Pengertian Integrasi Nasional Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian Integrasi Nasional Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Apa arti integrasi nasional? Pengertian integrasi nasional secara umum adalah usaha atau proses menyatukan perbedaan yang ada pada suatu negara sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional. Definisi integrasi nasional sangat penting untuk menyatukan perbedaan dalam suatu bangsa.

Dalam kenyataannya, memang terdapat beberapa faktor penghambat integrasi nasional. Ancaman integrasi nasional bisa datang dari dalam atau pun luar. Namun tentu pentingnya integrasi nasional harus ditegakkan demi persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini juga menjadi unsur dari fungsi dan tujuan wawasan nusantara yaitu untuk menjamin persatuan bangsa.

Konsep integrasi nasional di Indonesia pun cukup unik karena banyaknya keragaman yang dijumpai dari mulai suku, budaya, ras dan agama. Integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika pun bisa diwujudkan. Tentu ada syarat syarat integrasi nasional yang harus dipenuhi demi terwujudnya persatuan bangsa.

(baca juga pengertian kewarganegaraan)

pengertian integrasi nasional

Pengertian Integrasi Nasional

Lanta sapa sebenarnya pengertian integrasi nasional itu sendiri? Apakah arti kata integrasi? Berikut ini kami bagikan penjelasan pengertian integrasi nasional secara umum dan pengertian integrasi nasional menurut para ahli selengkapnya.

Definisi Integrasi Nasional

Definisi integrasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh atau bulat. Sementara definisi integrasi nasional menurut KBBI adalah penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam kesatuan wilayah dan pembentukan suatu identitas nasional. Pengertian integrasi nasional secara umum juga bisa dibedakan menjadi dua yakni pengertian intergasi nasional secara politis dan antropologis.

Integrasi nasional secara politis ini mempunyai arti bahwa penyatuan berbagai kelompok budaya serta sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk sebuah identitas nasional. Sementara integrasi nasional secara antropologis berartii bahwa suatu proses penyesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga akan mencapai suatu kesatuan fungsi di dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengertian Integrasi Nasional Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa pendapat mengenai pengertian integrasi nasional menurut para ahli beserta penjelasan lengkapnya.

Menurut Dr. Nazaruddin Sjamsuddin

Integrasi nasional merupakan proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupannya, yaitu aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya.

Menurut Howard Wriggins 

Integrasi nasional adalah penyatuan bagian yang berbeda-beda dari suatu masyarakat menjadi suatu keseluruhan/kesatuan yang lebih utuh atau memadukan masyarakat-masyarakat kecil yang jumlahnya banyak menjadi satu kesatuan bangsa.

Menurut Myron Weiner

Integrasi nasional adalah proses penyatuan dari berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam satu kesatuan wilayah, dalam rangka pembentukan suatu identitas nasional.

Menurut J. Soedjati Djiwandono 

Integrasi nasional sebagai cara bagaimana kelestarian persatuan nasional dalam arti luas dapat didamaikan dengan hak menentukan nasib sendiri.

Menurut Safroedin Bahar

Integrasi nasional adalah mengintegrasikan yang berarti membuat untuk atau menyempurnakan  dengan jalan menyatukan unsur-unsur bangsa yang semula mula terpisah-pisah.

Nah itulah beberapa referensi pengertian integrasi nasional menurut para ahli dan definisi integrasi secara umum menurut KBBI. Integrasi nasional menjadi sangat penting untuk menyatukan sebuah bangsa agar tidak terjadi perselisihan. Pentingnya integrasi nasional menjadi sangat krusial di tengah masyarakat beragam yang bisa ditemui di Indonesia.

Tinggalkan komentar