujuannya menjelaskan masalah secara rinci dan mendalam.

(baca juga pengertian interaksi sosial)

pengertian sosiologi

Pengertian Sosiologi

Di bawah ini akan dibahas mengenai apa saja pengertian sosiologi menurut KBBI, secara umum, serta menurut pendapat para ahli.

Arti Sosiologi Menurut KBBI

Pengertian sosiologi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah pengetahuan atau ilmu tentang sifat, perilaku, dan perkembangan masyarakat. Sosiologi bisa juga diartikan sebagai ilmu tentang struktur sosial, proses sosial, dan perubahannya.

Definisi Sosiologi Secara Umum

Pengertian sosiologi secara umum adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masyarakat. Sosiologi merupakan bidang ilmu yang mempelajari mengenai manusia sebagai mahluk sosial dan interaksi antar manusia yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat.

Dalam ilmu sosiologi, hal-hal yang dipelajari adalah perilaku dan interaksi sosial antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Para ahli dan pakar di bidang sosiologi disebut dengan istilah sosiolog.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Berikut merupakan pembahasan mengenai pengertian dan definisi sosiologi menurut pendapat para ahli.

Menurut Soerjono Soekanto

Pengertian sosiologi menurut Soerjono Soekanto adalah ilmu yang memusatkan pada perhatian dari segi kemasyarakatan. Sifatnya lebih umum yang bertujuan mendapatkan pola-pola umum yang ada pada kehidupan masyarakat.

Menurut Ibnu Khaldun

Pengertian sosiologi menurut Ibnu Khaldun adalah ilmu pengetahuan yang menjelaskan tentang solidaritas sosial melalui konsep ashabiyah, yakni sebuah konsep yang menjelasakan bahwa manusia pada dasarnya memiliki kedekatan dan saling membuthkan satu dengan yang lainnya.

Menurut Max Weber

Pengertian sosiologi menurut Max Weber merupakan ilmu pengetahun yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial dalam kehidupan manusia.

Menurut Pitirim Sorokin

Definisi sosiologi menurut Pitirim Sorokin merupakan ilmu yang mempelajari terkait hubungan dan juga pengaruh dari timbal balik dari berbagai macam gejala sosial, seperti gejala keluarga, gejala moral, gejala ekonomi, dan gejala lainnya. Sosiologi juga mempelajari hubungan dan juga timbal balik yang terjadi pada gejala sosial dan non sosial.

Menurut Peter L. Berger

Pengertian sosiologi menurut Peter L. Berger adalah ilmu yang bertujuan untuk memahami masyarakat,  sehingga kita bisa memperoleh gambaran lain mengenai dunia yang sudah kita tempati sepanjang hidup.

Menurut Karl Marx

Pengertian sosiologi menurut Karl Marx tidak dijelaskan secara eksplisit, namun ia berpendapat bahwa masyarakat harus dibebaskan dari penyakit sistem kapitalis yang akan menghancurkannya. Sosiologi bisa digunakan sebagai alat untuk mengagkat kaum tertindas melawan penindas dan mewujudkan cita-cita masyarakat tanpa kelas.

Menurut Anthony Giddens

Pengertian sosiologi menurut Giddens yaitu sosiologi adalah studi tentang kehidupan sosial menusia, grup, dan masyarakat.

Menurut Roucek dan Warren

Pengertian sosiologi menurut Roucek dan Warren merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hubungan antara manusia dengan kelompok-kelompoknya.

Menurut Kingsley Davis

Definisi sosiologi menurut Kingsley Davis secara singkat adalah ilmu pengetahuan umum tentang masyarakat.

Menurut Robert E. Park

Pengertian sosiologi menurut Robert E. Park adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku kolektif manusia.

Menurut William Kornblum

Sosiologi menurut William Kornblum merupakan upaya ilmiah yang mempelajari tentang masyarakat dan perilaku sosialnya. Dari perilaku sosial tersebut menjadikan masyarakat ikut atau terlibat dalam berbagai kelompok dan juga kondisi.

Menurut Auguste Comte

Arti sosiologi menurut Auguste Comte didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari fenomena sosial dengan hukum-hukum tetap yang menjadi objek investigasinya.

Menurut Mayor Polak

Pengertian sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masyarakat secara keseluruhan, yakni dari hubungan manusia dengan kelompok serta kelompok dengan kelompok, baik kelompok formal atau material, dan juga antara kelompok statis dengan dinamis.

William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkoff

Pengertian sosiologi menurut Ogburn dan Nimkoff adalah sebuah studi ilmiah tentang kehidupan sosial.

Menurut Franklin Henry Giddings

Definisi sosiologi menurut Giddings diartikan sebagai ilmu tentang fenomena sosial.

Menurut Erving Goffman

Pengertian sosiologi diartikan Erving Goffman sebagai sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Menurut De Saint Simon

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari masyarakat mengenai berbagai aksi dari segala usaha kolektif termasuk spiritual ataupun material, yang mana untuk mengatasi aksi para peserta individual.

Menurut Selo Sumarjan dan Soelaeman Soemardi

Arti sosiologi menurut Sumarjan dan Soemardi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari struktur, proses, dan perubahan sosial dalam masyarakat.

Menurut Herbert Spencer

Menurut Spencer, sosiologi merupakan ilmu yang menyelidiki tentang susunan-susunan dan proses kehidupan sosial sebagai suatu keseluruhan atau suatu sistem.

Menurut Paul B. Horton

Definisi sosiologi diartikn sebagai ilmu yang banyak atau lebih menjuru pada penelaahan pada kehidupan kelompok dan juga pada produk kehidupan dari kelompok itu sendiri.

Menurut Henry Fairchild

Menurut Fairchild, pengertian sosiologi adalah studi tentang manusia dan lingkungannya serta relasinya dengan manusia lain.

Menurut Alex Inkeles

Pengertian sosiologi menurut Alex Inkeles merupakan studi tentang sistem tindakan sosial dan interrelasinya

Menurut Hasan Shadily

Arti sosiologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai masyarakat atau kemasyrakatan yang mana manusia sebagai anggota golongan atau sebagai masyarakatnya, bukan sebagai individu yang terlepas dari golongan atau masyarakat itu sendiri, terkait berbagai ikatan adat, kebiasaan, kepercayaan, tingkah laku serta berbagai kesenian yang meliputi berbagai aspek kehidupan.

Menurut C. Wright Mills

Arti sosiologi menurut Wright Mills adalah ilmu yang digunakan untuk memahami apa yang terjadi di dunia maupun dalam diri manusia.

Menurut F.G. Robbins

Sosiologi merupakan pendidikan yang sosiologi tersebut secara khusus yang memiliki tugas dalam menyelidiki struktur dan dinamika proses pendidikan, meliputi teori dan filsafat pendidikan, sistem kebudayaan, struktur kepribadian dan hubungan kesemua berdasarkan tata sosial masyarakat.

Menurut Emile Durkheim

Pengertian sosiologi menurut Durkheim yaitu sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta dan institusi sosial.

Menurut Allan Jhonson

Arti sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dan perilaku, khususnya yang ada kaitannya dengan sistem sosial dan bagaimana sistem sosial itu dapat mempengaruhi pada orang lain, serta bagaimana pula tentang orang-orang yang ada di dalamnya yang ikut berpengaruh pada sistem tersebut.

Menurut Gillin

Pengertian sosiologi ialah ilmu pengetahuan yang menjelasakan tentang interaksi dalam kehidupan masyarakat. Interaksi ini dapat mengakibatkan perpecahan sosial atau hancurkan keteraturan sosial masyarakat akan tetapi dapat pula membentuk integrasi sosial (persatuan masyarakat).

Menurut A.A Von Dorn & C. J Lammers

Pengertian sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang membahas tentang struktur dan proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

Menurut J. Bierens De Haan

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan tentang masyarakat manusia, baik mengenai hakekat, susunannya, hubungannya, kodrat-kodrat yang menggerakannya, mengenai kesehatan, dan perkembangan masyarakat.

Menurut Albion Small

Definisi sosiologi menurut Small diartikan sebagai ilmu pengetahun yang mempelajari relasi sosial.

Menurut George Simmel

Pengertian sosiologi menurut pendapat George Simmel merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan sesama manusia.

Menurut M. Sitorus

Pengertian sosiologi adalah ilmu yang membahas tentang interaksi manusia dengan manusia lainnya pada sebuah kelompok tertentu di antaranya seperti keluarga, kelas sosial, masyarakat serta produk yang ada berdasarkan interaksi tersebut seperti norma, kebiasaan yang diyakinkan oleh kelompok/masyarakat tersebut.

Menurut Koentjaraningrat

Arti sosiologi menurut Koentjaraningrat adalah suatu proses yaitu proses belajar kebudayaan dalam hubungan dengan sistem sosial.

Menurut Gustav Ratzenhofer

Sosiologi merupakan pengetahuan tentang hubungan manusia dengan kewajibannya untuk menyelidiki dasar dan terjadinya evolusi sosial serta kemakmuran umum bagi anggota-anggotanya.

Menurut Vander Zanden

Pengertian sosiologi adalah studi ilmu yang memberikan pengajaran dan pembejaran tentang interaksi manusia di masyarakat. Interaksi ini menjadi fokus utama, alasannya karena dengan interaksi sosial sifat serta tabiat seseorang akan terlihat.

Menurut Marshal Jones

Marshal Jones mendefinisikan pengertian sosiologi sebagai sebuah studi tentang relasi individu dengan kelompok sosial.

Menurut Kimball Young & Raymond Mack

Pengertian sosiologi menurut Young dan Mack yaitu studi saintifik tentang aspek sosial dari kehidupan manusia.

Menurut P. J. Bouman

Sosiologi merupakan ilmu pengatahuan yang mempelajari mengani hubungan sosial antar oknum dari satu dengan oknum lainnya dan oknum golongan, serta sifat dan perubahan dari lembaga-lembaga dari hasil pemikiran sosial.

Menurut Morris Ginsberg

Definisi sosiologi menurut Morris Ginsberg adalah sebuah studi tentang interaksi manusia dan interrelasinya, kondisinya dan konsekuensinya.

Menurut Charles Ellwood

Pengertian sosiologi menurut Charles Ellwood adalah pengetahuan yang menguraikan hubungan manusia dan golongannya, asal kemajuannya, bentuk, dan kewajibannya.

Menurut Green

Pengertian sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari megenai bebagai kehidupan manusia tehadap masyarakat terkait dengan berbagai aspek.

Menurut Priyotamtomo

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku masyarakat serta perilaku sosial manusia berdasarkan dengan meneliti kelompok yang telah dibangunnya, mencangkup berbagai aspek di antaranya seperti keluarga, suku, komunitas, pemerintah, organisasi sosial, kelompok ekonomi, kelompok politik, dan lain sebagainya.

Menurut Siti Waridah & J. Sukardi

Sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mengulas tentang terkait sosial antar-sesama manusia (individu-individu), antar-individu dan ide-ide sosial.

Menurut Drs. Ary H. Gunawan

Definisi sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memecahkan masalah dengan analisis atau pendekatan sosiologis.

Menurut Cuber

Pengertian sosiologi merupakan studi pengetahuan masyarakat yang member batasan pada ruang lingkup hubungan sosial dan timbal-balik yan dihasilkan. Dalam definisi ini secara singkat menjelasakan bahwa sosiologi berfokus pada hubungan manusia.

Menurut Talcott Parson

Definisi sosiologi menurut Talcott Parson merupakan suatu tindakan sosial berdasarkan tujuan, situasi, motivasi dan aturan yang mengikat.

Nah itulah referensi pengertian sosiologi menurut para ahli beserta arti dan definisi sosiologi secara umum. Terdapat banyak referensi mengenai apa itu arti sosiologi menurut para pakar dan ahli di bidang sosiologi yang disebut sebagai sosiolog.

Tinggalkan komentar