Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Secara Umum – Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara di mana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.

Kata “sistem” banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

Jadi bisa diartikan bahwa definisi sistem adalah suatu kumpulan objek atau unsur-unsur atau bagian-bagian yang memiliki arti berbeda-beda yang saling memiliki hubungan, saling berkerjasama dan saling memengaruhi satu sama lain serta memiliki keterikatan pada rencana yang sama dalam mencapai suatu tujuan tertentu pada lingkungan yang kompleks.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Adapun manfaat sistem yaitu untuk menyatukan atau mengintegrasikan semua unsur yang ada dalam suatu ruang lingkup, dimana komponen-komponen tersebut tidak dapat berdiri sendiri. Komponen atau sub sistem harus saling berintegrasi dan saling berhubungan untuk membentuk satu kesatuan sehingga sasaran dan tujuan sistem tersebut bisa tercapai.

Unsur Unsur Sistem

  • Adanya kumpulan objek
  • Andanya hubungan atau interaksi antara unsur-unsur atau elemen-elemen.
  • Terdapat sesuatu yang mengikat unsur-unsur tersebut menjadi suatu satu kesatuan.
  • Berada pada suatu lingkungan yang utuh dan kompleks.
  • Terdapat tujuan bersama (output) sebagai hasil akhirnya

Jenis Jenis Sistem

Ada berbagai tipe sistem berdasarkan kategori, berikut penjelasannya :

  • Atas dasar keterbukaan: sistem terbuka, di mana pihak luar dapat mempengaruhinya. Kemudian sistem tertutup.
  • Atas dasar komponen: Sistem fisik, dengan komponen materi dan energi. Kemudian sistem non-fisik atau konsep, berisikan ide-ide.

Elemen yang Membentuk Sistem

  • Objek, merupakan bagian, elemen atau variabel. Ia dapat berupa benda fisik, abstrak atau keduanya.
  • Atribut, merupakan penentu kualitas atau sifat kepemilikian sistem dan objeknya.
  • Hubungan internal, merupakan penghubungan diantara objek-objej yang terdapat dalam sebuah sistem.
  • Lingkungan, merupakan tempat dimana sistem berada.
  • Tujuan, Setiap sistem memiliki tujuan dan tujuan inilah yang menjadi motivasi yang mengarahkan sistem.
  • Masukan, adalah sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan untuk diproses.
  • Proses, Bagian yang melakukan perubahan dari masukan menjadi keluaran.
  • Keluaran, adalah hasil dari proses. Pada sistem informasi berupa informasi atau laporan, dll.
    Batas, adalah pemisah antara sistem dan daerah luar sistem.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Selain pengertian sistem secara umum, para ahli dan pakar memiliki pandangan dan pendapat yang berbeda beda dalam mendefinisikan apa itu sistem. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian sistem menurut para ahli secara lengkap.

Menurut Davis, G.B

Sistem merupakan gabungan dari berbagai elemen yang bekerja sama untuk mencapai suatu target.

Menurut Harijono Djojodihardjo

Sistem merupakan gabungan obyek yang memiliki hubungan secara fungsi dan hubungan antara setiap ciri obyek, secara keseluruhan menjadi suatu kesatuan yang berfungsi.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Sistem adalah seperangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain.

Menurut L. James Havery

Sistem merupakan prosedur logis dan rasional guna melakukan atau merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain.

Menurut C.W. Churchman

Sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan dengan selaras dan harmonis untuk melaksanakan seperangkat pada tujuan.

Menurut Henry Prat Fairchild dan Eric Kohler

Sistem adalah sebuah rangkaian yang saling terkait antara beberapa bagian dari yang terkecil, jika suatu bagian/sub bagian terganggu, maka bagian yang lainnya ikut merasakan ketergangguan tersebut.

Menurut Musanef

Sistem adalah suatu sarana yang menguasai pekerjaan dan keadaan agar mampu menjalankan tugas dengan teratur.

Menurut Anatol Raporot

Pengertian sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.

Menurut Inu Kencana Syafie

Sistem adalah kesatuan yang utuh dari sesuatu rangkaian yang terikat satu dengan yang lainnya.

Menurut Webster’s Unabridged

Definisi sistem adalah elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan atau organisasi.

Menurut Bonnie Soeherman dan Marion Pinontoan

Sistem adalah serangkaian komponen-komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut Pilecki

Sistem adalah sekumpulan objek dan menghubungkan objek itu dengan atributnya atau dengan kata lain, sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari sejumlah bagian-bagian, atribut dari bagian dan hubungan antara bagian dengan atribut.

Menurut J.C. Hinggins

Sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang saling berhubungan.

Menurut Koentjaraningrat

Pengertian sistem adalah susunan yang berfungsi dan bergerak.

Menurut Lani Sidharta

Sistem merupakan sekumpulan unsur – unsur yang saling berkaitan yang secara bersama beroperasi untuk meraih tujuan yang sama.

Menurut Murdick, R.G

Sistem merupakan sekumpulan elemen yang terdiri dari prosedur atau bagan pengolahan untuk mencari tujuan bersama atau tujuan bagian dengan cara mengoperasikan barang atau data pada waktu tertentu. Agar bisa menghasilkan informasi, energi atau data yang diinginkan.

Menurut Jerry Futz Gerald

Sistem merupakan sebuah jaringan kerja daripada prosedur – prosedur yang saling berkaitan, berkumpul secara bersama – sama agar bisa beroperasi sebuah kegiatan atau menyelesaikan tujuan tertentu.

Menurut John Mc Manama

Sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efisien.

Menurut Tata Sutabri

Sistem yang abstrak adalah susunan yang teratur dari gagasan-gagasan atau konsepsi yang saling tergantung. Sedangkan sistem yang bersifat fisis adalah serangkaian unsur yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan.

Menurut Indrajit

Sistem merupakan kumpulan dari komponen – komponen yang memiliki elemen saling berhubungan satu sama lain.

Menurut Hanif Al Fata

Definisi sistem adalah kumpulan dari bagian-bagian yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama atau sekumpulan objek-objek yang saling berelasi dan berinteraksi.

Menurut Jogiyanto

Sistem adalah gabungan dari berbagai elemen yang berhubungan dan berinteraksi untuk menyelesaikan tujuan tertentu. Sistem ini menggambarkan kejadian- kejadian dan kesatuan adalah obyek nyata. Misalnya, tempat, benda, dan orang – orang yang benar- benar ada dan nyata.

Menurut Arifin Rahman

Sistem adalah sekumpulan beberapa pendapat (Collection of opinions), prinsip-prinsip, dan lain-lain yang telah membentuk satu kesatuan yang saling berhubungan antar satu sama lain.

Menurut Ludwig Von Bertallanffy

Pengertian sistem adalah suatu kumpulan unsur yang berada pada kondisi yang saling berinteraksi.

Menurut McLeod

Arti sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.

Menurut Lucas

Sistem adalah suatu himpunan komponen atau variabel yang teroraganisasi, saling berinteraksi, saling bergantungan satu sama lain dan terpadu.

Menurut Wilkinson

Sistem adalah suatu kerangka kerja terpadu yang mempunyai satu sasaran atau lebih. Sistem ini mengkoordinasikan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengubah masukan-masukan menjadi keluaran. Sumber daya dapat berupa manusia, bahan, mesin, maupun tenaga surya tergantung pada jenis sistem yang dibicarakan.

Menurut R. Fagen dan A. Hall

Pengertian sistem adalah suatu kumpulan objek yang meliputi hubungan antara objek tersebut atau Understanding of the system is a set of objects, which includes the relationship between the objeck, serta hubungan antara sifat yang mereka punya (the relationship between their properties).

Menurut Colin Cherry

Sistem adalah suatu keseluruhan yang telah dibentuk dari berbagai macam bagian atau suatu assambel dari berbagai macam sifat dan bagian-bagian tersebut.

Menurut Pamudji

Sistem adalah suatu keseluruhan atau kebulatan yang terorganisir atau kompleks (An Overall Roundness or Complex or Organized), suatu perpaduan atau himpunan beberapa hal atau bagian-bagian yang membentuk pada suatu keseluruhan atau kebulatan yang utuh dan kompleks (a set or mix of thingx or parts forming part of a roundness or complex whole and intact). Suatu keseluruhan atau kebulatan yang utuh, dimana didalamnya terdapat beberapa macam kompunen yang pada gilirannya termasuk sistem tersendiri (A Determination or unified whole, in which there are components which in turn is a separate system) yang mempunyai fungsi secara masing-masing yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya berdasarkan pola, norma atau tata tertentu dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan (has the function of each are interconnected to one another according to a pattern, system or certain norms in order to achieve a goal).

Menurut Prajudi

Definisi sistem adalah suatu jaringan dari beberapa prosedur yang saling memiliki keterkaitan satu sama lain berdasarkan pola atau skema yang bulat untuk menggerakkan suatu fungsi yang utama dan suatu urusan ataupun usaha.

Menurut W.J.S Poerwadarminta

Sistem adalah sekelompok bagian atua alat dan sebagainya yang saling bekerjasama untuk bisa melakukan suatu maksud.

Menurut Salisbury

Sistem adalah sekelompok bagian atau komponen-komponen yang bekerja sama sebagai suatu kesatuan fungsi.

Menurut Sumantri

Sistem adalah sekelompok bagian yang saling bekerja sama untuk menjalankan suatu maksud. Kalau terjadi kerusakan terhadap salah satu bagian maka sistem atau seluruh bagian tersebut tidak akan bisa mengeksekusi tugasnya secara total. Dengan kata lain, maksud yang ingin dicapai tak akan terpenuhi atau setidak-tidaknya sistem yang sudah terwujud akan mendapatkan gangguan.

Menurut Musanef

Sistem adalah suatu kesatuan yang utuh dari suatu rangkaian yang saling terikat satu dengan yang lainnya. Bagian kecil atau anak cabang dari suatu sistem telah menjadi induk sistem dari rangkaian yang selanjutnya. Kondisi tersebut yang semakin terus terjadi sampai tiba pada saat terdapat bagian yang mengganggu kestabilan sistem itu sendiri.

Menurut Sukarna

Definisi sistem adalah suatu kumpulan fakta, pendapat, kepercayaan dan lain-lain yang tersusun dalam suatu cara yang teratur, semisal sistem filsafat.

Menurut Simatupang

Pengertian Sistem adalah sebagai suatu kesatuan yang rumit atau kompleks dimana dibentuk oleh beberapa bagian yang senantiasa berbeda-beda yang masing-masing terikat pada rencana sama atau kontribusi supaya dapat mencapai tujuan bersama.

Menurut Voich dan Shrode

Voich dan Shrode menyatakan bahwa pengertian sistem adalah suatu kumpulan unsur atau bagian yang saling berhubungan, saling bergantung dan bekerja sama untuk bisa mencapai tujuan tertentu dalam lingkungan yang utuh dan kompleks.

Menurut Robert Allen dan Mark Victor Hansen

Arti sistem adalah prosedur yang terorganisir dan mapan yang membuahkan hasil.

Menurut Edgar F. Huse dan James L. Bowdict

Sistem merupakan suatu seri atau rangkaian beberapa bagian yang berhubungan dan bergantung sedemikian rupa, hingga menimbulkan interaksi dan saling pengaruh.

Menurut O’brien

Sistem adalah sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam transformasi yang teratur.

Menurut Bertalanffy

Sistem adalah sekumpulan komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama.

Menurut Djekky R. Djoht

Sistem adalah agregasi atau pengelompokan objek-objek yang dipersatukan oleh beberapa bentuk interaksi yang tetap atau saling tergantung, sekelompok unit yang berbeda, yang dikombinasikan sedemikian rupa oleh alam atau oleh seni sehingga membentuk suatu keseluruhan yang integral dan berfungsi, beroperasi, atau bergerak dalam satu kesatuan.

Menurut L. Ackof

Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.

Menurut Azhar Susanto

Sistem adalah kumpulan/group dari sub sistem/bagian/komponen apapun baik fisik maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan tertentu.

Menurut Zulkufli A.M.

Sistem adalah himpunan suatu “benda” nyata atau abstrak (a set of thing) yang terdiri dari bagian-bagian atau komponen-komponen yang saling berkaitan, berhubungan, berketergantungan, dan saling mendukung, yang secara keseluruhan bersatu dalam satu kesatuan (unity) untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif.

Menurut Umar Fahmi Achmadi

Sistem adalah tatanan yang menggambarkan adanya rangkaian berbagai komponen yang memiliki hubungan serta tujuan bersama secara serasi, terkoordinasi yang bekerja atau berjalan dalam rangka waktu tertentu dan terencana.

Menurut Mulyadi

Sistem pada dasarnya adalah sekelompok unsur yang erat berhubungan antara satu dengan yang lainnya, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut Andri Kristanto

Andri Kristanto menyatakan bahwa pengertian sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur yang saling berkaitan, berkumpul bersama untuk dapat melakukan aktivitas atau menyelesaikan suatu target tertentu.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian sistem secara umum dan menurut para ahli [Terlengkap]. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi ilmu pengetahuan dalam memahami apa itu sistem.

Tinggalkan komentar