Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli dan Definisinya [Lengkap]

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli dan Definisinya [Lengkap]

Pengertian kewirausahaan – Apa itu kewirausahaan? Kewirausahaan adalah sebuah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Dalam bahasa Inggris, kewirausahaan disebut sebagai entrepreneurship. Orang yang menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan disebut sebagai wirausaha.

Kewirausahaan memang membutuhkan sebuah visi, bisa berupa ide inovatif, peluang, atau cara dan langkah yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Tentu dalam menjalankan prinsip-prinsip kewirausahaan terdapat ketidakpastian yang dikenal sebagai resiko atau hambatan.

Terdapat ciri-ciri kewirausahaan di antaranya yaitu percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, berani mengambil resiko, jiwa kepemimpinan, keorisinilan, jujur dan tekun, dan sebagainya. Tentunya karakteristik wirausaha ini penting untuk dimiliki dalam memulai sebuah usaha baru.

Selain kewirausahaan, juga terdapat istilah wirausaha. Keduanya memiliki definisi yang berbeda meski hampir sama. Jika kewirausahaan lebih menekankan proses dan sifat-sifatnya, maka pengertian wirausaha lebih menitikberatkan pada pelakunya.

Para ahli sebenarnya memiliki pendapat yang berbeda mengenai arti dan definisi kewirausahaan secara umum, tergantung pada sumber dan rujukannya. Namun secara umum kewirausahaan memiliki makna yang hampir sama satu sama lain dengan beberapa indikator yang sesuai.

pengertian kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa pengertian kewirausahaan, baik menurut KBBI, definisi secara umum serta menurut teori dari para ahli dan pakar.

Arti Kewirausahaan Menurut KBBI

Tidak ada kata kewirausahaan yang tercantum dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kata yang paling mendekati adalah wiraswasta, yang diartikan sebagai orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa pengertian dan definisi kewirausahaan menurut para ahli dan pakar, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Menurut Thomas W. Zimmerer

Arti kewirausahaan menurut teori dari Zimmerer adalah sebuah proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan bisnis.

Menurut Richard Cantillon (1775)

Menurut Richard Cantillon (1775), arti kewirausahaan adalah pekerjaan itu sendiri (wirausaha). Seorang pengusaha membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang beresiko atau ketidakpastian.

Menurut Eddy Soeryanto Soegoto

Menurut Eddy Soeryanto Soegoto, arti kewirausahaan adalah usaha kreatif yang dilakukan berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

Menurut Suparman Sumahamijaya

Kewirausahaan merupakan sebuah kemampuan dalam berpikir secara kreatif dan melakukan inovasi. Pikiran kreatif dan inovasi ini merupakan dasar dan juga sumber penggerak sehingga dapat digunakan sebagai tumpuan dalam menghadapi tantangan di depan.

Menurut Ahmad Sanusi

Pengertian kewirausahaan menurut Ahmad Sanusi adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.

Menurut S. Wijandi

Definisi kewirausahaan diartikan sebagai suatu sifat keberanian, keutamaan dalam keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri.

Menurut Peter Drucker

Menurut teori dari Peter Drucker, pengertian kewirausahaan diartikan sebagai kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain.

Menurut Jean Baptista Say

Pengertian kewirausahaan menurut Jean Baptista Say adalah seorang agen yang menggabungkan berbagai alat produksi dan menemukan nilai dari yang diproduksinya.

Menurut Harvey Leibenstein

Pengertian kewirausahaan mencakup berbagai kegiatan yang diperlukan untuk melaksanakan dan menciptakan perusahaan pada saat dimana pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau beberapa komponen fungsi produksinya belum teridentifikasi secara penuh.

Menurut Andrew J. Dubrin

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat Andrew J. Dubrin merupakan seseorang yang menjalankan dan mendirikan suatu usaha yang inovatif.

Menurut Drs. Joko Untoro

Pengertian kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, berdasarkan kemampuan dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Menurut Soeharto Prawiro

Menurut Soeharto Prawiro, pengertian kewirausahaan merupakan suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha.

Menurut Raymond

Menurut Raymond, kewirausahaan diartikan sebagai seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu mewujudkanya kreatifitasnya agar meningkatnya kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat.

Menurut Arif F. Hadipranata

Pengertian kewirausahaan adalah individu atau personal yang memiliki keinginan untuk mengelola dan mengatur urusan-urusan yang dapat menghasilkan berbagai keuntungan baik berupa finansial ataupun tidak. Seorang yang memiliki jiwa wirausaha, akan selalu memiliki keberanian dalam mengambil berbagai resiko yang mungkin muncul selama menjalankan bisnis.

Menurut Kathleen

Kewirausahaan merupakan seseorang yang menjalankan, mengatur, dan berani mengambil resiko bagi pekerjaan yang dijalankannya dalam dunia usaha.

Menurut Robbin dan Coulter

Arti kewirausahaan merupakan suatu proses dimana seseorang ataupun suatu kelompok individu menggunakan upaya yang terorganisir dan sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui sebuah inovasi dan keunikan, tidak mempedulikan apapun sumber daya yang digunakan pada saat ini.

Menurut Penrose

Menurut teori Penrose, kegiatan kewirausahaan mencakup berbagai peluang yang teridentifikasi di dalam suatu sistem ekonomi. Kemampuan atau kapasitas kewirausahaan berbeda dengan kapasitas manajerial.

Menurut Kasmir

Kewirausahaan merupakan seorang yang berjiwa pemberani yang berani mengambil resiko untuk membuka sebuah usaha di berbagai kesempatan yang ada.

Menurut Siswanto Sudomo

Definisi kewirausahaan adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat pekerja keras dan mau berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan gagasannya.

Menurut Frank Knight

Menurutu Frank Knight, kewirausahaan merupakan seorang yang mencoba untuk menyikapi dan memprediksi perubahan pasar untuk menghadapi ketidakstabilan pada dinamika pasar.

Menurut Entrepreneurship Center at Miami University of Ohio

Pengertian kewirausahaan menurut Entrepreneurship Center at Miami University of Ohio adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.

Menurut Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995

Berdasarkan Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor. 961/KEP/M/XI/1995, definisi kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan sesorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Nah demikianlah pembahasan referensi pengertian kewirausahaan menurut para ahli serta arti dan definisinya secara umum. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan pengetahuan.

Tinggalkan komentar