Pengertian Konsep Menurut Para Ahli Beserta Fungsi, Unsur dan Ciri-Cirinya

Pengertian Konsep Menurut Para Ahli Beserta Fungsi, Unsur dan Ciri-Cirinya

Kali ini akan dibahas pengertian konsep menurut para ahli beserta fungsi, unsur dan ciri cirinya. Secara etimologis, kata “Konsep” berasal dari bahasa latin “Conceptum” yang artinya sesuatu yang bisa dipahami.

Konsep adalah abstrak, entitas mental yang universal yang menunjuk pada kategori atau kelas dari suatu entitas, kejadian atau hubungan. Konsep merupakan abstraksi suatu ide atau gambaran mental, yang dinyatakan dalam suatu kata atau simbol. Konsep dinyatakan sebagai bagian dari pengetahuan yang dibangun dari berbagai macam kharakteristik.

Konsep disebut abstrak karena mereka menghilangkan perbedaan dari segala sesuatu dalam ekstensi, memperlakukan seolah-olah mereka identik, serta universal di mana mereka bisa diterapkan secara merata untuk setiap extensinya.

Konsep dianggap sebagai suatu arti yang mewakili sejumlah objek yang mempunyai ciri-ciri yang sama. Konsep juga diartikan sebagai suatu abstraksi dari ciri-ciri sesuatu yang mempermudah komunikasi antar manusia dan memungkinkan manusia untuk berpikir.

Pengertian konsep lainnya yaitu sesuatu yang umum atau representasi intelektual yang abstrak dari situasi, objek atau peristiwa, suatu akal pikiran, suatu ide atau gambaran mental.

pengertian konsep

Pengertian Konsep Menurut KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), ada beberapa penertian konsep sebagai berikut :

  • rancangan atau buram surat dan sebagainya;
  • ide atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa konkret
  • gambaran mental dari objek, proses, atau apa pun yang ada di luar bahasa, yang digunakan oleh akal budi untuk memahami hal-hal lain

Pengertian Konsep Menurut Para Ahli

Selain penjelasan diatas, para ahli dan pakar memiliki pendapat yang berbeda beda dalam mendefinisikan apa itu konsep. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kumpulan pengertian konsep menurut para ahli secara lengkap,

Bahri (2008:30)

Konsep adalah satuan arti yang mewakili sejumlah objek yang mempunyai ciri yang sama. Orang yang memiliki konsep mampu mengadakan abstraksi terhadap objek-objek yang dihadapi, sehingga objek-objek ditempatkan dalam golongan tertentu. Objek-objek dihadirkan dalam kesadaran orang dalam bentuk representasi mental tak berperaga. Konsep juga dapat dilambangkan dalam bentuk suatu kata.

Singarimbun dan Effendi (2009)

Konsep adalah generalisasi dari sekelompok fenomena tertentu, sehingga dapat dipakai untuk menggambarkan barbagai fenomena yang sama.

Aristoteles

Aristoteles dalam bukunya “The classical theory of concepts” mendefinisikan konsep merupakan penyusun utama dalam pembentukan pengetahuan ilmiah dan filsafat pemikiran manusia.

Soedjadi (2000:14)

Arti konsep adalah ide abstrak yang dapat digunakan untuk mengadakan klasifikasi atau penggolongan yang pada umumnya dinyatakan dengan suatu istilah atau rangkaian kata (lambang bahasa).

Woodruf

Pengertian Konsep adalah suatu gagasan/ide yang relatif sempurna dan bermakna, suatu pengertian tentang suatu objek, produk subjektif yang berasal dari cara seseorang membuat pengertian terhadap objek-objek atau benda-benda melalui pengalamannya (setelah melakukan persepsi terhadap objek/benda).

Umar (2004:51)

Definisi konsep adalah sejumlah teori yang berkaitan dengan suatu objek. Konsep diciptakan dengan menggolongkan dan mengelompokkan objek-objek tertentu yang mempunyai ciri-ciri yang sama.

Fungsi Konsep

  • Fungsi Kognitif
  • Fungsi Evaluatif
  • Fungsi Operasional
  • Fungsi Komunikasi

Ciri Ciri Konsep

  • Konsep memiliki sifat abstrak dan merupakan gambaran mental tentang benda, peristiwa ataupun kegiatan.
  • Konsep adalah kumpulan dari benda-benda yang mempunyai karakteristik ataupun kualitas secara umum.
  • Konsep mempunyai sifat personal, sehingga pemahaman seseorang tentang sebuah hal mungkin saja berbeda dengan yang lainnya.
  • Konsep didapat melalui sebuah pengalaman dan belajar.

Unsur Unsur Konsep

  • Nama : Yaitu konsep yang mewakili kata tunggal untuk mempresentasikan ide atau gagasan
  • Contoh positif dan negatif : Digunakan untuk menganalisis dan membandingkan contoh-contoh positif atau negatif beserta karakteristinya.
  • Karakteristik pokok : Digunakan untuk menciptakan dan menentukan suatu contoh yang termasuk dalam kategori konsep atau bukan konsep.
  • Rentang karakteristik : Yaitu sebuah konsep yang berhubungan dengan konsep lainnya dan memiliki rentang karakteristik yang membatasi konsep tersebut. Terdapat 3 hal terkait dengan rentangan karakteristik, yaitu :
    • Super ordinat (konsep yang dihubungkan dengan konsep yang lebih luas)
    • Koordinat (konsep yang setara dan saling berkaitan satu dengan lainnya)
    • Subordinat (sub kategori atau bagian kecil dari suatu konsep)
    • Kaidah

Demikianlah ulasan mengenai pengertian konsep beserta fungsi, unsur dan ciri cirinya secara lengkap. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam memahami apa itu konsep secara benar.

Bagikan :

Tinggalkan komentar