Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap]

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap]

Pengertian globalisasi menurut para ahli – Definisi globalisasi secara umum adalah proses mendunia atau menyeluruh dimana setiap orang tidak mengenal atau terikat oleh batas-batas wilayah negara. Arti globalisasi secara singkat bisa diartikan sebagai proses mendunia atau internasionalisasi.

Kita tentu tidak asing dengan istilah globalisasi. Di era digital dan kemajuan teknologi yang pesat seperti sekarang, proses globalisasi semakin berkembang dengan cepat pula. Adanya internet membuat komunikasi dan koneksi global menjadi lebih mudah dan cepat. Globalisasi seakan mampu mencakup semua orang.

Secara bahasa, globalisasi berasal dari bahasa Inggris, globalization, terdiri dari kata ‘global’ yang berarti universal serta kata ‘lization’ yang artinya proses. Sehingga jika diartikan secara bahasa, pengertian globalisasi adalah proses pelebaran elemen-elemen baru baik pemikiran, gaya hidup, informasi maupun teknologi dengan tanpa dibatasi batas negara. atau mendunia.

Globasisasi pun mencakup banyak akses dan bidang, mulai dari politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain-lain. Hal-hal yang terkait dengan komunikasi dan penyebaran berita pun dapat dilakukan dalam hitungan detik. Faktor pendorong globalisasi yang utama adalah adanya saling ketergantungan, aktivitas ekonomi serta kemajuan teknologi.

Lantas apa sebenarnya definisi globalisasi yang benar dan paling tepat. Apa arti pentingnya globalisasi bagi Indonesia di era modern seperti sekarang?

(baca juga pengertian komunikasi)

pengertian globalisasi menurut para ahli

Pengertian Globalisasi

Di bawah ini akan dijelaskan pengertian globalisasi secara lengkap, baik definisi secara umum, arti menurut KBBI serta teori dan penjelasan menurut para ahli.

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Definisi globalisasi secara umum adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya.

Globalisasi juga dapat diartikan sebagai proses mendunia atau menyeluruh dimana setiap orang tidak mengenal atau terikat oleh batas-batas wilayah negara, artinya setiap individu dapat berhubungan dan bertukar informasi kapan pun dan dimana pun melalui media cetak maupun elektronik.

Arti Globalisasi Menurut KBBI

Pengertian globalisasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Dalam arti singkat, globalisasi berarti mendunia.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Berikut ini akan dibahas mengenai definisi dan pengertian globalisasi menurut para ahli beserta penjelasannya, baik ahli luar negeri maupun ahli dalam negeri.

Menurut Selo Soemardjan

Definisi globalisasi menurut Selo Soemardjan merupakan sebuah suatu proses terbentuknya sistem komunikasi dan organisasi antar masyarakat yang ada di seluruh dunia.

Menurut John Huckle

Pengertian globalisasi menurut John Huckle merupakan suatu proses dengan kejadian, kegiatan dan keputusan di salah satu belahan dunia yang berubah menjadi suatu konsekuensi yang signifikan untuk seluruh masyarakat di daerah yang jauh sekalipun.

Menurut Emanuel Ritcher

Definisi globalisasi berdasarkan pendapat Emanuel Ritcher adalah jaringan kerja global secara bersamaan dalam menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan tertutup dalam saling kebergantungan dan adanya persatuan dunia.

Menurut Achmad Suparman

Menurut pendapat Achmad Suparman, arti globalisasi adalah suatu proses untuk menjadikan benda atau perilaku sebagai penanda atau ciri-ciri dan setiap individu dalam dunia ini tanpa dibatasi oleh suatu wilayah.

Menurut Thomas L. Friedman

Globalisasi menurut Thomas L. Friedman mempunyai dimensi teknologi dan ideologi. Dalam dimensi teknologi berupa teknologi informasi yang sudah menyatukan dunia. Sementara dalam dimensi ideologi berupa pasar bebas dan kapitalisme.

Menurut Malcom Waters

Pengertian globalisasi menurut Malcom Waters merupakan sebuah proses sosial yang memiliki akibat karena pembatasan geografis pada kondisi sosial budaya sudah tidak atau kurang penting lagi dan tidak menjadi dalam kesadaran orang.

Menurut Scholte

Menurut pendapat dari Scholte, pengertian globalisasi adalah suatu proses meningkatnya jalinan internasional. Dalam hal ini semua negara mempertahankan identitas kenegarannya, namun tetap bergantung pada antara satu dengan yang lainnya.

Menurut Lodge

Pengertian globalisasi adalah suatu proses yang menempatkan masyarakat dunia dapat menjangkau satu dengan yang lain atau saling terhubungkan dalam semua aspek kehidupan mereka, baik dalam aspek budaya, ekonomi, politik, teknologi maupun lingkungan.

Menurut Peter Drucker

Peter Drucker pernah menyebutkan bahwa terjadinya globalisasi merupakan bagian dari zaman transformasi sosial di era modern.

Menurut Edison A. Jamli

Pengertian globalisasi adalah sebuah proses yang muncul dari sebuah gagasan yang kemudian ditawarkan agar diikuti oleh bangsa lain. Pada akhirnya akan sampai pada sebuah titik kesepakatan bersama dan menjadi panutan bersama bagi bangsa-bangsa yang berada di seluruh dunia.

Menurut Anthony Giddens

Globalisasi adalah intensifikasi hubungan masyarakat di seluruh dunia yang mengaitkan seluruh daerah sehingga kejadian lokal dapat terbentuk dari peristiwa yang terjadi bermil-mil jaraknya dan sebaliknya.

Menurut Beerkens

Menurut Beerkens, globalisasi merupakan proses keterkaitan seluruh dunia antara negara-bangsa sebagai sebuah proses yang mempengaruhi pengaturan sosial dasar seperti kekuasaan, budaya, pasar, politik, hak, nilai, norma, ideologi, identitas, kewarganegaraan dan solidaritas.

Menurut Martin Albrow

Pengertian globalisasi menurut Martin Albrow adalah seluruh proses dimana penduduk dunia akan terhubung dalam sebuah komunitas global dan dunia tunggal.

Menurut Princeton N. Lyman

Pengertian globalisasi secara umum adalah pertumbuhan yang cepat atas keterhubungan dan ketergantungan antara negara-negara yang ada di dunia dalam hal keuangan dan perdagangan.

Menurut Prof. Dr. Mubyarto

Menurut Mubyarto, globalisasi mempunyai dua pengertian. Yang pertama sebagai deskripsi/definisi, yaitu proses menyatunya pasar dunia menjadi satu pasar runggal. Yang kedua dalam bidang ekonomi, yang menjadikan ekonomi lebih efisien dan lebih sehat menuju kemajuan masyarakat dunia.

Menurut Ichlasul Amal

Definisi globalisasi secara umum adalah proses munculnya masyarakat global, yaitu suatu dunia yang terintegrasi secara fisik dengan melampaui batas-batas negara, baik ideologis dan lembaga-lembaga politik dunia.

Menurut Tom G. Palmer

Arti globalisasi sebagai penyusutan atau penghapusan negara-diberlakukan pembatasan pertukaran lintas batas dan sistem global yang semakin terintegrasi dan kompleks produksi dan pertukaran yang telah muncul sebagai akibat.

Menurut Laurence E. Rothenberg

Globalisasi merupakan sebuah percepatan dan intensifikasi dalam interaksi dan perpaduan antara perusahaan, pemerintah dan orang-orang dari negara yang berbeda.

Menurut Steger

Pengertin globalisasi menurut Steger adalah kondisi sosial yang ditandai dengan adanya interkoneksi ekonomi, politik, budaya, dan lingkungan global dan arus yang membuat banyak dari perbatasan saat ini sudah ada dan batas-batas tidak relevan.

Menurut Lucian W. Pye

Pengertian globalisasi menurut Lucian W. Pye sebagai sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu ke seluruh dunia, sehingga menjadi budaya dunia atau worldculture.

Menurut A.G. Mc Grew

Menurut McGrew, pengertian globalisasi adalah proses di mana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.

Menurut Sri Budi Eko Wardani

Globalisasi adalah suatu proses di mana hubungan-hubungan atau transaksi ekonomi, politik, dan sosial kultural makin tak memperhitungkan batas-batas negara dan mengaburkan batas kedaulatan suatu negara.

Menurut R. Robertson

Definisi globalisasi menurut R. Robertson adalah proses mengecilnya dunia dan meningkatnya kesadaran akan dunia sebagai satu kesatuan, kesalingtergantungan dan kesadaran global akan dunia yang menyatu di abad ke-20.

Menurut Joseph Stiglitz

Globalisasi adalah integrasi lebih dekat dari negara dan penduduk dunia, dibawa oleh pengurangan besar biaya transportasi dan komunikasi, dan dipatahkannya rintangan buatan untuk arus barang, jasa, modal, pengetahuan dan orang di seluruh perbatasan.

Menurut Takis Fotopoulos

Menurut Takis Fotopoulos, ada tiga jenis arti globalisasi yakni ekonomi politik dan budaya. Globalisasi ekonomi berperan sebagai pembukaan dan deregulasi pasar komoditas, modal dan tenaga kerja yang menyebabkan globalisasi neoliberalini. Globalisasi politik bernama munculnya elit transnasional dan keluar pentahapan dari negara-bangsa. Sedangkan globalisasi budaya adalah homogenisasi budaya di seluruh dunia.

Menurut Agung Feriyanto

Menurut Agung Feriyanto, definisi globalisasi dapat dimaknai sebagai sebuah proses terintegrasinya bangsa-bangsa di dunia dalam sebuah sistem global yang melintasi batas-batas negara.

Menurut Robert Cox

Pengertian globalisasi secara umum adalah kecenderungan menyatunya internasionalisasi produksi, pembagian kerja internasional yang baru, perpindahan penduduk dari selatan ke utara dalam lingkungan kompetitif baru yang dapat mempercepat proses tersebut, internasionalisasi negara dan membuat negara sebagai agen globalisasi yang baru.

Menurut Dr. Nayef R. F. Al-Rodhan

Arti globalisasi adalah suatu proses yang mencakup kasus, penyebab dan konsekuensi dari perpaduan transkultural dan transnasional pada kegiatan yang dilakukan oleh manusia dan kegiatan yang dilakukan oleh mesin.

Menurut Merriam Webster Dictionary

Arti globalisasi menurut Merriam Webster Dictionary merupakan perkembangan ekonomi global yang semakin terintegrasi ditandai terutama oleh perdagangan bebas, arus modal yang bebas dan menekan lebih murah pasar tenaga kerja asing.

Menurut Bank Dunia (World Bank)

Pengertian globalisasi menurut World Bank atau Bank Dunia adalah kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang-orang dari negara-negara lain.

Menurut International Monetary Fund (IMF)

Pengertian globalisasi menurut IMF ditunjukan dengan meningkatnya kesalingtergantungan ekonomi antara negara-negara di dunia yang di tandai meningkat dan beragamnya volume transaksi barang dan jasa lintas negara dan penyebaran teknologi yang meluas dan cepat.

Nah demikian referensi pengertian globalisasi menurut para ahli dan definisinya secara umum dibahas secara lengkap. Jika diartikan secara singkat globalisasi adalh proses mendunia dimana batasan antar negara menjadi semakin dekat. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan.

Satu pemikiran pada “Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap]

  1. Tulisan produktif. namun akan lebih baik bila dilengkapi dengan sumber referensi sehingga lebih bisa dipertanggungjawabkan kebenaran dari tulisan itu.

Tinggalkan komentar