Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli, KBBI dan Secara Umum

Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli, KBBI dan Secara Umum

Kali ini akan dibahas pengertian implementasi secara umum, menurut para ahli dan KBBI. Kata implementasi sendiri berasal dari bahasa Inggris “to implement” yang berarti mengimplementasikan.

Secara Umum, implementasi adalah tindakan atau pelaksanaan dari sebuah rencana yang telah disusun dengan matang, cermat dan terperinci. Jadi, implementasi dilakukan jika sudah ada perencanaan yang baik dan matang, atau sebuah rencana yang telah disusun jauh jauh hari sebelumnya, sehingga sudah ada kepastian dan kejelasan akan rencana tersebut.

Implementasi merupakan penyediaan sarana untuk melaksanakan sesuatu yang menimbulkan dampak atau akibat terhadap sesuatu. Yaitu suatu kegiatan yang direncanakan serta dilaksanakan dengan serius dan mengacu pada norma-norma tertentu untuk mencapai tujuan kegiatan.

pengertian implementasi

Pengertian Implementasi

Selain penjelasan secara umum diatas, para ahli dan pakar memiliki pandangan yang berbeda beda dalam mendefinisikan apa itu implementasi. Berikut ini kumpulan pengertian implementasi menurut para ahli secara lengkap,

KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Implementasi adalah pelaksanaan atau penerapan.

Budi Winarno

Implementasi adalah tindakan-tindakan yang harus dilakukan oleh sekelompok individu yang telah ditunjuk untuk menyelesaikan suatu tujuan yang telah ditetapan sebelumnya.

Nurdin Usman (2002:70)

Implementasi bermuara pada aktivitas, aksi, tindakan, atau adanya mekanisme suatu sistem. Implementasi bukan sekedar aktivitas, tetapi suatu kegiatan yang terencana dan untuk mencapai tujuan kegiatan.

Prana Wastra dkk

Arti implementasi adalah sebuah aktivitas yang dikerjakan karena adanya kebijaksanaan yang sudah disusun sebelumnya, meliputi kebutuhan apa saja yang diperlukan, siapa pelaksana, kapan pelaksanaan, serta kapan akan diselesaikan target implementasi itu sendiri. Semua itu sudah direncanakan pada awal waktu.

Pressman & Wildavsky (1873)

Implementasi menurut mereka berdua adalah accomplishing, fulfillng, carrying out, producing, and completing a policy artinya (menyelesaikan, memenuhi, melaksanakan, memproduksi, seta menyelesaikan sebuah kebijakan).

Whitten, Bentle, & Barlow (1993)

Pengertian implementasi sistem adalah sebuah proses untuk menempatkan dan menerapkan informasi dalam operasi.

Cleaves (dalam Wahab 2008;187)

Implementasi itu mencakup “Proses bergerak menuju tujuan kebijakan dengan cara langkah administratif dan politik”. Keberhasilan atau kegagalan implementasi sebagai demikian dapat dievaluasi dari sudut kemampuannya secara nyata dalam meneruskan atau mengoperasionalkan program-program yang telah dirancang sebelumya.

Menurut Mazmanian dan Sabatier

Definisi implementasi adalah pelaksanaan dari kebijakan dasar hukum yang juga berbentuk perintah, keputusan, atau putusan pengadilan. Proses pelaksanaan berlangsung setelah sejumlah tahapan seperti tahapan pengesahan undang-undang, dan kemudian output dalam bentuk pelaksanaan keputusan kebijakan, dan seterusnya sampai kebijakan korektif yang bersangkutan.

Daniel A. Mazmanian dan Paul Sabatier (1979)

Arti implementasi adalah pemahaman yang akan terjadi setelah menetapkan suatu program yang menjadi fokus perhatian pemerintah yang merancang implmentasi kebijakan. Dikatakan juga bahwa Implementasi merupakan kejadian yang terjadi setelah dibuat dan disahkan pedoman kebijakan negara.

Harsono (2002 : 67)

Implementasi adalah suatu proses untuk melaksanakan kebijakan menjadi tindakan kebijakan dari politik ke dalam administrasi. Pengembangan kebijakan dalam rangka penyempurnaan suatu program.

Guntur Setiawan (2004)

Pengertian implementasi adalah perluasan dari aktivitas yang saling menyesuaikan proses interaksi antara tujuan serta tindakan dengan tujuan untuk menggapainya juga diperlukan jaringan pelaksana berokrasi yang efektif.

Schubert (dalam Nurdin dan Usman, 2002:70)

Arti implementasi adalah sistem rekayasa.

Solichin Abdul Wahab (1997: 63)

Implementasi adalah tindakan-tindakan yang dilakukan baik oleh individu-individu, pejabat-pejabat, atau kelompok kelompok pemerintah atau swasta yang diarahkan pada tercapainya tujuan tujuan yang telah digariskan dalam keputusan kebijakan.

Prof. H. Tachjan (2006 : 25)

Implementasi sebagai kebijakan publik adalah proses kegiatan administrasi yang dilakukan setelah kebijakan ditetapkan / disetujui Kegiatan ini terletak di antara perumusan kebijakan dan Implementasi Kebijakan evaluasi kebijakan mengandung logika yang top-down, yang berarti lebih rendah / alternatif menginterpretasikan.

Van Meter dan Van Horn

Pengertian implementasi adalah pelaksanaan tindakan oleh individu, pejabat, instansi pemerintah atau kelompok swasta yang bertujuan untuk mencapai tujuan yang telah digariskan dalam keputusan tertentu. Badan-badan ini melaksanakan tugas-tugas pemerintahan yang berdampak pada warga.

Friedrich

Implementasi adalah Kebijakan atau tindakan yang mengarah pada tujuan yang diusulkan oleh seseorang, kelompok atau pemerintah dalam lingkungan tertentu sehubungan dengan adanya hambatan-hambatan tertentu seraya mencari peluang-peluang untuk mencapai tujuan atau mewujudkan sasaran yang diinginkan.

Mclaughin (dalam Nurdin dan Usman, 2004)

Arti implementasi sebagai aktivitas yang saling menyesuaikan.

Demikianlah ulasan tentang pengertian implementasi menurut para ahli, KBBI dan secara umum. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam memahami apa itu implementasi secara benar.

Tinggalkan komentar