Pengertian Empiris Secara Umum dan Artinya Menurut KBBI

Pengertian Empiris Secara Umum dan Artinya Menurut KBBI

Pengertian Empiris Secara Umum dan Artinya Menurut KBBI – Istilah empirisme di ambil dari bahasa Yunani empeiria yang berarti coba-coba atau pengalaman. Empiris adalah suatu keadaan yang berdasarkan pada kejadian nyata yang pernah dialami yang didapat melalui penelitian, observasi, maupun eksperimen.

Yaitu suatu keadaan yang bergantung pada bukti atau konsekuensi yang telah teramati oleh indera. menekankan peranan pengalaman atau percobaan dalam memperoleh pengetahuan dan mengecilkan peranan akal. Empiris juga berarti dapat di buktikan atau diverifikasi berdasarkan pengalaman, pengamatan, percobaan atau data.

Jadi, sebuah data yang empiris berarti data tersebut didasarkan pada penelitian ataupun eksperimen yang telah dilakukan. Namun, data empiris bisa saja berlawanan dari teori yang ada.

Sebagai suatu doktrin, empirisme adalah lawan dari rasionalisme. Empirisme berpendapat bahwa pengetahuan tentang kebenaran yang sempurna tidak diperoleh melalui akal, melainkan di peroleh atau bersumber dari panca indera manusia, yaitu mata, lidah, telinga, kulit dan hidung. Dengan kata lain, kebenaran adalah sesuatu yang sesuai dengan pengalaman manusia.

Maka dari itu, seorang peneliti menggunakan data empiris. Seseorang yang melakukan penelitian harus berdasarkan data empiris. Yang berarti data tersebut telah terbukti kebenarannya, di dasarkan dari fenomena yang diamati dan diukur. Suatu data empiris di peroleh dari pengalaman langsung dan aktual bukan hanya sekedar dari teori.

pengertian empiris

Pengertian Empiris Dalam Sosiologi

Pengertian empiris dalam sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang didasarkan pada akal sehat, tidak spekulatif dan berdasarkan observasi terhadap kenyataan. (Yesmil Anwar & Adang : 2008)

Pengertian Empiris Dalam Sejarah

Pengertian empiris dalam sejarah adalah merupakan kenyataan, bukan mitos atau cerita dongeng belaka karena sejarah punya sumber yang valid yang didasarkan kepada kajian dan observasi yang mendalam pada peristiwa yang sungguh terjadi di masa lampau.

Pengertian Empiris Menurut KBBI

Arti empiris menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah,

  • berdasarkan pengalaman (terutama yang diperoleh dari penemuan, percobaan, pengamatan yang telah dilakukan)

Pengertian Empiris Menurut Para Ahli

Selain penjelasan diatas, para ahli dan pakar memiliki pandangan dan pendapat yang berbeda beda dalam mendefinisikan apa itu empiris. Berikut ini pengertian empiris menurut para ahli,

Sugiyono (2013)

Pengertian empiris adalah suatu cara atau metode yang dilakukan yang bisa diamati oleh indera manusia, sehingga cara atau metode yang digunakan tersebut bisa diketahui dan diamati juga oleh orang lain.

Izzatur Rusuli (2015)

Arti empiris adalah suatu gagasan yang bersifat rasional yang dibentuk oleh individu melalui pengalamannya.

Amiruddin & Zainal Asikin (2004)

Definisi penelitian empiris adalah penelitian yang berfokus meneliti suatu fenomena atau keadaan dari objek penelitian secara detail dengan menghimpun kenyataan yang terjadi serta menggembangkan konsep yang ada.

Hilman Hadikusuma (1995)

Pengertian penelitian empiris adalah penelitian yang bersifat menjelajah (eksplorator), melukiskan (deskriptif) dan menjelaskan (eksplanator).

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian empiris secara umum, menurut para ahli dan KBBI. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi pengetahuan dalam memahami apa arti empiris yang sebenarnya.

Tinggalkan komentar