Pengertian Sel Beserta Definisi, Fungsi, Struktur, dan Penjelasannya

Pengertian Sel Beserta Definisi, Fungsi, Struktur, dan Penjelasannya

Pengertian sel – Sel merupakan unit terkecil yang menyusun setiap organisme. Sel memiliki peran dan fungsi penting bagi keberlangsungan suatu makhluk hidup, baik manusia, hewan, dan tumbuhan. Selain itu terdapat beberapa organel dan bagian-bagian sel yang memiliki struktur dan fungsi masing-masing.

Sel berasal dari kata “cella” dari bahasa Yunani, yang berarti ruangan berukuran kecil. Sel memang diartikan sebagai satuan terkecil penyusun makhluk hidup. Pada tiap makhluk hidup seperti manusia, hewan atu tumbuhan, sel menjadi komponen penyusunnya.

(baca juga bagian-bagian sel)

pengertian sel

Pengertian Sel

Di bawah ini merupakan beberapa pengertian sel menurut KBBI, secara umum, serta definisinya menurut pendapat para ahli biologi.

Arti Sel Menurut KBBI

Pengertian sel menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah bagian atau bentuk terkecil dari organisme, terdiri atas satu atau lebih inti, protoplasma, dan zat-zat mati yang dikelilingi oleh selaput sel.

Definisi Sel Secara Umum

Pengertian sel secara umum merupakan kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup dan merupakan unit penyusun semua makhluk hidup. Sel mampu melakukan semua aktivitas kehidupan dan sebagian besar reaksi kimia untuk mempertahankan kehidupan berlangsung di dalam sel.

Singkatnya, definisi sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil penyusun. Tentu dalam perkembangannya, sel didefinisikan menjadi lebih kompleks dengan penjabaran lebih luas. Tiap jaringan sel pada tumbuhan, hewan, dan manusia juga berbeda-beda satu sama lain.

Pengertian Sel Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa pengertian dan definisi sel menurut pendapat para ahli biologi.

Menurut Robert Hooke (1665)

Pengertian sel menurut Robert Hooke merupakan tempat-tempat kecil yang dibatasi oleh dinding. Definisi itu ia ungkapkan setelah melakukan penelitian sederhana terhadap sebuah gabus dengan menggunakan mikroskop sederhana.

Menurut Robert Brown (1831)

Menurut Robert Brown, diketahui bahwa inti sel selalu terdapat dalam sel hidup dan kehadiran inti sel itu sangat penting, yaitu untuk mengatur segala proses terjadi didalam sel.

Menurut Max Schultze

Sel didefinisikan sebagai bagian yang mengandung protoplasma yang merupakan tempat terjadinya proses hidup.

Menurut Felix Fontana (1781)

Felix Fontana mengungkapkan bahwa sel terdiri dari nukelus dan nukleolus (anak inti). Ia merupakan orang pertama yang menemukan adanya nukleus (inti sel) di dalam sel hewan.

Menurut Rene Dutrochet (1824)

Rene Dutrochet mengungkapkan bahwa definisi sel adalah bagian-bagian yang menyusun semua jaringan organ tumbuhan dan jaringan hewan.

Menurut Theodor Schwann (1839)

Arti sel didefinisikan sebagai bagian-bagian yang menyusun semua makhluk hidup yang ada.

Menurut Rudolph Vircow (1855)

Pengertian sel merupakan mata rantai terakhir dalam rantai besar yang membentuk jaringan organ, sistem, dan individu.

Menurut Matthias Jacob Schleiden (1838)

Pengertian sel menurut Matthias Jacob Schleiden adalah unit struktural dan fisiologi pada setiap makhluk hidup.

Menurut Alexander Braun (1845)

Definisi sel menurut Alexander Braun merupakan unit dasar dari kehidupan.

Fungsi Sel

Sel memiliki banyak fungsi, selain sebagai satuan penyusun makhluk hidup. Berikut merupakan beberapa tugas dan fungsi sel secara umum bagi organisme atau makhluk hidup.

  • Fungsi metabolisme, sebagai tempat proses metabolisme dan reaksi kimia di dalam tubuh.
  • Fungsi komunikasi, yang menerima dan mengirim sinyal dari dan kepada sel lain untuk interaksi antar organisme uniseluler dan mengatur perkembangan tubuh organisme multiseluler.
  • Fungsi siklus sel, untuk melakukan pertumbuhan sel, replikasi DNA, pemisahan DNA, serta pembelahan sel.
  • Fungsi diferensiasi sel, untuk menciptakan keberagaman jenis sel yang muncul selama perkembangan suatu organisme multiseluler dari sebuah sel telur yang sudah dibuahi.
  • Fungsi kematian sel terprogram, yang berguna untuk pengendalian populasi sel dengan cara mengimbangi perbanyakan sel.

Nah itulah referensi pengertian sel menurut para ahli beserta arti dan definisi sel secara umum selengkapnya. Dijelaskan juga apa saja peran dan fungsi sel secara umum bagi organisme. Semoga bisa menjadi tambahan referensi dan wawasan pengetahuan.

Tinggalkan komentar