Pengertian Nasionalisme | Arti, Tujuan & Ciri-Cirinya Menurut Para Ahli

Pengertian Nasionalisme | Arti, Tujuan & Ciri-Cirinya Menurut Para Ahli

Pengertian nasionalisme – Sebagai warga Indonesia, kita harus memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Hal ini penting untuk menjaga kedaulatan NKRI dan agar mampu mengharumkan nama bangsa. Namun tahukan kamu apa sebenarnya pengertian dan definisi nasionalisme itu?

Nasionalisme bisa diartikan sebagai sebuah paham kebangsaan dari masyarakat suatu negara yang memiliki kesadaran dan semangat cinta tanah air dan bangsa yang ditunjukkan melalui sikap dan tingkah laku individu atau masyarakat.

Sebagai warga negara yang baik, tentu kita harus menumbuhkan jiwa nasionalisme. Hal ini penting untun mendorong persatuan nasional dan menjaga kedaulatan bangsa. Di Indonesia, semangat nasionalisme dan patriotisme harus searah dengan butir-butir Pancasila selaku dasar negara.

Adanya sikap nasionalisme juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat rela berkorban bagi bangsa serta menjaga hubungan rukun dan harmonis antar masyarakat. Indonesia juga dikenal dengan budaya gotong royong yang turut mendorong jiwa nasionalisme masyarakat.

(baca juga pengertian bangsa)

pengertian nasionalisme

Pengertian Nasionalisme

Di bawah ini akan dijelaskan apa itu pengertian nasionalisme secara umum serta definisinya menurut KBBI dan menurut para ahli.

Arti Nasionalisme Menurut KBBI

Pengertian nasionalisme menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah seuah paham (ajaran) untuk mencintai bangsa dan negara sendiri; sifat kenasionalan. Nasionalisme juga bisa diartikan sebagai kesadaran keanggotaan dalam suatu bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabadikan identitas, integritas, kemakmuran, dan kekuatan bangsa itu; semangat kebangsaan.

Definisi Nasionalisme Secara Umum

Pengertian nasionalisme secara umum adalah suatu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia yang mempunyai tujuan atau cita-cita yang sama dalam mewujudkan kepentingan nasional.

Paham nasionalisme ini juga diartikan sebagai rasa dan keinginan untuk mempertahankan negaranya dan menjaga kedaulatan bangsa, baik dari ancaman integrasi nasional dari pihak internal maupun eksternal.

Pengertian Nasionalisme Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa pengertian dan definisi nasionalisme menurut pendapat para ahli dan pakarnya.

Menurut Otto Bauar

Pengertian nasionalisme menurut Otto Bauar merupakan suatu persatuan perangai atau karakter yang timbul karena perasaan senasib.

Menurut Ernest Renan

Menurut pendapat Ernest Renan, definisi nasionalisme secara singkat adalah kehendak untuk bersatu dan bernegara.

Menurut Hans Kohn

Definisi nasionalisme menurut Hans Kohn merupakan sebuah formalisasi (bentuk) dan rasionalisasi dari kesadaran nasional berbangsa dan bernegara sendiri.

Menurut Dr. Hertz

Arti nasionalisme adalah sebuah hasrat untuk mencapai kesatuan, hasrat untuk merdeka, hasrat untuk mencapai keaslian dan hasrat untuk memiliki cita-cita bersama.

Menurut Louis Sneyder

Menurut Louis sneyder, sikap nasionalisme berkaitan erat dengan sikap berpolitik, berekonomi, bersosial dan berintelektual. Sebuah negara yang besar memang harus memiliki kekuatan dalam keempat aspek penting ini.

Menurut L. Stoddard

Menurut L. Stoddard, nasionalisme diartikan sebagai suatu kepercayaan yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat dimana mereka menyatakan rasa kebangsaan sebagai perasaan memiliki secara bersama di dalam suatu bangsa.

Menurut Smith

Arti nasionalisme adalah suatu gerakan ideologis yang digunakan untuk meraih dan memelihara otonomi, kohesi, dan individualitas. Gerakan ini dilakukan oleh satu kelompok sosial tertentu yang diakui oleh beberapa anggotanya guna membentuk atau menentukan satu bangsa atau yang berupa potensi saja.

Menurut Benedict Anderson

Arti nasionalisme menurut Benedict Anderson adalah sebuah rasa kesadaran jika suatu individu berada di dalam suatu komunitas atau negara tertentu. Dengan adanya rasa kesadaran ini, maka individu tersebut harus memajukan komunitas atau negara yang diyakini sebagai negaranya.

Tujuan Nasionalisme

Nasionalisme memiliki fungsi dan tujuan tersendiri. Tujuan nasionalisme ini juga sejalan dengan tujuan negara Indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dan tujuan nasionalisme secara umum.

  • Meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa.
  • Menumbuhkan semangat rela berkorban bagi tanah air dan bangsa.
  • Membangun hubungan yang rukun dan harmonis antar individu dan masyarakat dalam sebuah negara.
  • Mempererat tali persaudaraan antar sesama anggota masyarakat.
  • Menstabilkan kondisi perekonomian rakyat secara nasional.
  • Mendahulukan kepentingan bangsa dibndingkan kepentingan pribadi.
  • Menjaga bangsa dari ancaman disintegrasi bangsa oleh pihak-pihak dari dalam atau luar negeri.

Ciri-Ciri Nasionalisme

Nasionalisme memiliki beberapa ciri-ciri dan karakteristik tertentu. Sifat-sifat nasionalisme antara lain mengandung unsur persatuan dan kesatuan bangsa secara nasional. Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri nasionalisme selengkapnya.

  • Terdapat unsur persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Terdapat organisasi modern yang sifatnya nasional.
  • Perjuangan yang dilakukan sifatnya nasional secara menyeluruh.
  • Bertujuan untuk kemerdekaan dan mendirikan negara merdeka dimana kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat.
  • Mengutamakan akal dan pikiran.
  • Mengutamakan kepentingan bangsa secara nasional dibandingkan kepentingan pribadi atau kelompok tertentu.

Nah itulah pembahasan referensi pengertian nasionalisme menurut para ahli serta arti dan definisinya secara umum. Selain itu dijelaskan juga tujuan dan ciri-ciri nasionalisme secara lengkap. Semoga bisa menjadi tambahan referensi dan wawasan.

Tinggalkan komentar