Pengertian Indikator Menurut Para Ahli dan KBBI

Pengertian Indikator Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap]

Pengertian indikator – Kata indikator bukanlah kata yang asing karena sering kita dengar di berbagai kesempatan. Misalnya saja dalam bidang penelitian kimia, pembelajaran, skripsi dan di berbagai bidang lainnya. Lalu apa sebenarnya arti indikator yang sebenarnya secara umum?

Untuk memahami apa itu indikator, kita bisa melihat penjelasan dan definisi indikator menurut pendapat dari para ahli. Hal ini dikarenakan banyak sekali versi dari definisi dan maksud kata indikator yang berbeda-beda satu sama lain.

Secara singkat, indikator merujuk pada ciri atau tanda yang merujuk pada suatu petunjuk atau keterangan tertentu. Penggunaan kata indikator dapat dijumpai dalam berbagai sektor dan bidang, terutama pada bidang pendidikan dan pembelajaran.

Secara umum, indikator tidak selalu menjelaskan keadaan suatu hal secara keseluruhan. Namun lebih sering sebuah indikator hanya sebagai pemberi petunjuk saja atau pemberi indikasi tentang keadaan keseluruhan tersebut sebagai suatu pendugaan.

(baca juga pengertian variabel)

Pengertian Indikator Menurut Para Ahli dan KBBI

Pengertian Indikator

Berikuti ini akan dibahas mengenai apa itu definisi dan pengertian indikator secara umum, menurut KBBI dan menurut pendapat para ahli.

Definisi Indikator Secara Umum

Pengertian indikator secara umum adalah variabel kendali yang dapat digunakan untuk mengukur perubahan yang terjadi pada sebuah kejadian ataupun kegiatan.

Indikator juga bisa diartikan sebagai setiap ciri, karakteristik atau ukuran yang bisa menunjukkan perubahan yang terjadi pada sebuah bidang tertentu.

Indikator dapat digunakan untuk mengevaluasi keadaan atau kemungkinan dilakukan pengukuran terhadap perubahan-perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu.

Arti Indikator Menurut KBBI

Pengertian indikator menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah sesuatu yang dapat memberikan (menjadi) petunjuk atau keterangan.

Pengertian Indikator Menurut Para Ahli

Berikut adalah pembahasan mengenai pengertian indikator menurut pendapat para ahli selengkapnya.

Menurut WHO (1981)

Menurut WHO, definisi indikator merupakan variabel yang bisa membantu kita dalam kegiatan pengukuran berbagai macam perubahan yang terjadi baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Menurut Green (1992)

Menurut Green, arti indikator adalah variabel-variabel yang bisa menunjukkan ataupun mengindikasikan kepada penggunanya mengenai sesuatu kondisi tertentu, sehingga bisa dipakai untuk mengukur perubahan yang terjadi.

Menurut Wilson & Sapanuchart (1993)

Indikator adalah suatu ukuran tidak langsung dari suatu kejadian atau kondisi. Misalnya berat badan bayi berdasarkan umur adalah indikator bagi status gizi bayi tersebut.

Menurut Departemen Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan Amerika Serikat (1969)

Indikator adalah statistik dari hal normatif yang menjadi perhatian kita yang dapat membantu kita dalam membuat penilaian ringkas, komprehensif, dan berimbang terhadap kondisi-kondisi atau aspek-aspek penting dari suatu masyarakat.

Menurut Darwin Syah

Menurut Darwin Syah, indikator adalah tanda ataupun ciri yang menunjukkan siswa telah mampu memenuhi standar kompetensi yang diterapkan atau berlaku.

Menurut Buku Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota – Kemenkes RI (2004)

Definisi indikator adalah variabel yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keadaan atau status dan memungkinkan dilakukannya pengukuran terhadap perubahan-perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu.

Demikianlah artikel mengenai penjelasan apa itu indikator menurut para ahli dan secara umum lengkap. Semoga bisa menjadi tambahan referensi dan wawasan pengetahuan.

Satu pemikiran pada “Pengertian Indikator Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap]”

Tinggalkan komentar