Pengertian Limbah Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Limbah Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Limbah Secara Umum dan Menurut Para Ahli – Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Yaitu suatu sisa atau barang bekas yang dianggap tidak bernilai dan sudah tidak lagi dipergunakan lagi.

Limbah bisa juga diartikan sebagai benda yang dibuang, baik berasal dari alam maupun dari hasil proses teknologi, yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis.

Di mana masyarakat bermukim, di sanalah berbagai jenis limbah akan dihasilkan. Ada sampah, ada air kakus (black water), dan ada air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya (grey water).

Hal ini berlaku dimana ada kegiatan usaha atau pabrik, maka disitu akan muncul berbagai jenis limbah yang merupakan sisa sisa dan buangan dari hasil produksi. Biasanya limbah dari aktivitas usaha ini berbentuk limbah cair.

Berdasarkan dari wujudnya, limbah sejatinya dibagi menjadi tiga bagian, yakni limbah padat, limbah gas dan limbah cair. Limbah dapat berupa tumpukan barang bekas, sisa kotoran hewan, sayuran, tanaman, dan lain sebagainya.

Bila ditinjau secara kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia Senyawa organik dan Senyawa anorganik. Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia, sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah. Tingkat bahaya keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah.

Pengertian Limbah Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Limbah Menurut KBBI

Pengertian limbah menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah sebagai berikut,

  • sisa proses produksi.
  • bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk maksud biasa atau utama dalam pembuatan atau pemakaian.
  • barang rusak atau cacat dalam proses produksi.

Pengertian Limbah Menurut Para Ahli

Selain pengertian limbah diatas, para ahli dan pakar memiliki pandangan dan pendapat yang berbeda beda dalam mendefinisikan apa yang dimaksud dengan limbah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian limbah menurut para ahli secara lengkap,

Peraturan Pemerintah No 101 tahun 2014

Menurut peraturan pemerintah, arti limbah adalah sisa suatu usaha dan atau kegiatan.

KEPUTUSAN MENPERINDAG RI NO. 231/MPP/KEP/7/1997 PASAL 1

Limbah adalah bahan / barang sisa atau bekas dari suatu kegiatan atau proses produksi yang fungsinya sudah berubah dari aslinya, kecuali yang dapat dimakan oleh manusia atau hewan.

Karmana (2007)

Limbah adalah sisa atau sampah suatu proses programsi yang dapat menjadi bahan pencemaran atau polutan disuatu lingkungan. Banyak kegiatan manusia yang menghasilkan limbah antara lain kegiatan industri, transportasi, rumah tangga dan kegiatan lainnya.

Susilowarno (2007)

Limbah merupakan sisa atau hasil sampingan dari kegiatan programsi manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya. Pembungan limbah yang tidak diolah terlebih dulu sebelum dibuang ke dalam lingkungan akan menyebabkan polusi.

Stokes (1991)

  • Limbah infeksius: adalah limbah yang mampu menimbulkan penyakit
  • Limbah berbahaya: adalah limbah yang membahayakna manusia dan lingkungannya
  • Limbah toksik: limbah yang mampu menimbulkan efek toksik
  • Limbah medik: adalah setiap limbah padat yang terjadi saat penegakan diagnosis, perawatan atau pengimunisasian manusia maupun hewan

Tchobanoglous dan Elliassen (1979)

Pengertian limbah adalah gabungan cairan atau sampah yang terbawa air dari tempat tinggal, kantor, bangunan perdagangan, industri, serta air tanah, air permukaan, dan air hujan yang mungkin ada

Willgoose (Udin Djabu, 1990/1991)

Limbah cair adalah air yang membawa sampah dari tempat tinggal, bangunan perdagangan, dan industri berupa campuran air dan bahan padat terlarut atau bahan tersuspensi.

Ir. Hieronymus Busi Santoso

Pengertian limbah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari suatu sumber hasil aktivitas manusia atau proses-proses alam, dan tidak atau belum mempunyai nilai ekonomi, bahkan dapat mempunyai nilai ekonomi yang negatif.

Cahyono Budi Utomo

Limbah adalah benda atau zat yang timbul dari hasil kegiatan manusia yang tidak digunakan lagi, sehingga dibuang.

Diah Aryulina

Limbah adalah suatu benda atau zat yang emngandung berbagai bahan yang membayakan kehidupan manusia, hewan, serta mahluk hidup lainnya.

Ign Suharto (2011 :226)

Pengertian limbah adalah zat atau bahan buangan yang dihasilkan dari proses kegiatan manusia.

Saktiyono

Definisi limbah adalah sisa proses produksi.

Darmadi

Limbah adalah produk akhir yang berupa material bangunan dari sebuah proses pencucian, dekontaminasi atau proses metabolisme tubuh, yang dapat berbentuk cairan atau setengah padat.

Okun & Ponghis ( Nurhasanah, 2009)

Ia menyatakan “… the word ‘wastewater’ … should be taken to mean all liguid domestic wastes (including sewage) and all industrial wastes discharged to public sewerage system, but not rain water or surface drainage”. yang artinya “… kata limbah cair … seharusnya dipakai untuk mengartikan semua limbah industri yang dibuang ke sistem saluran limbah cair, kecuali air hujan atau drainase permukaan”.

Deden Abdurahman

Arti limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik industri maupun domestik (rumah tangga), yang kehadirannya pada saat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena menurunkan kualitas lingkungan.

ENVIRONMENTAL PROTECTION AGENCY (UDIN DJABU, 1990 / 1991)

Pengertian limbah cair adalah air yang membawa bahan padat terlarut atau tersuspensi dari tempat tinggal, kebun, bangunan perdangangan, dan industri.

Macam Macam Limbah

Jenis limbah berdasarkan wujudnya :

  • Limbah cair adalah limbah dalam wujud cair yang dihasilkan oleh kegiatan industri yang dibuang ke lingkungan dan diduga dapat mencemari lingkungan.
  • Limbah gas dan partikel adalah limbah yang banyak dibuang ke udara.
  • Limbah padat adalah hasil buangan industri yang berupa padatan, lumpur, dan bubur yang berasal dari sisa proses pengolahan.

Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya :

  • Limbah rumah tangga, biasa disebut juga limbah domestik.
  • Limbah industry merupakan limbah yang berasal dari industri pabrik.
  • Limbah pertanian merupakan limbah padat yang dihasilkan dari kegiatan pertanian, contohnya sisa daun-daunan, ranting, jerami, kayu dan lain-lain.
  • Limbah konstruksi didefinisikan sebagai material yang sudah tidak digunakan lagi dan yang dihasilkan dari proses konstruksi, perbaikan atau perubahan.
  • Limbah radioaktif, limbah radioaktif berasal dari setiap pemanfaatan tenaga nuklir, baik pemanfaatan untuk pembangkitan daya listrik menggunakan reaktor nuklir, maupun pemanfaatan tenaga nuklir untuk keperluan industri dan rumah sakit.

Jenis Limbah Berdasarkan Sifatnya :

  • Limbah korosif, yaitu limbah yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan dapat membuat logam berkarat
  • Limbah beracun, yaitu limbah yang mengandung racun berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Limbah ini mengakibatkan kematian jika masuk ke dalam laut.
  • Limbah reaktif, yaitu limbah yang memiliki sifat mudah bereaksi dengan oksigen atau limbah organik peroksida yang tidak stabil dalam suhu tinggi dan dapat menyebabkan kebakaran.
  • Limbah mudah meledak, yaitu limbah yang melalui proses kimia menghasilkan gas dengan suhu tekanan tinggi serta dapat merusak lingkungan.
  • Limbah mudah terbakar, yaitu limbah yang mengandung bahan yang menghasilkan gesekan atau percikan api jika berdekatan dengan api.

Karakteristik Limbah

  • Berukuran mikro
  • Dinamis
  • Berdampak luas (penyebarannya)
  • Berdampak jangka panjang

Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Limbah

  • Volume limbah
  • Kandungan bahan pencemar
  • Frekuensi pembuangan limbah

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian limbah secara umum dan menurut para ahli lengkap beserta macam macam limbah. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi pengetahuan dala memahami apa yang dimaksud dengan limbah.

Tinggalkan komentar