Pengertian Instrumen Penelitian Menurut Para Ahli

Pengertian Instrumen Penelitian Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian instrumen penelitian – Instrumen dalam penelitian sangatlah penting dan harus dipikirkan karena instrumen berfungsi sebagai alat bantu untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Bentuk instrumen penelitian berkaitan dengan metode pengumpulan data dalam penelitian yang dilakukan tersebut.

Secara umum, pengertian instrumen penelitian adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi yang bermanfaat untuk menjawab permasalahan penelitian. Alat ini harus dipilih sesuai dengan jenis data yang diinginkan dalam sebuah penelitian.

Instrumen berfungsi sebagai alat pada waktu penelitian yang menggunakan suatu metode. Menyusun sebuah instrumen penelitian bisa dilakukan oleh peneliti jika sudahmemahami metode penelitiannya. Pemahaman terhadap variabel atau hubungan antar variabel merupakan modal penting untuk menjabarkan menjadi sub variabel, indikator, deskriptor dan butir-butir instrumennya.

Instrumen penelitian bisa juga didefiniskan sebagai suatu alat yang memenuhi persyaratan akademis, sehingga kemudian dapat dipergunakan sebagai alat untuk mengukur suatu obyek ukur atau mengumpulkan data mengenai suatu variabel dalam proses penelitian

Dalam bidang pendidikan, instrumen digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa, faktor-faktor yang diduga mempunyai hubungan atau berpengaruh terhadap hasil belajar, perkembangan hasil belajar siswa, keberhasilan proses belajar mengajar guru, dan keberhasilan pencapaian suatu program tertentu.

(baca juga jenis-jenis penelitian)

Pengertian Instrumen Penelitian Menurut Para Ahli

Pengertian Instrumen Penelitian

Di bawah ini akan dijelaskan definisi dan pengertian instrumen penelitian, baik secara umum maupun menurut pendapat para ahli.

Definisi Instrumen Penelitian Secara Umum

Pengertian instrumen penelitian secara umum adalah suatu alat bantu yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur atau mengumpulkan informasi kuantitatif maupun kualitatif sebagai bahan pengolahan yang berkenaan dengan objek ukur yang sedang diteliti.

Pengertian Instrumen Penelitian Menurut Para Ahli

Berikut akan dibahas apa saja pengertian instrumen penelitian menurut pendapat para ahli selengkapnya.

Menurut KBBI

Instrumen menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah alat yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu (seperti alat yang dipakai oleh pekerja teknik, alat-alat kedokteran, optik, dan kimia) serta sarana penelitian (berupa seperangkat tes dan sebagainya) untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan.

Menurut Suharsimi Arikunto

Pengertian instrumen penelitian adalah alat bantu yang dipilih dan digunakan oleh peneliti dalam melakukan kegiatannya untuk mengumpulkan data agar kegiatan tersebut menjadi sistematis dan dipermudah olehnya.

Menurut Notoatmodjo (2010)

Definisi instrumen penelitian adalah alat-alat yang akan digunakan untuk mengumpulkan data, instrumen penelitian ini dapat berupa kuesioner, formulir observasi, formulir-formulir lain yang berkaitan dengan pencatatan data dan sebagainya.

Menurut Ibnu Hajar

Arti instrumen penelitian adalah alat ukur yang digunakan untuk bisa mendapatkan informasi kuantitatif tentang variabel yang berkarakter dan objektif.

Adapun jenis data penelitian yang dimaksud di antaranya adalah:

  • Data kuantitatif, merupakan jenis data yang berkaitan dengan jumlah atau kuantitas yang dapat dihitung atau disimbolkan dengan ukuran-ukuran kuantitas.
  • Data kualitatif, merupakan jenis data yang berkaitan dengan nilai kualitas seperti sangat baik, baik, sedang, cukup, kurang dan lain-lain.
  • Data nominal, ordinal, interval atau data rasio (berdasarkan skala pengukurannya).
  • Data primer (langsung dari hasil pengamatan) atau sekunder (diambil dari sumber data lainnya).

Menurut Farida Yusuf Tayibnapis (2000)

Pengertian instrumen diartikan sebagai sebuah alat yang digunakan untuk merekam informasi yang dikumpulkan.

Menurut Sugiyono

Menurut Sugiyono, pengumpulan data dapat dilakukan dalam berbagai tempat dan berbagai sumber dan berbagai cara. Bila dilihat dari tempatnya dapat dikumpulkan pada laboratorium dengan metode eksperimen, di rumah dengan berbagai responden, dan lain-lain. Bila dilihat dari sumber datanya, maka pengumpulan data dapat menggunakan sumber primer dan sekunder.

Sumber primer adalah sumber data yang langsung memberikan data kepada pengumpul data, dan sumber sekunder merupakan sumber yang tidak langsung memberikan data pada pengumpul data, misalnya lewat orang lain atau lewat dokumen.

Menurut Suryabrata (2008)

Definisi instrumen penelitian adalah alat yang digunakan untuk merekam keadaan dan aktivitas atribut-atribut psikologis, umumnya secara kuantitatif. Atibut-atribut psikologis itu secara teknis biasanya digolongkan menjadi atribut kognitif dan atribut non kognitif. Lebih jauh, dikatakan bahwa untuk atribut kognitif, perangsangnya adalah pertanyaan. Sedangkan untuk atribut non-kognitif, perangsangnya adalah pernyataan.

Jenis-Jenis Instrumen Penelitian

Instrumen penelitian memiliki beberapa jenis yang berbeda satu sama lainnya. Berikut merupakan macam-macam instrumen penelitian dan penjelasan lengkapnya.

1. Tes

Tes adalah kumpulan pertanyaan atau soal yang bermanfaat juga sebagai sarana ukur kepada variabel-variabel tertentu yang berupa kapabilitas, ketrampilan, intelegensi, sikap atau bakat yg dipunyai oleh individu atau kelompok atau grup.

2. Kuesioner (Angket)

Kuesioner atau angket adalah teknik pengumpulan data dengan cara mengajukan sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden berupa laporan tentang pribadinya, atu hal-hal yang ia ketahui.

3. Wawancara

Secara umum pengertian wawancara adalah sebuah instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti untuk menilai keadaan seseorang. Wawancara juga bisa diartikan sebagai percakapan antara dua orang atau lebih yang berlangsung antara narasumber dan pewawancara, dimana pewawancara memberi pertanyaan-pertanyaan kepada narasumber untuk mendapatkan informasi.

4. Observasi

Secara umum, pengertian observasi adalah sebuah pengamatan serta pencatatan dengan sistematik fenomena-fenomena yang diselidiki. Observasi menjadi salah satu metode pengumpulan data dengan mengamati atau meninjau secara cermat dan langsung di lokasi penelitian untuk mengetahui kondisi yang terjadi dalam penelitian.

5. Skala Bertingkat

Skala bertingkat adalah salah satu instrumen penelitian berupa suatu ukuran subyektif yang dibuat berskala. Skala bertingkat ini juga disebut sebagai ratings.

6. Dokumentasi

Secara singkat, pengertian dokumentasi dalam kaitannya sebagai instrumen penelitian adalah suatu bentuk dari pengabadian, arsip ataupun barang-barang peninggalan yang diabadikan.

Demikianlah informasi mengenai pengertian instrumen penelitian menurut para ahli dan definisinya secara umum lengkap beserta jenis-jenis instrumen penelitian dan contohnya. Semoga bisa menjadi referensi dalam memahami definisi instrumen yang benar.

3 pemikiran pada “Pengertian Instrumen Penelitian Menurut Para Ahli dan Secara Umum”

Tinggalkan komentar