Pengertian Proposal Beserta Arti dan Definisinya Menurut Para Ahli

Pengertian Proposal Beserta Arti dan Definisinya Menurut Para Ahli

Pengertian proposal – Proposal merupakan sebuah rencana dalam bentuk rancangan kerja yang sistematis dan mendetail. Tujuan proposal penting untuk memberi gambaran dan rancangan terkait sebuah kegiatan, penelitian atau usaha. Lantas apa sebenarnya arti dan definisi proposal secara umum?

Kita tentu tidak asing dengan istilah proposal. Pembuatan proposal kerap dilakukan saat akan diadakan sebuah kegiatan. Saat sekolah atau kuliah, pelajar sering membuat proposal penelitian saat menyusun skripsi atau tugas akhir. Proposal harus diajukan terlebih dahulu sebelum kita melakukan penelitian atau kegiatan lainnya.

Tujuan dibuatnya proposal adalah untuk memberi gambaran sebuah kegiatan atau penelitian yang dilakukan. Proposal juga berguna untuk mendapat izin dan persetujuan dari pihak tertentu. Terkadang proposal penting untuk mendapat dana sponsor atau investor dalam bidang usaha.

Struktur proposal terdiri dari beberapa unsur-unsur tertentu, misalnya seperti latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, asumsi penelitian, manfaat, ruang lingkup, kajian pustaka, dan definisi operasional. Pada jenis proposal lain juga bisa memiliki struktur berbeda.

Adapun jenis-jenis proposal berdasarkan isi dan tujuannya dibedakan menjadi proposal kegiatan, proposal penelitian, proposal bisnis/usaha, serta proposal proyek. Sementara berdasarkan format dan bentuknya, proposal terdiri dari proposal formal, proposal semi formal serta proposal non-formal.

pengertian proposal

Pengertian Proposal

Apa yang dimaksud proposal? Di bawah ini akan dijelaskan pengertian proposal, baik artinya menurut KBBI, definisinya secara umum serta pengertiannya menurut para ahli.

Arti Proposal Menurut KBBI

Pengertian proposal menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Proposal diartikan sebagai sebuah perencanaan yang akan diterapkan dalam bentuk rancangan kerja.

Definisi Proposal Secara Umum

Pengertian proposal secara umum adalah suatu rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kegiatan dalam bentuk tulisan dan dijelaskan secara sistematis dan terperinci. Proposal umumnya dijadikan pedoman kerja atau acuan dalam pelaksanaan kegiatan yang direncanakan.

Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa arti dan definisi proposal menurut para ahli ditampilkan beserta penjelasan lengkapnya.

Menurut Hasnun Anwar (2004)

Pengertian proposal menurut pendapat Hasnun Anwar adalah suatu rencana yang disusun untuk pelaksanaan kegiatan tertentu.

Menurut Keraf (2001)

Definisi proposal menurut Keraf adalah suatu saran atau permintaan kepada seseorang  atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu pekerjaan.

Menurut Rieefky

Arti proposal menurut Rieefky adalah suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar. Penulisan proposal adalah suatu langkah penggabungan dari berbagai perencanaan yang telah dibuat dalam tahap¬tahap sebelumnya.

Menurut Jay (2006)

Definisi proposal menurut Jay merupakan suatu alat bantu manajemen standar agar manajemen organisasi dapat berfungsi secara efektif dan efisien.

Menurut Hadi 

Pengertian proposal menurut Hadi adalah suatu usulan terstruktur untuk agenda kerjasama bisnis antar lembaga, perusahaan, usulan kegiatan sampai pada pemecahan masalah.

Nah itulah referensi pengertian proposal secara lengkap termasuk arti proposal menurut KBBI dan definisi proposal menurut para ahli. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan.

Tinggalkan komentar