Pengertian Debat Menurut Para Ahli Beserta Definisi dan Penjelasannya

Pengertian Debat Menurut Para Ahli Beserta Definisi dan Penjelasannya

Pengertian debat – Apa itu debat? Kita mungkin tahu bahwa debat adalah saat ada dua orang atau kelompok saling beradu pendapat dengan argumentasi yang berbeda-beda. Sekilas debat seolah menciptakan permusuhan, padahal faktanya debat bertujuan mencari solusi dan kesimpulan suatu masalah.

Istilah debat secara formal tentu memiliki struktur dan tata tertib masing-masing. Debat bisa kita temui dalam berbagai tingkat, dari mulai debat di sekolah, debat di kampus, debat di instansi tertentu hingga debat calon presiden dalam skala nasional.

Fungsi debat antara lain adalah untuk melatih mental dan keberanian, meningkatkan kemampuan solutif, memantapkan pemahaman konsep dan melatih sikap kritis. Umumnya struktur debat dimulai dari tahap perkenalan, tahap penyampaian argumentasi, tahap debat, tahap tanya jawab hingga tahap kesimpulan.

Secara umum terdapat 7 unsur-unsur debat yang harus ada dalam suatu debat, yakni mosi atau tema yang diperdebatkan, tim afirmatif atau pihak pro, tim negatif atau pihak kontra, tim netral, moderator debat, peserta debat serta penulis yang bertugas mencatat jalannya debat.

(baca juga pengertian konsep)

pengertian debat

Pengertian Debat

Apa yang dimaksud debat? Berikut ini adalah beberapa arti dan definisi debat, baik pengertian secara umum, menurut KBBI serta menurut pendapat para ahli.

Arti Debat Menurut KBBI

Pengertian debat menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah embahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Definisi Debat Secara Umum

Pengertian debat secara umum adalah suatu kegiatan mengadu argumentasi antara dua pihak atau lebih, bisa bersifat perorangan ataupun kelompok, dimana di dalamnya saling mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan yang diperdebatkan.

Pengertian Debat Menurut Para Ahli

Berikut akan dibagikan beberapa definisi dan pengertian debat menurut para ahli dan penjelasannya, baik ahli dari dalam negeri maupun luar negeri.

Menurut G. Sukadi

Pengertian debat menurut G. Sukandi adalah kegiatan saling adu argumentasi antar pribadi atau antar kelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan.

Menurut Hendri Guntur Tarigan (1984)

Definisi debat menurut Hendri Guntur Tarigan adalah saling adu argumentasi antar pribadi atau antar kelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan satu pihak.

Menurut Asidi Dipodjojo (1982)

Dalam buku Komunikasi Lisan (1982), arti debat merupakan suatu proses komunikasi yang dilakukan secara lisan yang dinyatakan dengan bahasa untuk mempertahankan gagasan atau pendapat. Dalam sebuah debat, setiap pihak berhak mengajukan pendapat dan memberikan alasan sehingga pihak lawan atau pihak yang tidak setuju dapat menerima dan berpihak kepadanya.

Menurut Kamdhi (1995)

Arti debat menurut Kamdhi adalah suatu pembahasan atau pertukaran pendapat mengenai suatu pokok masalah dimana masing-masing peserta memberikan alasan untuk mempertahankan pendapatnya.

Menurut Dori Wuwur (1990)

Menurut Dori Wuwur dalam buku Retorika (1990), definisi debat adalah saling adu argumentasi antar pribadi atau antar kelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan untuk satu pihak.

Menurut Ensiklopedia

Pengertian debat menurut Ensiklopedia adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan.

Menurut Wikipedia

Debat adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan.

Nah itulah referensi pengertian debat beserta tujuan dan penjelasannya secara lengkap, baik definisi menurut para ahli, menurut KBBI serta artinya secara umum. Kegiatan debat dimaksudkan untuk mendiskusikan dan menguji dua pendapat berbeda terhadap suatu mosi atau permasalahan.

Tinggalkan komentar