pengertian musik menurut para ahli

Pengertian Musik | Definisi, Fungsi, Unsur-Unsur, Jenis-Jenis [Lengkap]

Pengertian seni musik – Apa yang dimaksud musik? Kita tentu tidak asing dengan kata musik, mungkin kita sering mendengarkan musik setiap hari. Tapi tahukah kamu apakah arti musik yang benar? Musik merupakan salah satu bentuk kesenian yang didengarkan lewat indera pendengaran  atau telinga.

Mungkin setiap hari kita mendengarkan musik. Entah itu lagu Indonesia, lagu barat atau lagu-lagu lain, kehadiran musik tak bisa dipisahkan. Media mendengarkan musik pun beragam. Jika dulu kita mendengar musik lewat CD atau kaset, kini musik bisa didengar lewat berbagai platform atau aplikasi musik online lainnya.

Secara umum ada 2 jenis-jenis musik yakni musik tradisional dan musik modern. Selain itu, ada juga beberapa jenis genre musik modern seperti pop, rock, jazz, hip hop, R&B, reggae, metal, blues, punk, dangdut, dan lain-lain. Tiap orang tentu punya selera musik berbeda-beda satu sama lain.

Lantas apa sebenarnya arti musik itu sendiri? Apakah musik itu harus berupa sebuah lagu yang dirilis di pasaran? Ataukah semua jenis suara yang membentuk irama dapat disebut sebagai musik? Hal ini lah yang akan dibahas dalam penjelasan pengertian seni musik di bawah ini.

(baca juga pengertian seni tari)

pengertian musik menurut para ahli

Pengertian Musik

Di bawah ini adalah beberapa arti, definisi dan pengertian seni musik, baik secara umum, menurut KBBI maupun penjelasan menurut para ahli selengkapnya.

Arti Musik Menurut KBBI

Arti musik menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

Definisi musik juga bisa diartikan sebagai nada atau suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Definisi Musik Secara Umum

Pengertian musik secara umum merupakan suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.

Ada banyak fungsi musik seperti untuk hiburan, untuk ekspresi diri, untuk alasan ekonomi dan bisnis, untuk upacara dan ritual, untuk menenangkan hati, untuk mediasi dan lain sebagainya. Musik secara umum dibagi menjadi musik tradisional dan musik modern.

Pengertian Musik Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa definisi dan pengertian seni musik menurut para ahli, baik ahli luar negeri maupun ahli dalam negeri.

Menurut Aristoteles

Pengertian musik menurut Aristoteles adalah curahan kemampuan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam satu rentetan nada (nelodi) yang memiliki irama.

Menurut Shcopenhauer

Shcopenhauer, seorang filsuf asal Jerman ini berpendapat bahwa arti seni musik adalah melodi yang syairnya berupa alam semesta

Menurut David Ewen

Pengertian seni musik adalah ilmu pengetahuan serta seni mengenai kombinasi ritmik dan beberapa nada, baik vokal ataupun instrumental yang mencangkup melodi serta harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu hal yang menginginkan diungkapkan terlebih dalam segi emosional.

Menurut Adjie Esa Poetra

Pengertian seni musik adalah sebuah bunyi yang teratur, bukan saja bersifat moral normatif, melainkan juga diakui selaras yang berdasarkan penghitungan para ahli ilmu fisika.

Menurut Dello Joio

Pengertian musik menurut Dello Joio adalah sesuatu yang bisa menambah pengetahuan dan pandangan, selain juga mengenal banyak hal lain di luar musik. Pada pengenalan terhadap musik akan meningkatkan suatu rasa penghargaan akan nilai seni, selain menyadari akan dimensi lain dari sebuah kenyataan yang selama ini tersembunyi.

Menurut Reed dan Sidnell

Definisi seni musik menurut Reed dan Sidnell merupakan suatu cabang seni berbentuk suara yang di dalamnya terkandung unsur ritme, melodi, harmoni, serta timbre.

Menurut Merriam

Pengertian musik secara umum menurut Merriam adalah suatu lambang dari hal-hal yang berkaitan dengan ide dan perilaku masyarakat.

Menurut Soeharto

Arti musik menurut Soeharto merupakan ungkapan gagasan melalui bunyi yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa sifat dan warna bunyi.

Menurut Jamalus

Pengertian seni musik menurut Jamalus (1988) adalah suatu yang membuahkan hasil karya seni, berupa bunyi berbentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan fikiran serta perasaan penciptanya lewat unsur-unsur pokok musik, yakni irama, melodi, harmoni, serta bentuk atau susunan lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.

Menurut Sylado

Pengertian musik menurut Sylado merupakan suatu wujud yang hidup dari beberapa kumpulan ilusi dan alunan suara. Lebih jelasnya ia mengatakan bahwa alunan musik dan nada yang berjiwa dapat menggerakkan isi hati sang penikmatnya.

Menurut Banoe

Menurut Banoe pada tahun 2003, arti musik berasal dari nama Dewa Muse (nama diantara dewa dalam mitologi Yunani Kuno). Dewa ini mewakili cabang seni dan ilmu pengetahuan. Pengertian seni musik adalah cabang seni yang menjelaskan tentang berbagai macam suara dalam pola yang dapat diapahami oleh manusia.

Menurut Suhastjarja

Pengertian seni musik menurut Suhastjarja adalah suatu ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat, tentang bentuk wujud nada atau suara lainnya yang mengandung sebuah ritme dan harmoni serta memiliki suatu bentuk dalam ruang dan waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam suatu lingkungan hidupnya sehingga dapat dimengerti dan dinikmatinya.

Menurut Rina

Menurut pendapat Rina, definisi musik merupakan salah satu cabang kesenian yang pengungkapannya dilakukan melalui suara atau bunyi-bunyian.

Menurut Ade Prianto Nugroho

Definisi musik merupakan seni yang melukiskan tentang keindahan yang disajikan dalam bentuk suara dan tanpa kita sadari suara-suara itu memiliki peran dalam membentuk pribadi kita.

Menurut Sunarto

Menurut Sunarto, definisi musik adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi atau ritme serta mempunyai unsur atau keselarasan yang indah.

Menurut Lexicographer

Pengertian seni musik adalah ilmu dan seni dari paduan ritmis beberapa nada, vokal ataupun instrumental yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengungkapkan apa saja yang mungkin, namun khususnya yang bersifat emosional.

Fungsi Musik

Musik memiliki sejumlah fungsi dan tujuan bagi kehidupan manusia di berbagai bidang. Berikut ini merupakan pembahasan beberapa fungsi seni musik secara umum.

  • Sebagai media ekspresi diri.
  • Sebagai media hiburan dan pengisi waktu luang.
  • Sebagai sarana untuk komunikasi.
  • Sebagai sarana pendidikan dan pembelajaran.
  • Sebagai ritual dan upacara keagamaan.
  • Sebagai musik pengiring seni tari.
  • Sebagai wujud kebudayaan daerah.
  • Sebagai sarana estetika dan keindahan.
  • Sebagai profesi dan mata pencaharian.

Unsur-Unsur Musik

Seni musik bisa terbentuk berdasarkan komponen dan unsur-unsur tertentu. Berikut merupakan penjelasan mengenai unsur-unsur seni musik secara umum beserta pengertiannya.

  1. Melodi, yakni suatu kesatuan frase yang tersusun dari nada-nada dengan urutan, interval, dan tinggi rendah yang teratur.
  2. Ritme/Irama, yakni rangkaian gerak yang beraturan dan menjadi unsur dasar dari musik.
  3. Birama, yakni ketukan atau ayunan berulang-ulang yang hadir secara teratur di waktu yang bersamaan.
  4. Tangga Nada, yakni  urutan dari suatu nada yang disusun membentuk tangga.
  5. Harmoni, yakni bentuk keselarasan paduan nada atau bunyi.
  6. Tempo, yakni ukuran kecepatan birama lagu.
  7. Dinamika, yakni tanda untuk memainkan nada dengan volume nyaring atau lembut.
  8. Timbre, yakni perbedaan sifat antara dua nada yang sama kuat dan sama tinggi nadanya dalam konstruksi instrumen.

Jenis-Jenis Musik

Seni musik memiliki sejumlah jenis yang dibedakan dalam beberapa kategori. Berikut merupakan klasifikasi jenis-jenis seni musik secara umum dan apa saja genre musik populer.

1. Seni Musik Tradisional

Seni musik tradisional merupakan jenis seni musik yang terpengaruhi oleh adat, tradisi, serta budaya masyarakat tertentu. Musik tradisional hidup di masyarakat secara turun temurun dan dipertahankan sebagai sarana hiburan.

2. Seni Musik Modern

Seni musik modern merupakan jenis seni musik yang mendapat sentuhan instrumen dan teknologi dan tidak terlahir dari musik masyarakat adat. Musik modern bersifat universal yang berarti tidak terikat pada suatu daerah tertentu serta dipengaruhi oleh teknologi modern.

Umumnya musik modern juga dibedakan menjadi beberapa genre musik populer yang berkembang dari tahun ke tahun. Berikut merupakan macam-macam genre musik populer.

  • Pop
  • Rock
  • R&B
  • Blues
  • Hip hop
  • Jazz
  • Reggae
  • Country
  • Electronic
  • Soul
  • Funk
  • Dance
  • Classic
  • Punk
  • Metal
  • Alternative

Nah demikian referensi pengertian musik menurut para ahli dan secara umum beserta fungsi, unsur-unsur, dan jenis-jenisnya. Musik memang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia dimana ada banyak manfaat mendengarkan musik di kehidupan sehari-hari.

Satu pemikiran pada “Pengertian Musik | Definisi, Fungsi, Unsur-Unsur, Jenis-Jenis [Lengkap]”

Tinggalkan komentar