pengertian humas

Pengertian Humas | Definisi, Tugas, Fungsi, Tujuan, Ruang Lingkup

Pengertian humas – Humas merupakan singkatan hubungan masyarakat, yang merupakan seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu atau organisasi. Dalam bahasa Inggris, humas juga dikenal dengan istilah public relations atau disingkat PR.

Humas merupakan bagian dari organisasi yang berfungsi untuk melakukan interaksi, hubungan, dan kerjasama dengan masyarakat yang terkait dengan organisasi tersebut. Humas memiliki tanggung jawab dalam membangun dan mempertahanan reputasi, citra, dan komunikasi yang baik antara organisasi dan publik.

Adanya humas tentu memiliki beberapa tujuan, di antaranya untuk membujuk masyarakat, investor, mitra, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mempertahankan sudut pandang tertentu sesuai yang dikehendaki. Untuk itu humas memiliki peran dan tanggung jawab yang penting.

Kegiatan umum humas meliputi berbicara di konferensi, memenangkan penghargaan industri, bekerja sama dengan pers, dan komunikasi karyawan. Humas juga memiliki ruang lingkup yang luas, baik lingkup internal (dengan karyawan atau manajer) maupun eksternal (dengan masyarakat, media atau pemerintah).

(baca juga pengertian wawancara)

pengertian humas

Pengertian Humas

Berikut akan dibahas definisi dan pengertian humas secara umum dan menurut para ahli.

Arti Humas Secara Umum

Pengertian humas atau hubungan masyarakat secara umum adalah sebuah proses yang terus menerus dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh kemauan baik dan pengertian dari pelanggan, pegawai, dan publik yang lebih luas.

Dalam pekerjaannya, seorang humas membuat analisis ke dalam dan perbaikan diri, serta membuat pernyataan-pernyataan keluar. Humas juga berfokus pada relasi antara perusahaan dengan publik atau masyarakat sekitar.

Definisi humas yang lebih singkat dan sederhana dapat diartikan sebagai manajemen yang membantu pencapaian tujuan organisasi, memfasilitasi perubahan organisasional, dan mendefinisikan filosofi.

Definisi Humas Menurut Para Ahli

Di bawah ini akan dibahas apa saja definisi humas atau hubungan masyarakat menurut pendapat para ahli.

Menurut Howard Bohham

Pengertian humas menurut Howard Bohham adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik untuk meningkatkan kepercayaan publik atau pemberdayaan lebih tinggi terhadap sebuah lembaga atau organisasi.

Menurut W. Emerson Reck

Definisi humas atau hubungan masyarakat adalah kelanjutan penetapan kebijakan dari sebuah institusi agar mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Menurut Muslimin (2000)

Humas adalah suatu fungsi manajemen yang menilai sikap publik, menunjukan kebijaksaan dan prosedur dari individu atau organisasiatas dasar kepentingan publik dan melaksanakan rencana kerja untuk memperoleh pengertian dan pengakuan dari publik.

Menurut Maria Assumpta Rumanti

Humas adalah kegiatan atau aktivitas yang proses kegiatannya melalui empat tahap, yaitu penelitian yang didahului penemuan, analisis, pengolahan data dan sebagainya; perencanaan yang direncanakan; pelaksanaan yang tepat; evaluasi, penilaian setiap tahap dan evaluasi keseluruhan.

Menurut Onong Uchjana Effendy (2006)

Pengertian hubungan masyarakat adalah komunikasi dua arah antara organisasi dengan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan manajemen dengan meningkatkan pembinaan kerjasama dan pemenuhan kepentingan bersama.

Menurut Marston (1999)

Marston mengatakan bahwa humas atau public relations adalah suatu perencanaan dengan menggunakan jenis komunikasi persuasif untuk dapat mempengaruhi persepsi masyarakat.

Menurut Suryosubroto (1988)

Pengertian humas menurut Suryosubroto adalah kegiatan untuk menanamkan dan memperoleh pengertian, goodwill, kepercayaan, dan penghargaan dari publik sesuatu badan khususnya dan masyarakat umumnya.

Menurut J. C. Seidel

Pengertian humas atau hubungan masyarakat menurut Seidel merupakan suatu proses berkesinambungan dari usaha-usaha manajemen agar bisa mendapatkan itikad baik dan pengertian dari para pelanggan, karyawan, dan publik secara umum.

Menurut Rex Harlow

Definisi humas adalah suatu fungsi manajemen yang khas dan mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya, menyangkut aktivitas komunikasi, pengertian dan kerja sama.

Menurut James E. Grunig

Arti humas menurut James E. Grunig dalam buku Managing Public Relations adalah sebuah praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat.

Menurut Frank Jefkins (2002)

Humas adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu kedalam maupun keluar, antara satu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.

Menurut Edward L. Berney

Menurut Berney, definisi humas adalah kegiatan dalam membujuk publik untuk memiliki pengertian yang mendukung serta memiliki niat baik.

Menurut Rosady Ruslan (2005)

Menurut Rosady Ruslan, humas adalah seni dan ilmu sosial yang dipergunakan untuk menganalisis kecenderungan, memprediksi konsekuensi, menasehati para pimpinan organisasi dan melaksanakan program yang terencana mengenai kegiatan yang melayani, baik untuk kepentingan organisasi maupun kepentingan publik atau umum.

Menurut Anthony Davis

Pengertian humas secara singkat menurut Anthony Davis adalah manajemen komunikasi antara suatu organisasi dengan publiknya.

Menurut Jeffkins & Daniel Yadin

Humas dapat juga didefinisikan sebagai sebuah sistem dari komunikasi yang bertujuan membangun niat yang baik bagi beberapa pihak.

Menurut M. Linggar Anggoro (2000)

Pengertian humas menurut Linggar Anggoro merupakan bidang atau fungsi tertentu yang diperlukan oleh setiap organsasi, baik itu organisasi yang bersifat komersial (perusahaan) maupun organisasi yang nonkomersial.

Menurut H.A.W. Widjaja (2002)

Menurut Widjaja, arti humas merupakan suatu profesi yang mengurusi hubungan antara sesuatu unit dan publiknya yang menentukan hidup unit itu.

Menurut Cultip, Center, & Broom

Humas didefinisikan sebagai fungsi manajemen yang bertujuan membangun dan mempertahankan hubungan baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang bisa memberikan dampak positif terhadap keberhasilan atau kegagalan sebuah organisasi.

Menurut Oemi Abdurrachman, MA

Definisi humas secara umum adalah sebuah falsafah manajemen yang di dalam tiap keputusan dan tindakannya mendahulukan kepentingan orang lain.

Menurut Coulsin & Thomas (2002)

Humas adalah usaha yang direncanakan secara terus menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyarakatnya. Humas merupakan proses atau aktivitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi.

Menurut Public Relation World Conference

Definisi humas merupakan penggabungan dari ilmu pengetahuan dan kesenian untuk memprediksi dan memperkirakan konskwensi yang akan didapatkan oleh perusahaan serta memberikan saran terbaik bagi perusahaan.

Menurut International Public Relations Association

Definisi humas menurut IPRA (International Public Relations Association) adalah fungsi manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik untuk memperoleh pengertian, simpati dan dukungan dari pihak terkait atau berhubungan.

Menurut Webster’s New Wold Dictionary

Humas diartikan sebagai suatu hubungan yang dibentuk untuk masyarakat dengan organisasi yang terkait dengan penciptaan opini masyarakat atau pembentukan suatu citra diri organisasi.

Menurut Buku Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan (2006)

Humas didefinisikan sebagai segenap kegiatan dan teknik yang digunakan organisasi atau individu untuk menciptakan atau memelihara suatu sikap dan tanggapan yang baik dari pihak luar terhadap keberadaan dan aktivitasnya.

Menurut Zulkarnain Nasution (2006)

Pengertian humas dalam lembaga pendidikan diartikan sebagai fungsi manajemen yang khas antara organisasi dengan publiknya, atau dengan kata lain antara lembaga pendidikan dengan publik intern (dosen, guru, siswa) dan publik ekstern (orang tua, masyarakat, institusi luar).

Tugas Humas

Humas atau hubungan masyarakat memiliki sejumlah tugas yang dijalankan untuk mencapai tujuan tertentu. Berikut merupakan beberapa tugas humas secara umum.

  • Menyebarluaskan informasi kepada publik tentang suatu gagasan agar diketahui maksud atau tujuannya oleh pihak-pihak terkait di masyarakat.
  • Menciptakan kesan atau image terhadap suatu produk atau tokoh tertentu.
  • Mempersiapkan bahan-bahan yang up to date mengenai topik yang akan dikomunikasikan pemimpin pada masyarakat dalam kegiatan pidato, wawancara, ceramah, seminar, dan lain-lain.
  • Memberikan kejelasan tentang informasi yang telah disampaikan administrator atau pemimpin pada pihak-pihak terkait.
  • Menyusun dan mengembangkan rencana yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat yang disampaikan pada pemimpin untuk mendapatkan persetujuan.
  • Menciptakan ketertarikan publik terhadap situasi tertentu yang berdampak besar pada organisasi.
  • Menyampaikan informasi kepada masyarakat untuk bisa mendapat simpati dari publik.

Fungsi Humas

Humas memiliki beberapa fungsi dan tujuan. Berikut merupakan fungsi hubungan masyarakat menurut Edward L. Berney.

  • Memberikan pemahaman kepada publik
  • Melakukan persuasi kepada masyarakat dengan tujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku
  • Menyatukan sikap dan perilaku publik agar sesuai dengan sikap dan perbuatan sebuah lembaga, ataupun sebaliknya

Ruang Lingkup Humas

Humas memiliki ruang lingkup tersendiri, yang meliputi hubungan publik internal (internal public relations) dan hubungan publik eksternal (external public relations).

1. Ruang lingkup humas internal

Ruang lingkup humas internal (internal public relations) adalah orang-orang yang merupakan bagian dari suatu instansi atau perusahaan tertentu, yang meliputi:

  • Employee Relations (Hubungan dengan para pekerja)
  • Stockholder Relations (Hubungan dengan para pemegang saham)
  • Labour Relations (Hubungan dengan para buruh)
  • Manager Relations (Hubungan dengan para manajer)
  • Human Relations (Hubungan sesama manusia) 

2. Ruang lingkup humas eksternal

Ruang lingkup humas eksternal (external public relations) yaitu mencakup tugas seorang humas dalam menjaga hubungan baik dengan pihak luar untuk menciptakan nama baik perusahaan atau instansi. Bentuk-bentuk hubungannya adalah sebagai berikut:

  • Press Relations (Hubungan dengan pers/media)
  • Government Relations (Hubungan dengan pemerintah)
  • Community Relations (Hubungan dengan komunitas)
  • Customer Relations (Hubungan dengan kustomer)
  • Consumer Relations (hubungan dengan konsumen)

Nah itulah referensi mengenai pengertian hubungan masyarakat (humas) secara umum dan menurut pendapat para ahli. Dijelaskan juga apa saja tugas, fungsi, dan ruang lingkup secara umum. Semoga bisa menjadi tambahan referensi dan pengetahuan.

Tinggalkan komentar