Pengertian Komprehensif Secara Umum dan Artinya Menurut KBBI

Pengertian Komprehensif Secara Umum dalam Berbagai Bidang [Lengkap]

Pengertian komprehensif – Kata komprehensif mungkin sering kita dengar di berbagai kesempatan, namun masih banyak yang belum mengerti apa sebenarnya definisi dan arti kata komprehensif yang benar. Istilah komprehensif sendiri biasa digunakan dalam berbagai bidang, mulai dari bidang sains, penelitian, filsafat, akuntansi, kebidanan, dan lain sebagainya.

Secara umum, definisi komprehensif adalah segala sesuatu yang terlihat dan memiliki wawasan yang luas terhadap sesuatu sehingga dapat dilihat dari berbagai sisi dan dapat dipahami dengan baik dan menyeluruh. Dengan begitu, segala permasalahan dapat terselesaikan dengan baik dan bijaksana.

Intinya, istilah komprehensif dipakai untuk menyatakan sebuah kondisi yang menyatakan atau menerangkan bahwa sebuah hal telah mampu menyajikan keterangan secara luas dan lengkap sehingga melahirkan wawasan yang lebih daripada kondisi sebelumnya.

(baca juga pengertian empiris)

Pengertian Komprehensif Secara Umum dan Artinya Menurut KBBI

Pengertian Komprehensif

Di bawah ini akan dibahas apa saja arti dan definisi komprehensif, baik secara umum maupun menurut KBBI selengkapnya.

Arti Komprehensif Menurut KBBI

Pengertian komprehensif menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah sebagai berikut:

  • Bersifat mampu menangkap (menerima) dengan baik.
  • Luas dan lengkap (tentang ruang lingkup atau isi).
  • Mempunyai dan memperlihatkan wawasan yang luas.

Pengertian Komprehensif Secara Umum

Definisi komprehensif secara umum adalah segala sesuatu yang bersifat luas dan lengkap, meliputi seluruh aspek, atau meliputi ruang lingkup yang sangat luas.

Istilah komprehensif ini juga bisa diaplikasikan dalam berbagai bidang seperti bidang kebidanan, bidang filsafat, bidang akuntansi dan lain sebagainya. Berikut merupakan penjelasan definisi komprehensif dalam berbagai bidang.

Bidang Kebidanan

Dalam bidang kebidanan, komprehensif diartikan sebagai penanganan yang berkesinambungan kepada ibu dan bayi sejak bayi berada dalam kandungan hingga pada tahap setelah kelahiran.

Bidang Filsafat

Dalam bidang filsafat, arti komprehensif adalah suatu metode berpikir filsafat yang mengkaji segala sesuatu secara menyeluruh sehingga tidak ada lagi bagian-bagian yang tersisa ataupun yang berada di luarnya.

Bidang Akuntansi

Dalam bidang akuntansi, definisi komprehensif diartikan sebagai suatu prinsip pembuatan laporan laba rugi yang bertujuan untuk mengukur keberhasilan kinerja perusahaan selama periode tertentu. Informasi tentang kinerja perusahaan digunakan untuk menilai dan memprediksi jumlah dan waktu atas ketidakpastian arus kas masa depan.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian komprehensif secara umum dan artinya menurut KBBI dalam berbagai bidang. Semoga bisa menjadi tambahan referensi pengetahuan dalam memahami apa arti komprehensif yang sebenarnya.

Tinggalkan komentar